3 Hal yang Dapat Kita Lakukan untuk Membantu Saudara Muslim di Palestina

by - Tuesday, September 18, 2018

Konflik antara Palestina dan Israel telah terjadi selama puluhan tahun. Konflik ini dimulai dari sejarah diusirnya Yahudi Israel dari tanah Eropa dan disambut dengan hangat oleh masyarakat Palestina saat itu. Mereka diizinkan untuk tinggal di sana. Sayangnya, sambutan hangat orang-orang Palestina justru dibalas dengan air tuba. Orang-orang Israel yang tinggal di sana justru mengklaim tanah kaum muslimin di Palestina. Tak hanya itu saja, dengan berani mereka malah mengusir kaum muslimin.

Hal yang begitu memilukan adalah ketika kaum muslimin meminta rumah mereka kembali, mereka justru dianggap sebagai teroris yang kemudian layak untuk diperangi. Perwakilan pemimpin negeri-negeri muslim pun telah mengupayakan perdamaian untuk konflik Palestina dan Israel melalui dewan PBB. Sayangnya, agenda perdamaian antara kedua belah pihak ini hanya berakhir sebagai isapan jempol belaka.

sumber : healthdata.org


Sudah tak terhitung lagi berapa nyawa yang hilang dari peperangan ini. Berapa anak yang kehilangan orang tua dan teman-temannya. Berapa banyak rumah dan bangunan yang dihancurkan lewat hujan bom yang bertubi-tubi setiap harinya. Miris rasanya ketika kita menyaksikan bagaimana penderitaan mereka di sana. Lalu, apa yang bisa kita lakukan?

1. Doa

sumber : aboutislam.net


Hal yang paling sederhana namun punya kekuatan yang begitu dahsyat adalah doa. Kaum muslimin di Palestina atau di belahan dunia manapun yang sedang mengalami ujian hidup dan mati adalah saudara kita. Berikan doa-doa terbaik kita setiap hari.


2. Donasi

sumber : palestineportal.org


Cara kedua yang dapat membantu mereka adalah memberikan donasi terbaik bagi mereka. Kondisi perang tentu membuat saudara-saudara kita kesulitan untuk memperoleh kebutuhan primer mereka. Marilah kita ulurkan tangan kita untuk membantu saudara-saudara kita di sana.

3. Dakwah

sumber : risalahislam.com


Doa dan donasi saja sebenarnya tak akan cukup untuk menghapus luka yang ada di tubuh mereka. Maka lakukan hal lain untuk menyadarkan banyak pihak, bahwa ummat Islam adalah satu tubuh. Jika satu tubuh terluka, maka tubuh yang lain pun akan ikut merasakan luka itu. Mereka yang di sana tentu tak hanya butuh doa dan donasi kita saja. Tapi mereka juga butuh bantuan real yang mampu menghapus penderitaan mereka. Kekuatan ummat untuk melindungi mereka dari Zionis Israel.

Namun, kita sadar bahwa kekuatan itu tak akan datang begitu saja bila tak ada institusi yang mau menaungi dan memberikan bantuan secara real. Maka, di sinilah peran kita. Hal yang mampu kita lakukan adalah berdakwah, baik secara individu maupun jamaah. Tumbuhkan kesadaran ummat untuk melaksanakan Islam secara kaffah sehingga muncul kesadaran yang tinggi untuk memberikan apa saja untuk membantu saudara-saudara kita di Palestina. Bahkan tak hanya di sana saja, tapi di belahan bumi lain yang saat ini tengah dianiaya karena mempertahankan tanah dan aqidah mereka.

Sampaikan kepada orang-orang terdekat kita, baik melalui lisan maupun tulisan. Kesadaran ummat pun juga bisa dibangun melalui aksi-aksi solidaritas. Aksi ini tentu saja tak hanya meminta doa atau donasi, tapi juga permintaan kepada para penguasa negeri-negeri muslim untuk segera memberikan bantuan kepada mereka.

You May Also Like

3 komentar

  1. Setuju, Teh. Selain dakwah dan donasi doa memang penting.
    Dengan doa jarak sejauh apapun akan sampai :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, betul sekali. that's why itu yang pertama saya tulis

      Delete