Alasan Bergabung di Blogger Perempuan Network

by - Friday, November 23, 2018



Saya mulai nulis di blog sudah lamaaa sekali. Tapi ya gitu. Nggak ngerti apa-apa tentang dunia blogging. Saya tahunya cuma nulis. Udah, gitu aja. Mana tahu soal promosi blog, menjalin networking, editing tulisan dan visual. Sama sekali tidak tahu.

Apalagi setelah pindah ke Tumblr. Traffic dan tampilan mana diurus. Semua interaksi lebih banyak di laman birunya tumblr dibanding berkunjung ke link. 

Saya baru tahu blogging itu nggak cuma nulis setelah ikut kelas blog. Di sana saya diajari bikin blog baru, merubah tampilan supaya kelihatan cantik, ngatur gadget, sampai ke promosi blog. Iya, tujuan blogging memang buat nulis. Tapi kalau cuma dibiarkan mengalir, apa bisa membawa manfaat untuk banyak orang? Berapa orang yang bakal mampir ke blog saya kalau saya cuma diemiiin aja itu blog? Ya nggak banyak. Dan susah mau jadi banyak.



Dari sana, saya mulai tahu kalau blogwalking dan promote tulisan itu jadi salah satu part dari blogging yang tidak terpisahkan. Kita butuh traffic, butuh pembaca supaya manfaat yang ada dari tulisan kita bisa tersebar tidak hanya untuk diri sendiri. Akhirnya, mulai tuh saya share-share tulisan saya di berbagai media sosial yang saya punya. Tapi efeknya B aja. Nggak yang bombastis gimanaaa gitu. Pageviewnya memang naik, tapi nggak sebanyak yang saya harapkan.

Ini masih belum blogwalking ya. Saya masih belum tahu bagaimana cara mulai menemukan blog yang bisa dibaca gitu. Gimana caranya saya mulai blogwalking kalau link blog yang saya tahu itu-itu aja.

"Gabung ke komunitas aja, Lel."

Gitu kata senior saya. Dari situ, saya mulai kepoin blognya dia. Senior saya gabung di komunitas apa aja sih? Saya kepoin, cari tahu cara daftarnya, dan kalau sudah gabung nanti saya harus gimana. Pencarian ini akhirnya mempertemukan saya dengan Blogger Perempuan Network. Iya, setelah sekian tahun lamanya blogging, baru tahu ada komunitas ini. Dan inilah alasan-alasan saya bergabung di Blogger Perempuan Network.



1. Belajar blogging



Kali ini saya betul-betul serius blogging, sedangkan ilmu saya masih cetek banget. Saya berharap dengan bergabung di Blogger Perempuan Network, saya jadi bisa banyak belajar dari blogger-blogger lain di dalamnya. Saya suka kepoin satu-satu blogger-blogger yang kece badai. Itu kok bisa ada gambar-gambar yang lucu ya? Dia pakai apa ya? Kok temanya bagus ya? Dia ambil dari mana ya? Keingintahuan saya mendorong saya untuk belajar lebih. Dan akhirnya blog saya bisa seperti sekarang. 

PR blogging sebetulnya masih banyak. Dan saya masih terus belajar lagi. Btw, saya juga suka kepoin instagramnya Blogger Perempuan juga. Di sana, mereka suka ngasih tips blogging. Jadi, saya bisa mulai evaluasi dan berbenah dari tips-tips yang disampaikan. Cukup membantu.

2. Menambah jumlah pengunjung



Kalau kepoin blog orang lain itu, hal yang selalu saya perhatikan pertama kali adalah total pageview yang dia punya. Kalau besaaaar sekali sampai jutaan gitu, saya bertanya-tanya dalam hati, "kok bisa ya?" Ternyata caranya dengan blogwalking. Kita tinggal drop link di post yang sudah disediakan, terus berkunjung ke blog yang lain, meninggalkan komentar, terus nunggu mereka mengunjungi balik blog kita. Dan beneran lho, traffic saya naik. Dulu, pageview sehari nggak sampai 10. Sekarang bisa jauh dari itu. Pageview yang naik gila-gilaan setelah promote link di Blogger Perempuan dan blogwalking bikin saya ketagihan. Sekarang tiap nulis langsung promote dan blogwalking. Biar naik trafficnya. Hehehe...

3. Memperluas networking



Bergabung di dalam komunitas, kita akan ketemu dengan banyak orang yang punya kesukaan yang sama. Ini menyenangkan sekali. Kalau saya nggak bisa, saya bisa belajar ke senior. Kalau saya bisa dikit, saya juga akan ditanya dan berbagi ke yang lain. Bagaimanapun blog saya bisa begini karena bantuan banyaaak sekali pihak. Bahkan ada yang telaten sekali ngajari saya. Jadi, nggak ada salahnya toh kalau saya ikutan berbagi seperti mereka. 

Dari komunikasi semacam ini, saya jadi kenal banyak orang. Relasinya betul-betul bertambah. Mereka yang suka nyeret saya untuk ikut lomba atau kasih semangat buat ikutan challenge tertentu. Seru sih. Jadi makin semangat gitu. 

Kalau kenalannya makin banyak, networking yang dipunya juga akan semakin lebar. Tidak menutup kemungkinan pintu rejeki juga akan terbuka semakin lebar. 

Itu sih, alasan saya ikut komunitas dan gabung di Blogger Perempuan Network. Kalau kamu, ikut komunitas blogger yang mana nih? Dan apa alasannya?

You May Also Like

24 komentar

  1. Aku gabung ke BPN karena mereka care banget sama membernya. Suka dibekali ini itu, dapet banyak ilmu dari teman-teman blogger dll. Sejauh ini lebih terasa manfaatnya sih, nggak ada kerugiannya samsek hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, banyaaak banget ilmu yg suka dibagiin di sini. Aku pun suka :)

      Delete
  2. Setujuuuuuh.. ! Yang pasti informasi kita juga jadi banyak yang tersebar ya mbak.. dan hidup kita makin berguna.. (tsaahelah).. hahaha..

    ReplyDelete
  3. Aku juga baru engeh pentingnya blogwalking setelah ada wadah bp buat taruh promoan ni mb hihi, ternyata selama ini aku ga tau di grup fb aktif share yg media bw ini bpn, huaa, ku kudet asli

    Jd semangat aku nulisnya klo saling kunjung mengunjungi gitu

    ReplyDelete
  4. Pintu rejeki terbuka lebar asik banget yg ini...aku amini mba😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya doong.. Biar sama2 dapet rejeki yess.. 😂😂

      Delete
  5. Nanti juga belajar dengan sendirinya ya mbak? He he salam kenal

    ReplyDelete
  6. Blogwalking nambah temen ,nambah ilmu ,nambah penghasilan ... Hehehehe

    ReplyDelete
  7. Aku ikut gabung di BPN karena mau belajar blogging dan supaya dapat teman baru. salam kenal, ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  8. alhamdulillah betah gabung di BPN karena membernya difasilitasi untuk maju dan berkembang

    ReplyDelete
  9. Kita diuntungkan dengan kemajuan teknologi ya?

    Bisa menambah ilmu, share pengalaman dan bergabung dengan BPN, tempat orang yang memiliki passion sama berkumpul

    ReplyDelete
  10. Saya masih minim blogwalking, belum bisa konsisten tiap hari :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan kalau dikunjungi, mengunjungi balik aja mbak :)

      Delete
  11. Bener mbak Lelly..komunitas ini jdi bkin kita melek mata kalau ternyata buanyaaaak hal yg hrus dipelajari. Saya jga ngeblog udah lamaaaaa tpi ya gitu2 doang..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbaak.. Saya juga udah lamaaa banget. Tapi ya gitu. Tahunya nulis aja.

      Delete
  12. terima kasih atas uraiannya...jadi ngerti deh.

    thank you for sharing

    ReplyDelete