Ini Dia Cara Aman Mencegah Gigitan Nyamuk pada Bayi

By Aprilely Ajeng Fitriana - Monday, August 10, 2020

Nyamuk

Memasuki musim hujan, biasanya nih populasi nyamuk mulai berkembang banyak sekali. Kalau kemarin-kemarin nyamuknya nggak terlalu banyak. Ketika mulai masuk musim hujan, mulai sering terdengar dengungan suara nyamuk yang mengganggu itu.

Banyak nyamuk itu memang menyebalkan. Tapi, saya tidak akan terlalu khawatir kalau saya tidak punya bayi. Toh, dulu sempat lama tinggal di Surabaya. Hampir setiap malam bersahabat dengan segala atribut pengusir nyamuk.

Hal yang membuat saya khawatir, sejujurnya bukan hanya sekedar bentol-bentol merah pada tubuh anak saya. Tapi lebih khawatir kalau anak saya terkena penyakit-penyakit mengerikan yang disebabkan oleh nyamuk. Misal, demam berdarah, malaria, atau chikungunya. Jangan sampai deh. Anak saya kuning aja udah ambyar. Apalagi kena ini, lebih ambyar lagi mungkin.

Masalah lain yang menjadi perhatian saya adalah produk yang digunakan untuk menghindarkan anak dari gigitan nyamuk. Pasalnya, tidak semua produk aman untuk bayi juga. Salah satu contohnya, obat nyamuk. Mau pakai obat nyamuk bakar, semprot, maupun elektrik, semuanya beresiko pada bayi. 

Memang obat nyamuk elektrik dan semprot tidak ada asapnya. Tapi kan ada cairan racun nyamuk yang disebarkan ke ruangan itu. Kalau ini dihirup oleh bayi, kasihan juga bayinya.

Nah, kali ini saya akan berbagi tips mencegah anak dari gigitan nyamuk. In syaa Allah, cara ini aman untuk digunakan.

1. Gunakan kelambu

Ini cara paling mudah yang bisa digunakan, yaitu dengan memasang kelambu anti nyamuk. Kita bisa mendapatkannya di toko-toko peralatan bayi. Pilih saja yang portable dan mudah untuk dilipat. Tapi, ini hanya bisa digunakan untuk bayi yang baru lahir. Seiring bertambahnya usia bayi, biasanya akan sulit untuk menggunakan ini.

2. Oleskan minyak Eucalyptus

Tidak semua lotion anti nyamuk aman digunakan untuk bayi. Untuk menghindarkan bayi dari hal yang tidak diinginkan, seperti iritasi, sebaiknya kita menggunakan produk lain. Salah satunya minyak eucalyptus. Aromanya terbukti ampuh untuk mengusir nyamuk. Meskipun harus dipakaikan secara berulang.

3. Pakaikan baju panjang saat malam hari

Sulit sejali menyelimuti bayi di malam hari. Apalagi kalau dia sudah semakin besar. Saat sedang tidur pun biasanya bayi akan bergerak ke berbagai arah. Lalu, menyingkap selimut yang sudah dipakaikan. Agar bayi tetap terlindungi dari gigitan nyamuk, pakaikan baju panjang saat malam hari. 

Pilih bahan sesuai dengan kondisi cuaca. Kalau panas, pilih bahan yang tipis. Sebaliknya, kalau sedang dingin, pilih bahan yang tebal supaya bayi tidak masuk angin.

4. Nyalakan Mosquito Killer saat malam hari

Alih-alih menggunakan obat nyamuk, alat ini bisa digunakan sebagai alternatif pilihan. Matikan lampu dan nyalakan mosquito killer setidaknya 1 jam sebelum tidur. Cahaya dari alat ini akan menarik perhatian nyamuk. Kemudian alat penyengatnya akan membunuh nyamuk.

5. Jaga kebersihan rumah
Nyamuk adalah hewan yang suka sekali dengan tempat kotor. Agar nyamuk tidak kerasan tinggal di rumah kita, jagalah kebersihan rumah. Rajin menyapu, mengepel, serta membersihkan pekarangan rumah dari rumput-rumput liar.

6. Bersihkan wadah penampungan air seminggu sekali

Jentik-jentik nyamuk biasanya akan hidup di air yang tenang. Setelah itu mereka menetas menjadi nyamuk-nyamuk baru. Untuk menekan populasi nyamuk di rumah kita, bersihkan wadah penampungan air secara rutin. Lakukan minimal seminggu sekali. Janga lupa untuk menutupnya juga untuk menghindari jentik nyamuk hidup di dalamnya.

7. Tidak menumpuk atau menggantung baju terlalu lama

Pakaian yang digantung atau ditumpuk terlalu lama juga bisa dijadikan sarang nyamuk. Sebaiknya pakaian-pakaian kotor tidak digantung terlalu lama. Cuci segera setelah pakaian selesai dipakai. Ini akan menjaga rumah agar bebas dari nyamuk.

Penutup

Itu tadi 7 cara yang bisa kalian coba untuk menghindarkan bayi dari gigitan nyamuk. Kalau tidak ada bayi, kalian bisa juga melakukan fogging. Cara ini terbukti ampuh membunuh nyamuk-nyamuk. Coba cari jasa fogging di area kota masing-masing di internet. Misalnya, jasa fogging Surabaya.

Kalau kalian punya pengalaman lain dalam mengusir nyamuk, share di kolom komentar ya.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar