10 Step Korean Skincare Routine

by - Friday, September 07, 2018

10 Step Korean Skincare Routine merupakan salah satu rutinitas perawatan kulit yang paling banyak diikuti oleh orang-orang dari penjuru dunia. Hal ini ternyata berawal dari obsesi orang Korea itu sendiri untuk menjaga kulit mereka tetap sehat. Kemudian dalam beberapa dekade penelitian ilmiah pun dibuat untuk meracik bahan-bahan alami untuk skincare mereka. Penelitian ilmiah ini yang kemudian menghasilkan beragam jenis skincare dan bagaimana cara menggunakannya agar memperoleh hasil yang maksimal. Banyak orang korea yang menggunakan serta menunjukkan hasil dari skincare mereka. Akhirnya, rutinitas ini tak hanya berubah menjadi gaya hidup saja, tapi berubah menjadi fenomena global yang diikuti oleh banyak orang.

Tak hanya bahan-bahan alami yang mereka gunakan untuk perawatan wajah mereka, tapi orang korea juga menawarkan langkah demi langkah yang bisa ditiru untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat dan tampak glowing. 10 langkah perawatan kulit dimulai dari cleansing hingga step paling akhir yaitu sleeping mask di malam hari atau sun protection di pagi hari. Kamu hanya perlu mencoba 10 step itu untuk merasakan sensasi dari setiap langkah yang ada. Selanjutnya, kamu bisa memilih langkah-langkah yang memang sesuai dengan kebutuhan personal kulitmu.

1. Oil-based Cleanser

sumber : sokoglam.com

Langkah pertama yaitu dengan membersihkan segala jenis kotoran yang ada di wajah menggunakan oil-based cleanser, baik itu make up maupun debu-debu yang masih menempel di wajah. Seperti namanya, pembersih muka atau cleanser ini dibuat dengan bahan dasar minyak yang mampu mengangkat kotoran-kotoran di wajah. Cara mengaplikasikannya, pijat menyeluruh bagian wajah dan leher, kemudian basuh dengan air hingga bersih.

2. Water-based Cleanser

sumber : sokoglam.com

Langkah yang kedua yaitu water-based cleanser. Prinsip dari korean skincare routine adalah double cleansing. Jadi, membersihkan wajah dengan oil-based cleanser saja tidak cukup. Kamu masih harus menambahnya dengan water-based cleanser agar seluruh kotoran yang ada di wajah dan leher bisa terangkat secara sempurna.

Pembeda antara oil-based cleanser dan water-based cleanser ini tak hanya pada bahan saja, tapi juga pada bagaimana menggunakannya. Ketika menggunakan oil-based cleanser kita perlu memastikan terlebih dahulu wajah kita benar-benar kering agar cleanser dapat bekerja optimal, pada water-based ini justru sebaliknya. Kita perlu menambahkan air terlebih dahulu sebelum memijatnya ke seluruh bagian wajah dan leher.

3. Exfoliator

sumber : sokoglam.com

Langkah selanjutnya yaitu exfoliator. Tujuan dari langkah ini adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Langkah ini tidak untuk dilakukan setiap hari karena justru akan membuat kulitmu semakin sensitif dan kering. Cukup lakukan langkah ini 2 kali saja dalam sepekan

4. Toner

sumber : sokoglam.com

Langkah selanjutnya adalah menggunakan toner atau penyegar. Fungsi toner adalah untuk meredam kulit dan menyeimbangkan pH pada kulit. Caranya mudah, kamu bisa menggunakan kapas dan mulai menyeka wajah dengan toner atau bisa juga kamu menuangkan sedikit toner ke telapak tangan kemudian menepuk-nepukkan ke kulit wajah dan leher.

5. Essence

sumber : sokoglam.com

Setelah menggunakan toner, lanjutkan dengan essence. Ini ada semacam toner dan serum yang digabung menjadi satu. Fungsinya sendiri untuk menghidrasi kulit sekaligus membantu perbaikan kulit dan pergantian sel. Cara penggunaannya mudah, cukup menuangkan sedikit cairan essence ke telapak tangan. Lalu menepuk-nepukkan ke kulit wajah dan leher agar cepat meresap.

6. Treatment

sumber : sokoglam.com

Apa tujuanmu untuk melakukan perawatan kulit? Masalah apa yang ingin kamu fokuskan untuk diselesaikan? Jerawat? Kulit berminyak? Kulit kering? Langkah selanjutnya yang kamu pilih akan amat bergantung pada jawaban-jawaban tersebut. Kamu bisa memilih booster, ampoule, ataupun serum untuk mengatasi masalah tersebut. Cara penggunaannya sama seperti essence, yaitu dengan menepuk-nepukkan ke kulit wajah dan leher.

7. Sheet mask

sumber : sokoglam.com

Seperti namanya, sheet mask adalah masker yang berbentuk lembaran yang mudah sekali untuk diaplikasikan. Kamu hanya perlu menempelkan sheet mask ke wajahmu. Lalu diamkan selama 15-20 menit. Penggunaannya akan memberikan sensasi relaksasi pada kulit. Tak hanya itu, sheet mask juga mampu menutrisi kulitmu sehingga memberikan hasil perawatan yang optimal. Penggunaan sheet mask tidak harus setiap hari, 2 kali seminggu pun sudah cukup.

8. Eye cream

sumber : sokoglam.com

Kamu punya masalah dengan mata panda atau garis-garis halus di sekitar mata? Kamu bisa menggunakan eye cream untuk membantu melembabkan area sekitar mata dan memberikan perlindungan lebih. Gunakan jari manis untuk mengetuk area sekitar tulang orbital dengan sangat lembut. Ingat, jangan digosok dan hindari area waterline pada mata!

9. Moisturizer

sumber : sokoglam.com

Kamu tentu sudah amat familiar dengan ini, bukan? Bentuknya beragam, mulai dari emulsion, lotion, gel, dan cream. Semuanya berfungsi untuk melembabkan kulit dan menghilangkan garis-garis halus pada wajah. Gunakan moisturizer setiap hari pada pagi dan malam hari.

10. Sun protection atau sleeping mask 

sumber : sokoglam.com

Terakhir, gunakan sun protection sebelum keluar rumah dan sleeping mask sebelum tidur dan . Aplikasi sun protection akan melindungi kulitmu dari bahaya sinar UV yang dapat merusak kulitmu. Sedangkan pada malam hari, ganti step terakhir dengan sleeping mask untuk meremajakan kulit.


Itu tadi 10 step korean skincare routine. Kamu tidak perlu melakukan kesepuluh langkah setiap hari. Sesuaikan saja dengan kebutuhan kulitmu. Selamat mencoba.

You May Also Like

2 komentar

  1. Waahhh saya banget nih, tapi gak pakai korean skincare sih, terkadang kepo pengen nyobain produk Korean, tapi ujung-ujungnya takut ga cocok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merknya buanyaak banget sih, Teh. Harganya jg macem2, walaupun termasuk mahal. Tp worth it kok. Bahkan bisa menggantikn krim dokter kl buat saya.

      Delete