7 Tips Jitu Agar Tidak Menunda Pekerja dan Menyelesaikannya Secepat Mungkin

by - Monday, October 15, 2018



Siapa di sini yang suka menunda pekerjaan? Yuk, ngacung! Perihal menunda pekerjaan ini sebetulnya terjadi pada setiap orang kok. Tapi kalau kamu ingin bekerja lebih produktif lagi, perkara menunda pekerjaan harus dijauhkan sejauh-jauhnya dong. Nah, ini dia tips dari saya untuk meningkatkan produktifitas yang dapat membantumu untuk berhenti menunda dan menyelesaikan lebih banyak pekerjaan.

1. Lawan



Salah satu cara untuk berhenti menunda pekerjaan adalah dengan melawannya. Apa sih maksudnya? Jadi, melawan ini artinya adalah berusaha sekuat tenaga untuk terus melakukan pekerjaan yang sedang kamu usahakan. Godaan terbesar yang biasanya muncul ketika mulai bekerja adalah sosial media. Awalnya sih ingin cek notifikasi saja, tapi lama kelamaan jadi scrolling instagram, buka facebook, dan seterusnya. Nah, ini nih yang harus kamu lawan. Cari alasan kenapa hal tersebut begitu penting untuk kamu jauhi. 

Sebenarnya ketika kamu memiliki projek besar dengan tenggat waktu yang minimalis, hal ini akan lebih mudah untuk dilawan. Kenapa? Karena kamu memiliki daya tahan yang lebih untuk melawan segala hal yang membuatmu menunda pekerjaan.

2. Take Action!



Iya. Sesederhana itu. Kamu hanya perlu melakukannya. Yes, I know. Ini lebih mudah diucapkan dari pada dilakukan. Kalau dilist mungkin akan ada sederet daftar panjang alasan yang membuatmu kesulitan untuk melanjutkan pekerjaan. Jadi, bukan hanya sekedar malas bergerak saja, tapi bisa juga kehilangan ide atau alasan-alasan lainnya.

Lalu, bagaiamana caranya untuk memulainya? Coba lihat dengan seksama pekerjaan yang harus kamu kerjakan itu. Kemudian tanyakan pada dirimu sendiri, 
"Apa sih hal yang paling sederhana dan mudah yang bisa saya kerjakan selanjutnya untuk menyelesaikan pekerjaan ini?"
Silahkan rinci pekerjaan yang akan kamu kerjakan menjadi banyak sekali list yang mudah untuk dikerjakan. Bahkan, sekedar menuliskan nama, tanggal kapan harus selesai, atau hal-hal sederhana lain itu boleh. Buat step-step kecil yang bisa kamu kerjakan. Selanjutnya, kamu bisa mulai mengerjakan step-step kecil tersebut. Cara yang mudah untuk dikerjakan akan membuat kita terus dan terus mengerjakannya.

3. Tentukan Batas Waktu



Kamu tidak ingin mengerjakan pekerjaan ini sepanjang waktu, bukan? Oleh karena itu, tentukan lama waktu kamu akan bekerja. Misal, kamu akan mengerjakan pekerjaan itu dalam 30 menit saja atau 1 jam. Kamu hanya perlu benar-benar fokus mengerjakan pekerjaan tersebut selama waktu yang kamu set tadi. Batas waktu yang kecil-kecil ini sebenarnya akan membantu kamu untuk menahan diri dari mengerjakan pekerjaan lain sebelum waktu itu selesai. Jadi, kamu akan amat sangat terbantu untuk dapat fokus pada pekerjaan tersebut.

Kamu juga bisa membuat batas kapan pekerjaan itu harus benar-benar dihentikan. Misalnya, kamu harus mengakhiri pekerjaan itu pada pukul 9 malam. Selesai atau tidak, kamu harus mengakhiri pekerjaan itu, lalu istirahat. Dengan cara ini, kamu akan punya space khusus untuk menyelesaikan pekerjaanmu tanpa harus diganggu oleh pekerjaan-pekerjaan lain.

4. Deep Work



Setelah membuat langkah-langkah kecil untuk menyelesaikan pekerjaan, membuat batas waktu, hal lain yang perlu kamu lakukan adalah tetap fokus menyelesaikan pekerjaan tersebut. Buat area yang dapat membantumu untuk benar-benar fokus 100% menyelesaikan pekerjaan tersebut. Artinya, untuk sementara waktu, kamu boleh mengabaikan pekerjaan lain dulu agar satu pekerjaan ini selesai. Kalau memang biasanya ada orang lain yang memungkinkan untuk mengganggu pekerjaan tersebut, kamu bisa memilih waktu dan tempat yang dapat mengisolirmu dari segala gangguan yang ada.

5. Set Your Mood



Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatur moodmu tetap stabil saat bekerja. Kamu bisa memutar music favoritmu sembari bekerja, menyiapkan secangkir teh hangat untuk membantumu lebih relaks dalam menyelesaikan pekerjaan, atau dengan membersihak ruang kerja terlebih dahulu. Masing-masing orang tentu punya cara masing-masing untuk membuat moodnya baik dalam menyelesaikan pekerjaan. Silahkan pilih dan mulailah atur moodmu.

6. Keep Focus Using Forest

sumber : www.forestapp.cc


Forest ini adalah salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membantumu tetap fokus. Caranya sederhana dan menyenangkan. Aplikasi ini akan membantumu untuk jauh-jauh dari scrolling sosial media ketika kamu sedang bekerja. Caranya, kapanpun kamu ingin fokus, kamu tinggal menanam pohon yang ada di dalam aplikasi ini. Atur lama waktu dapat benar-benar fokus. Misal, 30 menit. Selama 30 menit itu, aplikasi ini akan mulai menumbuhkan pohon yang sedang kamu tanam. Kalau dalam kurun waktu kurang dari 30 menit kamu tergoda untuk membuka aplikasi lain, maka pohon yang kamu tanam akan mati. Semakin lama waktu kamu fokus bekerja, maka pohon yang tumbuh di hutanmu juga akan semakin banyak.

sumber : www.forestapp.cc

sumber : www.forestapp.cc


7. Wriring Journal



Menulis jurnal adalah salah satu cara yang dapat membantumu untuk mengorganisir aktivitas apa saja yang harus kamu selesaikan hari ini. Buat to do list pekerjaan yang harus diselesaikan. Jika kamu memiliki ide, kamu juga bisa menuliskannya dalam jurnal harianmu untuk memudahkanmu menuliskan kembali ide-ide tersebut. Bukan hanya ide atau sederet daftar panjang pekerjaan yang harus diselesaikan, kamu juga bisa menuliskan kata-kata motivasi yang membuatmu lebih semangat untuk memulai aktivitas sepanjang hari.

Nah, itu tadi 7 tips yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari menunda pekerjaan. Selamat mencoba. :)


***

Postingan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community



You May Also Like

10 komentar

  1. iyah mbaa....rasa malesnyaa ituu duhhh...kadang susah untuk kita lawan, padahal banyak sekali pekerjaan yang ,menumpuk selain kantor dan kerjaan pribadi saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi ya harus. biar nggak numpuk kerjaannya, hehehe..

      Delete
  2. yang paling sering menganggu kerja itu hp. sosmed, scroll2....

    saya kalau udah mulai kerja atau baca mulai deh matiin data hp. biar ga bisa scroll2

    eh, btw itu aplikasi forestnya bagus juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, itu lebih baik. tapi pakai aplikasi forest lebih seru.

      Delete
  3. Aku lebih sering aplikasikan yang no. 5 mba. Mau bikin jadwal sedetil apapun aku bakal kalah sama mood jelek juga. Hehe

    Btw, thanks infonya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, makanya ngatur mood juga nggak bisa disepelekan. harus dijaga, dikondisikan. biar cepet selesai kerjaannya.

      Delete
  4. Paling susah klo udh berhadapan dgn mood buruk. Udah deh gak produktif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak, makanya moodnya dibenerin dulu biar bisa tetap produktif. :)

      Delete