Assalamu'alaikum!

Perkenalkan, nama saya Aprilely Ajeng Fitriana. Kalian bisa panggil saya Lelly. Saya lahir di Malang pada tanggal 22 April 1991. Saat ini, saya tinggal di Bogor bersama suami dan anak saya. Blog ini adalah tempat saya mencurahkan segala pemikiran saya dari berbagai peristiwa. Bagaimana saya menghadapinya dan apa saja hikmah yang saya peroleh.

Serba Serbi Tentang Vaksin Covid 19 yang Perlu Kamu Ketahui

Mar 4, 2021

Vaksin Covid 19


Kalau ditanya tentang 2020, banyak orang yang kesulitan mendeskripsikan tahun ini dan hanya mampu menghela napas panjang. Nggak bisa dipungkiri bahwa pandemik memang membawa banyak sekali perubahan dalam hidup kita. Segala aktivitas publik jadi serba terbatas. Mau kerja, mudik, liburan, bahkan bikin acara nikahan pun nggak bisa seperti dulu lagi. Sulit sih, tapi lambat laun kita mulai terbiasa dengan rutinitas baru ini.

Hal yang paling bikin saya gedeg dari pandemik adalah banyaknya hoax yang tersebar melalui grup WhatsApp. Siapa para penyebarnya? Ya orang-orang tua kita. Om, tante, ayah, ibu, pak dhe bu dhe. Lalu, kalau dikasih tahu itu hoax marah-marah. Kzl.

Saya agak sebel lagi dengan orang-orang yang meremehkan Covid-19. Katanya, Covid 19 ini tidak nyata. Ini cuma teori konspirasi aja. Katanya, nggak perlu takut sama Covid-19. Asal banyak-banyak mendekatkan diri sama Allah, in sya Allah aman. Ada juga kaum-kaum bodo amat sama virus ini. Hmmm... Ini nih yang bikin Covid-19 di Indonesia tidak kunjung usai. Grafiknya naiiiiik terus. Nggak ada turun-turunnya.

Alhamdulillah, Allah kasih jalan buat menyadarkan banyak orang. Meskipun ada harga mahal yang harus dibayar, seperti ketika mereka harus merasakan ganasnya virus itu atau melihat sendiri orang-orang terdekat mereka meninggal karena terjangkit virus ini. Banyak yang akhirnya mulai sadar. Meskipun, orang-orang yang makin bodo amat dengan segala protokol kesehatan juga banyak.

Rasa-rasanya, ini nggak akan berhenti sebelum ada vaksin. Alhamdulillah juga, Vaksin Covid 19 sudah ada di Indonesia. Apakah ini langsung jadi solusi? Ternyata tidak. 

Nggak Ada Vaksin Resah, Ada Vaksin Resah Juga

Kenapa sih saya bilang kalau vaksin nggak bisa langsung jadi solusi? Ya karna ini nih. Nggak ada vaksin resah, ada vaksin resah juga. Kalau dulu, hoax yang muncul tentang virus itu sendiri. Kali ini aneka macam hoax dan asumsi pribadi datang dari vaksinnya. Menyebarkan ketakutan. Akhirnya, orang jadi maju mundur mau vaksin. 

Sebetulnya, keresahan dalam diri itu bisa hilang kalau kita mau cari tahu kebenarannya. Vaksin Covid 19 itu apa sih? Aman nggak sih? Halal nggak sih? Kalau udah divaksin, ada kemungkinan kena Covid nggak sih? Semuanya bisa dicari tahu. Setelah tahu kita bisa memutuskan dengan akal sehat, mana manfaat yang lebih besar. Vaksin atau tidak.

Melalui tulisan ini, saya ingin merangkum tentang apa itu Vaksin Covid 19, aman tidaknya, bagaimana kehalalannya, hingga skema pendistribusian vaksin ini ke masyarakat kita. Semoga dari sini kalian ikut tergambar Vaksin Covid 19 ini gimana.


Kenali Manfaat Vaksin Covid 19

Vaksin Covid 19


Vaksinasi atau imunisasi merupakan prosedur pemberian antigen penyakit dengan tujuan untuk membentuk sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyalit tersebut. Antigen ini biasanya berupa virus atau bakteri yang sudah dilemahkan atau bahkan sudah mati. Tapi, bisa juga bagian dari virus atau bakterinya sendiri. 

Sebetulnya, kita nggak harus vaksin atau imunisasi juga sih. Sistem kekebalan tubuh ini bisa muncul kalau kita pernah terinfeksi virus atau bakteri tersebut. Kaya Covid 19 ini. Kita nggak perlu divaksin agar tubuh kita kebal melawan penyakit itu. Tapi, kalau tidak vaksin artinya kita harus membiarkan diri kita jadi penderita dulu baru antibodinya terbentuk. Sementara itu, kita tahu bahwa tidak semua orang yang terkena Covid 19 punya gejala ringan. Mereka yang butuh perawatan intensif di ICU, bahkan meninggal pun tidak sedikit jumlahnya.

Kita sendiri juga nggak tahu. Apakah kalau kita kena Covid 19, gejala yang muncul ini cuma gejala ringan atau berat. Dengan kemungkinan yang lumayan ngeri-ngeri sedap ini, saya pribadi lebih memilih untuk divaksin sih. 

Hal yang patut saya syukuri di tahun ini adalah adanya Vaksin Covid 19. Apa saja sih manfaat yang bisa kita dapatkan dari vaksin ini? Check this out!

1. Menurunkan resiko terinfeksi Covid 19

Pemberian vaksin pada seseorang dapat digunakan untuk memunculkan sistem kekebalan tubuh terhadap suatu virus. Begitu juga yang terjadi pada vaksin Covid 19. Dengan vaksinasi, kita bisa lebih kebal terhadap penyakit ini. Kalaupun kita terkena Covid 19, gejala yang dimunculkan juga tidak berat.
 

2. Mendorong terbentuknya herd imunity

Sekelompok orang yang mendapatkan Vaksin Covid 19 akan daoat melindungi orang lain di sekitarnya yang belum mendapatkan vaksin. Ini karena resiko penularan menurun dari orang-orang yang sudah divaksin. Untuk bisa mencapai herd immunity ini, penelitian menyebutkan bahwa minimal 70% penduduk dalam suatu negara harus sudah divaksin.

3. Meminimalkan dampak ekonomi dan sosial

Selain dampak kesehatan, adanya vaksin juga akan memberikan dampak ekonomi dan sosial. Kalau masyarakat kita punya sistem kekebalan tubuh yang baik, in sya Allah kondisi ekonomi maupun sosial juga akan kembali seperti sediakala.

Fakta Terkait Vaksin Covid 19

Vaksin Covid 19


Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, adanya vaksin tidak serta merta menjadi solusi. Faktanya, tidak sedikit masyakarat yang resah dengan keberadaan vaksin ini. Apakah dia aman digunakan? Apakah sudah terjamin kehalalannya? Belum lagi munculnya hoax di sana sini yang makin bikin resah.

Berikut ini fakta penting vaksin Covid 19 yang perlu kamu ketahui.

1. Diberikan secara gratis

Kita tidak perlu khawatir lagi tentang biaya vaksinasi Covid 19. Ini karena pemerintah akan memberikan vaksin ini secara gratis dan tanpa syarat. Semua orang bisa mendapatkannya. Pemerintah menargetkan setidaknya 180 juta orang lebih menerima vaksin ini secara gratis.

2. Aman dan halal digunakan

Kalau ngomomgin soal keamanan dan kehalalan, tentunya kita perlu merujuk ke badan yang memang kompeten ngurusin dua hal ini. Siapa itu? Siapa lagi kalau bukan BPOM dan MUI. Kedua lembaga ini sudah memberitahukan bahwa Vaksin Covid 19 aman dan halal untuk digunakan. Jadi, sebagai masyarakat umum, kita ngikut saja ya.

3. Diberikan secara bertahap sesuai dengan prioritas

Vaksin Covid 19 ini tidak bisa diberikan secara langsung ke seluruh masyarakat sekaligus dalam satu waktu. Jadi, pemerintah nantinya akan memberikan secara bertahap berdasarkan prioritas. Pemberian vaksin ini sudah dimulai sejak Januari 2021. Orang-orang yang pertama kali diberikan tentunya orang-orang yang ada di garda depan dalam menangani kasus ini, yaitu tenaga kesehatan. Selain tenaga kesehatan, garda depan pemerintahan juga diberikan.

Alhamdulillah, kini pemberian vaksin sudah masuk ke tahap selanjutnya. Para pekerja dengan resiko penularan tinggi dan para pelayan publik mulai diberikan vaksin. Ojek dan taksi online, TNI, Polri, Pelayan publik, pedagang pasar, dan sejenisnya mulai divaksin nih. Kalau semuanya lancar, akan lanjut ke masyarakat umum dengan pendekatan kluster ketersediaan vaksin.

"Terus aku kapan dong divaksinnya?"

Sabar ya...

Kalau kita tidak dalam kelompok prioritas awal memang antrinya akan cukup lama. Ini bukan cuma puluhan kaya kalau kita ngantre di bank atau rumah sakit, tapi jutaan. Jadi ya wajar aja kalau lama.

Khawatir nggak sih dengan lamanya antrian itu? Kalau saya sih iya. Tanpa antibodi di dalam tubuh, kita nggak pernah tahu seperti apa efek yang akan terjadi. Nah, kalau kamu khawatir apakah kena Covid 19 atau nggak, kamu bisa langsung test aja. Biar nggak antre lama saat mau test, kamu bisa  buat appointment dulu melalui aplikasi Halodoc.

Apa sih Halodoc itu?

Halodoc adalah aplikasi kesehatan yang memberikan solusi lengkap bagi masyarakat. Aplikasi ini berisi fitur lengkap yang memudahkan kita memperoleh akses layanan kesehatan dengan mudah. Melalui aplikasi ini juga, kita bisa berkonsultasi dengan dokter bahkan membeli obat dengan resep dokter. Selanjutnya, obat akan diantar ke rumah kita.

Selama pandemik ini, aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk mencari rumah sakit mana yang bisa melakukan covid test. Baik itu rapid test maupun PCR swab test. Kita juga bisa langsung membuat appointment dengan rumah sakit pilihan untuk melakukan test.

Penutup

Adanya Vaksin Covid 19 yang mulai diedarkan secara bertahap ini betul-betul membawa angin segar. Setidaknya, ada harapan bahwa pandemik ini akan segera berakhir dan kita semua bisa beraktivitas seperti sedia kala. Mungkin, tidak bisa sepenuhnya normal seperti dulu. Habit yang terbangun selama pandemik bisa jadi juga akan terbawa setelah semuanya berakhir. Tapi setidaknya kita nggak perlu parno tiap kali keluar rumah atau berada di dalam kerumunan.

Comments

  1. Kemarin saya cek yang pedulilindungi itu nik saya belum terdaftar untuk dilakukan imunisasi T.T

    kalau saya sebagai orang yang simpel-simpel aja, ketika Pemerintah sudah memberikan vaksin itu halal dan aman digunakan, ya saya manut aja.. Emang suka bingung sama orang yang suka konspirasi gitu, kek ga ada yang lebih baik aja buat dipikirin :))

    ReplyDelete