Assalamu'alaikum!

Perkenalkan, nama saya Aprilely Ajeng Fitriana. Kalian bisa panggil saya Lelly. Saya lahir di Malang pada tanggal 22 April 1991. Saat ini, saya tinggal di Bogor bersama suami dan anak saya. Blog ini adalah tempat saya mencurahkan segala pemikiran saya dari berbagai peristiwa. Bagaimana saya menghadapinya dan apa saja hikmah yang saya peroleh.

Bangun Brand Awareness dengan Desain Feeds Instagram yang Menarik

Aug 31, 2021

Desain feed instagram


Saya memulai bisnis online di tahun 2013. Waktu itu, Instagram masih belum seperti sekarang. Sayangnya, saya belum seserius sekarang. Tahun 2019, saya kembali lagi menggunakan Instagram untuk media marketing saya. Dan, wow. Saya kaget karna banyak online shop lain yang punya tampilan feed Instagram yang menarik. Jujur, saya bertanya-tanya bagaimana cara mereka mendapatkan desain feed Instagram ini.

Long short story, saya mulai coba cari tahu dari Youtube. Berbekal minimnya ilmu desain grafis, cari tutorial ini itu dan akhirnya saya malah puyeng sendiri karna nggak tahu bagaimana cara mengimplementasikan ke dalam produk yang saya jual. Akhirnya, saya memutuskan untuk ikut kelas online desain feed Instagram

Dari sana, saya akhirnya paham bahwa tampilan feed Instagram yang menarik ini ternyata bukan cuma untuk memanjakan mata calon consumer aja, tapi juga ditujukan untuk membangun brand awareness lewat tampilan visual. Jadi, kalau ada pengguna Instagram lagi scrolling trus nemu konten kita, mereka tahu kalau itu adalah online shop kita.

3 Elemen pada Visual Brand Kit

Desain feed instagram


Kalau kita bicara tentang branding di Instagram, ini nggak akan jauh-jauh dari visual. Yes, sepenting itu tampilan visual yang menarik. Kalau nggak percaya, coba tanyakan ke diri sendiri. Kita lebih suka lihat yang mana, desain feed instagram yang kece atau yang apa adanya? Saya yakin banyak yang pilih desain feed yang kece.

Again, desain yang ditampilkan dalam akun kita sebisa mungkin bukan hanga untuk mempercantik akun, tapi juga membuat brand kita jadi top of mind target market kita. So, kita butuh yang namanya visual brand kit.

Seperti namanya, ini adalah peralatan yang dibutuhkan untuk membangun visual brand. Apa saja isinya?
  • warna
  • font
  • hiasan
Secara garis besar, 3 hal inilah yang nantinya akan kita gunakan. Kita bisa gunakan warna, font dan hiasanya yang serupa terus menerus agar visual brand kita bisa jadi top of mind calon customer kita. 
Pertanyaannya, gimana caranya menemukan warna, font dan hiasan ini?

Mudah kok. Coba deh cari inspirasi desain dari akun-akun sejenis atau akun-akun yang desainnya kita suka. Dari sana, kita jadi punya gambaran mau pakai warna apa, font apa, dan hiasan apa. Kalau udah nemu, jangan lupa untuk mendokumentasikan visual brand kit ini. Tujuannya, kalau kita mau mendelegasikan tugas ke orang lain, ini hasilnya akan sama seperti apa yang kita inginkan.

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Desain Feeds Instagram

Desain feed instagram


Membuat desain feed instagram, ternyata nggak bisa ngasal. Nggak bisa juga asal cantik atau menarik, tapi juga harus mampu jadi sarana untuk menyampaikan pesan. Misal, kita mau promo produk. Orang juga harus tahu produknya kaya gimana. Nggak cukup desainnya menarik, tapi orang harus lebih ngeh sama produk kita tadi. Begitu juga kalau tujuannya buat sharing, kasih tahu ada diskon, dan banyak hal lain.

Pertanyaannya, gimana caranya? Apa saja yang harus diperhatikan supaya pesannya sampai?

1. Sederhana

Waktu bikin desain tuh kadang kita maunya kasih banyak banget ornamen di tiap elemennya. Kasih ini itu yang buanyak. Begitu digabungkan, eee jadinya malah norak. Kita lupa kalau sebetulnya yang sederhana ini ketika digabungkan sama yang lain jadinya justru makin cantik. Selain itu, dia punya ruang yang cukup bagi kita untuk memahami apa maksud dari desain itu.

2. Seimbang

Desain feeds instagram kita harus punya keseimbangan pada tiap elemen yang ada di sana. Ini bisa dengan cara menyamakan tiap sudut atau sisinya. bisa juga dengan memberikan elemen yang tidak sama tapi ada di masing-masing sisi atau sudutnya. Keseimbangan ini, juga bisa dilihat dari jaraknya juga.

3. Ada Penekanan

Desain yang dibuat harus memilki vocal point atau titik tekan. Ini disesuaikan dengan tujuan membuat desain ini apa. Kalau tujuannya untuk promosi, maka produk atau penawarannya yang jadi titik tekan. Kalau tujuannya untuk edukasi, maka headline yang jadi titik tekan. Sesuaikan kebutuhan saja.

Titik tekan ini bisa dibuat dengan cara menjadikan salah satu elemen atau teks yang ingin ditekankan punya warna yang berbeda atau ukuran yang lebih besar dari yang lain. Sehingga, orang bisa fokus ke sana.

4. Ritme

Bukan cuma musik saja yang butuh ritme biar enak didengar. Ketika kita mau bikin desain feed di Instagram, ritme ini perlu ada juga. Apa sih maksudnya? Ketika membuat desain, perlu ada pengulangan baik itu warna, font, maupun hiasan yang digunakan.

5. White Space 

"Maksudnya, dikasih warna putih gitu?"

Bukan gitu ya maksudnya. White space ini maksudnya adalah ruang kosong. Kita perlu memberikan jarak antara satu elemen dengan elemen yang lain. Adanya white space bikin desain kita nggak kelihatan engap karna tabrak sana sini. Pesan yang ingin disampaikan juga bisa terbaca lebih jelas juga.

Membuat Desain Feed Instagram Itu Tidak Mudah

Desain feed instagram


Meski tahu caranya, bisa membuat desain feed sendiri. Saya akui bahwa mempercantik tampilan Instagram itu tidak mudah. Butuh konsisten untuk terus bisa menghasilkan irama yang cantik antara satu desain dengan desain yang lain. Bukan cuma itu, kita juga harus mau meluangkan waktu untuk membuat konten desain.

Repot? Sudah pasti.

Belum lagi kalau kamu adalah ibu rumah tangga juga seperti saya. Banyak pekerjaan rumah yang pun harus diselesaikan. Kalau punya anak, ini lebih bikin pusing lagi atur waktunya. Keluarga dan urusan bisnis.

Paling gampang ya kita buat dulu konsep visual brand kita mau kaya gimana. Lalu, kalau sudah ngobrol sama desainer grafis untuk kerjakan desainnya. Nah, pertanyaanya, cari desainer grafis di mana?

Suka bingung gitu juga nggak sih? Kalau iya, sini saya bisikin. 

Kini, sudah ada lho platform untuk kamu yang cari design feed Instagram. Ada banyak desainer di sana yang bisa kamu pilih untuk ajak kerjasama. Harga yang ditawarkan juga beragam. Kamu bisa kepoin lebih lanjut tentang harga, paket yang ditawarkan, dan tentu saja portfolio desain mereka di Fastwork.

Kamu jadi nggak perlu susah-susah cari ke sana ke mari untuk cari orang yang bisa bikin desain feeds Instagram. Kamu juga nggak perlu repot habiskan waktu untuk bikin desain feeds Instagram sendiri. Tinggal kepoin, pilih, kerja sama beres.

Di fastwork, kita nggak Cuma bisa cari siapa desainer yang mau diajak kerja sama, tapi juga bisa nego harga juga. Terus, kita nggak perlu khawatir tertipu karna fastwork yang akan jadi perantara kita. Fastwork juga memberikan jaminan tentang siapa freelancer yang bekerja sama, jaminan uang kembali kalau kita tidak menerima hasil kerja, dan tim support yang melayani kita. Mantep banget kan?

Udah, kalau kamu punya online shop. Nggak punya banyak waktu buat handle desain feeds Instagram juga. Serahin aja ke ahlinya. Dengan begitu, kamu jadi punya banyak waktu untuk handle yang lain. Gimana caranya? Kamu tinggal klik link berikut dan selamat mencari.
https://fastwork.id/social-media-banner/social-media

Comments