Assalamu'alaikum!

Perkenalkan, nama saya Aprilely Ajeng Fitriana. Kalian bisa panggil saya Lelly. Saya lahir di Malang pada tanggal 22 April 1991. Saat ini, saya tinggal di Bogor bersama suami dan anak saya. Blog ini adalah tempat saya mencurahkan segala pemikiran saya dari berbagai peristiwa. Bagaimana saya menghadapinya dan apa saja hikmah yang saya peroleh.

7 Tips Jitu Atasi Rambut Kering dan Rusak

Dec 21, 2020

cara mengatasi rambut kering dan rusak

Dulu, waktu SMP rambut saya pernah berubah bentuk. Dari lahir, rambut saya ini sudah lurus dan kalau dipegang halus sekali. Entah bagaimana ceritanya, rambut saya bisa berubah jadi keriting kecil. Anehnya, tidak semua rambut begini. Hanya separuh bagian terluar saja. Sisanya masih lurus seperti dulu.

Usut punya usut, sepertinya karena saya pernah iseng meluruskan rambut dengan setrika baju. Ini gara-gara teman saya cerita mencoba meluruskan rambutnya dengan setrikaan karena tidak punya alat catok. Katanya, rambutnya bisa jadi lurus dan bagus. Akhirnya, saya cobalah cara itu. Alih-alih rambut jadi makin indah menawan, saya ,alah mendapatkan hal sebaliknya. Bahkan, bukan hanya rambut saya yang jadi korban. tapi juga jempol tangan saya. Hiks.




Apakah sekarang rambut saya masih begitu? Nggak dong. Alhamdulillah sudah kembali seperti semula. So, kali ini saya akan berbagi cerita tentang cara mengatasi rambut kering dan rusak

1. Hindari mencuci rambut terlalu sering

Banyak iklan shampoo yang seolah meminta kita untuk mencuci rambut setiap hari. Sayangnya, hal ini tidak bisa diikuti oleh pemilik rambut kering dan rusak. Kenapa? Karena ini justru akan membuat rambut semakin kering dan rusak. Mencuck rambut 1-2 kali dalam seminggu saja sudah cukup. Atau, kita bisa mencucinya sesuai kebutuhan, yaitu ketika rambut mulai kotor.

2. Pilih shampoo berbahan ringan

Pemilihan shampoo juga akan mempengaruhi kondisi rambut. Pemilihan shampoo yang keliru justru akan membuat rambut semakin kering dan rusak. Untuk itu, gunakan shampoo dengan bahan ringan yang memang diformulasikan khusus untuk rambut kering dan rontok. Hindari juga shampoo dengan bahan sulfat dan pilih shampoo yang mengandung sedikit deterjen.

3. Gunakan kondisioner setelah keramas

Iya, saya tahu kalau pakak kondisioner setelah keramas itu memang agak merepotkan. Tapi, percayalah bahwa dengan menggunalan kondisioner, kadar minyak alami dalam rambut kita bisa terjaga. Dengan cara ini pula, rambut kita akan jadi lebih lembap dan sehat.

4. Oleskan minyak alami

Selain menggunakan kondisioner, kita juga bisa menggunakan berbagai minyak dengan bahan-bahan alami untuk menjaga kelembapan rambut kita. Contoh minyak yang bisa kita gunakan adalah minyak zaitun dan minyak kelapa. Keduanya, bisa membantu untuk melembapkan dan menjaga rambut dari kerusakan.

5. Berikan perlindungan yang cukup untuk rambut

Selain melakukan perawatan rambut di atas, kita juga harus konsisten melakukan perlindungan rambut dari paparan sinar matahari. Ini make sense lho. Rambut saya perlahan jadi cantik lagi setelah saya memutusksn untuk berhijab. Rupanya, hijab membantu saya untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari yang bisa membuat rambut rusak dan kering.

6. Batasi penggunaan alat styling rambut

Ini part yang paling penting juga kalau mau rambut kembali sehat. Jangan terlalu sering menggunakan alat styling rambut seperti catokan, pengeriting rambut, maupun hair dryer. Panas yang dihasilkan oleh alat-alat ini bisa banget membuat rambut makin kering dan rusak. Kalau alat styling aja nggak boleh terlalu sering, penggunakan peralatan lain untuk styling jelas dilarang ya. Contohnya setrika. Udah ya, biar saya aja yang merasakannya.

7. Konsumsi makanan sehat

Selaian merawat rambut dari luar, perawatan dari dalam juga diperlukan. Konsumsi ikan salmon ternyata bisa membantu rambut kita jadi lebih sehat dan berkilau. Selain salmon, kita juga bisa mengkonsumsi bayam untuk mengatasi rambut rapuh dan jambu biji untuk mencegah kerusakan rambut.

Penutup

Nah, itu tadi 7 cara yang bisa kalian ikuti untuk mengatasi rambut kering dan rusak. Coba saja satu per satu secara rutin. Kuncinya bukan hanya menggunakan apa tapi konsisten melakukannya. In sya Allah, rambut akan kembali lembap dan berkilau lagi. 

Selamat mencoba!






Comments