Tips Menjaga Kesehatan Anak di Musim Hujan, Biar Anak Nggak Gampang Sakit

by - Sunday, September 30, 2018

Saat musim hujan seperti sekarang ini, anak memang lebih mudah terserang penyakit, seperti batuk, pilek, demam, sesak nafas, dan lain-lain. Hal ini disebabkan karena daya tahan pada tubuh anak yang memang masih belum sempurna. Selain itu, udara yang dingin di musim penghujan ternyata juga membuat virus dan bakteri mudah untuk berkembang biak. Jadi, tidak heran ya, Dears kalau anak-anak kita jadi mudah terserang penyakit. Berikut ini tips-tips yang bisa kita terapkan di anak-anak kita agar mereka tidak mudah sakit.

1. Memasak air minum

sumber : pexels.com


Udara yang dingin memang kerap membuat rasa haus menjadi berkurang. Tapi kita tetap harus memastikan kebutuhan cairan tubuh si kecil lho, Dears. Minum air putih yang banyak tetap harus dilakukan agar tubuh tidak dehidrasi. Namun, kita juga harus memastikan air yang diminum oleh buah hati kita. Pastikan bahwa air minum aman untuk mereka. Masak terlebih dahulu air hingga suhu 100 derajat Celcius. Hal ini akan membuat bakteri patogen yang ada di dalam air mati. Selain memasaknya, kamu juga bisa menggunakan water purifier agar air tetap aman dikonsumsi untuk si kecil.

2. Memastikan tubuh si kecil tetap hangat

sumber : pexels.com


Musim hujan memang membuat udara menjadi lebih dingin dari biasanya. Kamu bisa membuatkan makanan dan minuman hangat kesukaan si kecil, seperti sup hangat, bakso kuah, atau jeruk hangat. Selain makanan dan minuman hangat, pastikan juga pakaian yang digunakan oleh si kecil mampu menghangatkan tubuhnya. Pakaikan si kecil jaket dari bahan wol, jika memang diperlukan.

3. Mengawasi anak saat bermain di luar

sumber : pexels.com


Ketika musim hujan tiba, jangan terlalu khawatir dengan aktivitas bermain si kecil, Dears. Kamu hanya perlu mengawasinya saat mereka bermain agar tidak terlalu lama bermain saat hujan. Kamu juga bisa memakaian si kecil sepatu boots dan jas hujan agar si kecil terhindar dari genangan air yang kotor saat bermain. Pastikan juga kamu telah menyiapkan air hangat untuk menghangatkan sekaligus membersihkan tubuh anak dari kuman-kuman pengebab penyakit.

4. Menjaga si kecil dari gigitan nyamuk

sumber : pexels.com


Intensitas berkembangnya nyamuk akan semakin besar ketika musim hujan. Termasuk nyamuk Aedes Aegypti yang dapat menyebabkan penyakit demam berdarah. Pastikan lingkungan sekitar rumah selalu bersih dan tidak ada tempat-tempat yang memungkinkan untuk digenangi air, seperti kaleng, bak terbuka, dan lain-lain. Kamu bisa membuang kaleng-kaleng kosong atau menguburnya. Jika di rumahmu terdapat bak air yang terbuka, pastikan bak tersebut selalu tertutup agar tidak menjadi sarang nyamuk. Selain itu, kamu juga bisa mengoleskan lotion anti nyamuk ke si kecil untuk menjaganya dari gigitan nyamuk.

5. Terapkan pola hidup sehat

sumber : pexels.com


Daya tahan tubuh si kecil bisa kita tingkatkan dengan menjaga pola hidup sehat untuk anak. Kamu bisa mengajak anak-anak berolah raga, minimal saat akhir pekan. Selain olahraga, pastikan juga asupan makanan yang mereka konsumsi. Makanan-makanan yang bergizi dan punya kandungan nutrisi yang tinggi mampu meningkatkan daya tahan tubuh si kecil.



You May Also Like

0 komentar