3 Cara yang Dapat Kamu Tiru Agar Punya Waktu Melakukan Apa yang Ingin Kamu Lakukan

by - Monday, October 22, 2018


Aku ingin begini, aku ingin begitu
Ingin ini, ingin itu banyak sekali

That's what I feel right now. Nggak sekarang aja sih, kemarin-kemarin juga gitu. Iya, saya ini termasuk orang yang agak kemaruk soal keinginan. Pingin ikut program tahfidz. Pingin belajar nulis. Pingin nulis buku. Pingin belajar Bahasa Arab. Pingin ikut kelas gambar (ini keinginan dari SD yang belum juga keturutan hingga detik ini). Kalau saya list satu-satu bakal panjaaaang banget. Saking banyaknya.

Pertanyaannya adalah bagaimana caranya meluangkan waktu untuk melakukan semua itu? Sementara kita cuma punya 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Mampu kah kita memenuhi sederet to do list yang kita tulis? Bisa kok. Saya akan berbagi 3 cara yang biasa saya melakukan itu semua. Yuk, simak baik-baik.

1. Putus segala pengalih waktu


Beberapa orang schedule yang padat sepanjang hari. Seolah-olah, dia tidak punya waktu sedikit pun untuk aktivitas lain. Padahal, di tengah jadwal padatnya itu, dia sering teralihkan dengan sosial media, seperti facebook, instagram, youtube, dan lain-lain.

"Kan cuma bentar lihatnya."

Iya, bentar doang. Bentar-bentar lihat facebook. Bentar-bentar lihat instagram. Bentar-bentar lihat twitter. 15 menit cek ini. 15 menit yang lain cek itu. Tanpa sadar cek sana sini, waktu sudah habis satu jam. Hanya untuk bersosial media.

Cara yang paling mudah untuk mengurangi hal semacam ini adalah dengan menset alarm dalam kurun waktu tertentu. Sampai dengan alarm berbunyi yang harus kita lakukan adalah fokus pada apa yang kita kerjakan. Kalau mau sadis ya uninstall aja. Tapi kalau masih butuh dan nggak mau teralihkan, kami bisa pakai block aplication atau sosial media detox untu mengurai

Kurangi tab pada browser yang sedang kamu gunakan juga. Cukup buka yang berhubungan dengan pekerjaanmu saja. Terlalu banyak tab seringkali membuat kita teralihkan untuk berselancar hal-hal di luar kontek perkerjaan.

2. Fokus pada satu pekerjaan


Multitasking memang baik, seakan banyak pekerjaan bisa diselesaikan dalam satu waktu. Tapu tak semua pekerjaan dapat dilakukan dengan cara ini. Apalagi untuk aktivitas yang membutuhkan konsentrasi lebih dalam menyelesaikannya. Melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu justru malah membuat kita terganggu dan memakan waktu yang lama.

Fokuslah untuk menyelesaikan satu per satu pekerjaan. Misalnya, kamu mau mencari bahan tulisan, brain storming ide, menulis, self editing, belajar bahasa arab. Lakukan semuanya satu per satu. Selesaikan satu, baru berpindah ke yang lain. Ini akan membantumu menyelesaikan semuanya lebih cepat karena kamu benar-benar fokus mengerjakannya.

3. Rencanakan hari dan minggu idealmu


Cara pertama yang bisa kamu lakukan agar kamu punyak waktu untuk memenuhi segala keinginanmu adalah dengan membuat daftar list aktivitas yang non-negotiable. Contohnya, jadwal sekolah dan bekerja. Catat kapan kamu harus melakukannya dan berapa lama. Lakukn hal yang sama untuk aktivitas lain yang ingin kamu lakukan.

Semua list yang sudah kita susun, masukkan dalam jadwal harian dan mingguan ideal yang kita inginkan. Jangan lupa untuk memasukkan list yang non-negotiable terlebih dahulu. Baru setelah semua aktivitas itu dipenuhi kita bisa mengisinya dengan aktivitas lain.

Prinsip no extra time juga bisa kamu terapkan dalam jadwal harian dan mingguan yang kamu buat. Maksudnya, apabila memungkinkan untuk melakukan 2 aktivitas, lakukan. Misalnya, sambil setrika kamu bisa mendengarkan materi-materi kelas online yang kamu ikuti atau mendengarkan kajian-kajian Islam dari youtube atau radio. Melakukan olahraga di rumah sambil nonton film juga bisa kamu lakukan. Jadi, sekali dayung 2 3 aktivitas dapat terlampau.

Selain membuat jadwal harian dan mingguan, kami juga bisa membuat jadwal bulanan. Ini untuk membuat tema aktivitas yang ingin kamu lakukan. Misal, bulan ini kamu ingin belajar Bahasa Arab, lalu bulan depan belajar menulis dan editing. It's up to you.

Oya, jangan lupa menyisipkan waktu untuk istirahat juga. Bagaimana pun kamu juga manusia yang butuh istirahat.

Jadwal yang dibuat juga nggak harus strik banget dilakukan. Makanya, tadi kan saya sarankan untuk membuat list non-negotiable dan tidak. Pada jadwal yang non-negotiable ya kita harus lakukan. Tapi di jadwal yang lain, boleh lah diganti dengan aktivitas lain, misal bertemu dengan teman.

Apa sih pentingnya membuat jadwal seperti ini? Supaya kita sadar apa yang harus kita kerjakan dan lakukan setiap harinya tanpa ada yang terlewat. Kalau jadwal ini tidak dibuat, susah sekali untuk meluangkan waktu. Bahkan mungkin kita tidak pernah tahu kalau kita bisa melakukan banyak aktivitas dalam seminggu atau sehari.

You May Also Like

32 komentar

  1. secara teori emang bener sih
    tapi kalo pada dasarnya orangnya suka procrastinating
    yaaaa mau diapain lagi
    xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya berarti penyakit procrastinate-nya diilangin dulu.

      Delete
  2. Saya banget itu, ingin ini, ingin itu banyak sekali. Ujung-ujungnya, malah tak satupun yang berhasil dengan baik. Terima kasih sudah mengingatkan.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih tipsnya, Mbak. Sangat bermanfaat sekali 😊

    ReplyDelete
  4. saya udah nerapin juga nih mba, menjadwal kegiatan
    emang beneran terasa bedanya saat gak ada jadwal, kacau balau, hihi ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama. Kalau nggak ada jadwal jadi lebih banyak main hp. XD

      Delete
  5. Membuat list salah satu cara yang bagus mba, dan tentunya dahulukan yang harus didahulukan.

    ReplyDelete
  6. Tugas gambar menanti, tapi sayah malah menuliss saja... hemh, semua saya suka,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk.. Nggak apa-apa mbak. Semua ada waktunya. Asal dikerjain. XD

      Delete
  7. Paling susah dilaksanakan no. 1 menurut saya, apalagi kalau suah pegang hape. hehehe

    ReplyDelete
  8. No satu itu aduuh bngeet, sedangkan aku susah sekali untuk berkonsentrasi hahaha...

    ReplyDelete
  9. no 1 itu yang paling sering dilakukan dan bener-bener mengalihkan perhatian

    ReplyDelete
  10. Nomor satu kok nonjok saya banget ya, mbak, haha :D emang klo udah di medsos tuh jam muternya cepet. Salam kenal, Mbak :) Blognya kece banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... Kebanyakan orang zaman now emang gitu sih mbak.

      Salam kenal juga mbak. Terima kasih. :)

      Delete
  11. Kereen tipsnya. Mulai melatih diri untuk disiplin nih... Fokus BW dulu aaah, sambi menemani anak yg mainan. Ntar malam fokus nulis artikel, masih ada PR... Hehehe. Semangaat, karena aku juga ingin begini dan ingin begitu. Bismillah kelar semua. Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip mbak.. Dibuat jadwalnya aja mbak. Biar terlaksana semuanya. :)

      Delete
  12. fokus dan pengendalian diri sendiri kuncinya...

    ReplyDelete
  13. Karena nggak fokus pada satu hal jadinya malah nggak ada yang dikerjain..hiks..

    ReplyDelete
  14. Jadi inget istilah if you wanna be best at everything you will get nothing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, emang susah kalau mau sempurna semuanya. Makanya harus satu-satu. Pusinglah kalau semuanya dijalani gitu.

      Delete