Hijab, Wujud Ketaatan Muslimah

by - Tuesday, October 02, 2018



Pernah nggak sih kamu ngajakin orang pakai hijab terus mereka jawab begini.

"Nanti aja deh, kalau udah kuliah."

atau..

"... udah kerja"
"... udah nikah"

daaan seterusnya.

Padahal ya, kita 'kan sama-sama nggak tahu kapan expired date kita masing-masing. Gimana kalau expired date kita datang ketika kita belum berhijab? Mau kain kafan jadi hijab kita yang pertama dan terakhir?



"Tapi aku tuh mau hijabin hati dulu. Biar nanti kalau udah pakai nggak buka tutup gitu."

Hijabin hati? Gimana caranya ya? Hatinya dibuka terus dihijabin gitu? Emang bisa? Kalau ntar mati gimana?

Sebagai seorang muslim, pernah ngitung nggak berapa kali kita mengucapkan kalimat syahadat dalam sehari? Minimal ada 7 kali, di setiap tahyat dalam sholat-sholat kita. Tapi sadar nggak sih bahwa syahadat yang kita ucapkan ini bukan sekedar pemanis di bibir aja? Tahu nggak sih sama konsekuensi yang ada di dalamnya?

Yups. Menjadikah Allah sebagi satu-satunya Illah. Gimana caranya? Ya tunduk, patuh dan taat pada setiap perintah dan larangannya. Kalau diperintahkan, sami'na wa atho'na. Kalau dilarang, sami'na wa atho'na juga. Bukan sami'na wa tapi tapi na. Atau sami'na wa entar-entar na. Buka gitu. Kita kudu gercep dalam melaksanakan syariat.

Termasuk dalam menggunakan hijab, Dear. Allah telah memerintahkan kita, muslimah, untuk menutup aurat, dengan standar dan ketentuan berikut ini:

33:59 + 24:31 - 33:33 = hijab syar'i

Maksudnya, aturan berhija syar'i itu telah dijelaskan dalam Alquran dalam ketiga ayat tersebut. Al Ahzab (33) ayat 59 tentang pakaian seperti apa sih yang harusnya dipakai oleh muslimah itu. An Nur ayat (31) tentang kain kerudung dan mahram yang boleh melihat aurat kita. Terakhir, Al ahzab lagi di ayat 33 yang menjelaskan tentang larangan bertabarruj.

Kurang lebih seperti ini nih..


1. Kewajiban memakai jilbab

"Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang." 
(QS. Al-Ahzab 33: Ayat 59) 

Ayat tersebut sebenarnya sudah cukup gamblang ya menjelaskan bagaimana sih perintah Allah kepada istri orang-orang mukmin. Siapa nih? Ya kita laah.. Muslimah.

Iya, kita diwajibkan untuk menggunakan jilbab. Lalu, apa sih jilbab itu? Jilbab adalah pakaian yang panjang menyerupai terowongan atau yang biasa kita sebut dengan gamis. Memang sih ada beberapa pendapat yang menjelaskan definisi jilbab ini. Selain disebut gamis, ada juga yang mendefinisikan sebagai kain yang digunakan untuk menutup kepala.

Tapiii..

Nggak ada yang menjelaskan bahwa jilbab ini baju atasan dan bawahan. Apalagi celana kulot, jeans, dan teman-temannya.

Penggunaan jilbab sendiri juga harus diperhatikan. Perintahnya kan ditutup ya, bukan dibungkus. Jadi, kalau menutup itu, mestinya semua lekuk-lekuk yang ada di dalamnya ya nggak kelihatan. Kalau dibungkus yaaa kayak lemper gitu lah ya kurang lebih. 

That's why, kalau mau beli jilbab. Pastikan dulu bahannya bisa memenuhi syarat tersebut. Jangan asal murah, terus neploook semua kalau dipakai. Jangan yaa..

2. Mengulurkan kain kerudung hingga menutup dada

Berjilbab saja ternyata tidak cukup, Dear. Allah juga memerintahkan kita untuk menutup kepala kita dengan kain kerudung. Kain tersebut juga harus terulur hingga menutup dada, seperti yang difirmankan Allah dalam ayat berikut.

"Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya." 
(QS. An-Nur 24: Ayat 31) 

Bukan hanya kerudung yang dimention di ayat ini saja. Tapi pun mengenai kewajiban menutup aurat juga disebut di dalamnya. Tahu 'kan aurat perempuan itu yang mana? 

Yaps. Seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.

3. Larangan tabarruj

"Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan (bertingkah laku) seperti orang-orang jahiliah dahulu, dan laksanakanlah sholat, tunaikanlah zakat, dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, wahai Ahlulbait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya." 
(QS. Al-Ahzab 33: Ayat 33) 

Ayat ini menjelaskan larangan tentang berhias yang berlebihan. Tidak hanya itu saja, kita juga dilarang untuk mengikuti perilaku orang-orang jahiliyah terdahulu. Jadi, kalau ada yang bilang, "mendingan mana? Pakai hijab tapi perilakunya buruk atau nggak pakai hijab tapi baik?" Sudah dijawab yaa dengan ayat ini. Jawabannya...

Nggak ada yang mending! Salah semua. Ini macem pas Ramadhan, trus ada yang nanyain, "mendingan mana? Puasa tapi nggak sholat atau sholat tapi nggak puasa?" 

Kewajiban itu tidak untuk dipilih, tapi untuk dikerjakan seeemuuuaaanya. Titik. Sami'na wa atho'na.

Dah, ya.. Dalilnya jelas. Jadi, stop tapi-tapi lagi. Bersegaralah memenuhi syariat.


"Tapiii... aku ini orangnya aktif banget. Kalau pakai jilbab gitu nanti ribet 'kan?"

Sejak kapan hijiab membatasi aktivitasmu? Ini mah alasan situ aja. Ada banyak cara kok biar aktivitasmu tidak terganggu meski menggunakan hijab.

Pertama, kamu bisa pilih bahan dan model yang nyaman untuk keseharianmu. Kalau kamu banyak gerak, kamu bisa aja 'kan pilih gamis dengan model A-line yang nggak sempit-sempit amat buat gerak. Kalau masih kurang puas juga lebarnya, bisa beli yang lebih lebar lagi.

Kedua, kalau kamu aktiiif banget. Kamu bisa menggunakan kaos kaki untuk melindungi kakimu agar tidak tersingkap auratmu ketika aktivitasmu banyak.

Ketiga, pakai ciput. Nggak ada perintahnya sih menggunakan ciput. Tapi bisa aja 'kan karena saking aktifnya kita lalu rambut kita keluar-keluar. Padahaaal itu aurat juga.

pakai ini nih, biar rambutnya nggak keluar-keluar


Keempat, coba deh pakai handsock untuk melindungi pergelangan tanganmu. Jadi, kalau kamu banyak gerak, tanganmu tetap aman.

handsock cantik ini siap menemani hari-hari aktifmu


Nah, untuk ciput dan handsock, coba deh kamu pakai punyanya IndBlack. Di sana ada banyaaak sekali pilihan ciput dan handsock yang kece badai. Khawatir tangannya tersingkap? Pakai handsocknya IndBlack. Pingin ciput yang nggak bikin pusing dan cantik modelnya? Pakai juga ciputnya IndBlack.

handsock dan ciput dari indblack
Ciput dan handsock dari IndBlack itu nggak cuma desainnya aja yang lucu-lucu. Tapi bahannya juga adeeemmmm banget. Nggak bikin gerah dan menyerap keringat. Bener-bener cocok buat kamu yang aktif.



Udah yaa.. Nggak pakai alasan lagi. Hijab itu bukti ketaatan kita sebagai seorang muslim. Lagi pula, zaman sekarang itu kita sudah amat sangat dimudahkan dengan banyaknya model jilbab, kerudung syar'i, bahkan item-item yang membantu melindungi aurat semacam kaos kaki, handsock, dan ciput tadi.

Masalahnya adalaaah..

Kamu mau taat nggak?

Ingat ya, waktu kita di dunia ini terbataaas sekali. Kita juga nggak pernah tau kapan kita dipanggil sama Allah. Jangan sampai kita menyesal, pas udah dipanggil, seruannya belum sempurna kita jalankan. Naudzubillah min dzalik.

You May Also Like

12 komentar

  1. Saya suka banget ama handsocknya, lucu dan simple.
    Pas banget di saya, gak longgar dan gak terlalu sempit juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaa.. saya juga suka. bahannya adem banget juga. jadi nyaman make ini.

      Delete
  2. waktu kita di dunia ini terbataaas sekali. Kita juga nggak pernah tau kapan kita dipanggil sama Allah. Jangan sampai kita menyesal, pas udah dipanggil, seruannya belum sempurna kita jalankan...jlebbb

    Terima kasih sudah diingatkan..
    Btw, handsocknya cantik yaaa. .Jadi pengin pakai juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mbak. :)
      iya, handsocknya cantik emang, beli aja di indblack mbak, promosi. wkwkkw

      Delete
  3. Makasih telah mengingatkan...Btw,enggak dijual bebas di toko2 ya handsock-nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mbak.
      iya, dijual online aja mbak. tapi resellernya udah banyak banget sih mbak, cari aja yang paling deket sama kotanya mbak mana.

      Delete
  4. Akhir-akhir ini makin susah pakai ciput. Selalu terasa pusing. Semoga putsing ini ada yang lebih simpel modelnya. Mau coba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak suka dengan montenya sebenarnya bisa diakali sih mbak, tinggal diputer aja bagian depan ke belakang, selesai. hehehe...

      Delete
  5. cara penyajiannya menarik. nambah wawasan.
    thank you for sharing

    ReplyDelete
  6. pengen pakai handsock nya, tapi belum pede. hehe

    ReplyDelete