Tips Jitu Menghilangkan Noda Cat pada Pakaian

By Aprilely Ajeng Fitriana - Monday, April 13, 2020

Menghilangkan noda cat

Waktu SMA saya sering melibatkan menjadi partisipan lomba kelas, mulai dari lomba bazaar sampai menghias tempat sampah. Kebanyakan dari lomba itu menuntut saya untuk banyak bermain dengan cat. Alhasil, tidak jarang baju seragam saya pun terkena cipratan aneka rupa cat. Kalau sudah begini, sudah bisa dipastikan sesampai rumah, saya pasti diomeli agar segera menghilangkan noda cat itu. Ada yang berhasil, ada juga yang menyisakan bekas cat hingga saya lulus sekolah.

Perkara menghilangkan cat memang bukan hal yang mudah. Tapi menarik untuk diulik. Pasalnya, kalau kita lihat baju kerja tukang cat itu jarang sekali meninggalkan noda bekas cat. Iya sih, ini antara kemahiran memainkan cat dan mencuci noda bekas cat itu tadi.

Ini nih yang membuat saya ingin tahu lebih dalam. Tujusnnya jelas, supaya saya nanti nggak risau kalau Ghazy mulai main-main sama cat. Namanya juga bocah kan. Ini amat sangat memungkinkan mainnya meninggalkan noda bekas cat di mana-mana.

Ketahui Jenis Cat yang Digunakan

Sebelum berusaha keras memikirkan cara menghilangkan noda cat, ada baiknya untuk tahu jenis cat apa yang digunakan. Beda cat tentu berbeda pula cara membersihkannya. Ada yang mudah dibersihkan, ada juga yang butuh effort lebih.

Sejauh ini, jenis cat yang paling mudah dibersihkan adalah cat air. Cara membersihkannya semudah membersihkan kuas yang digunakan. Cukup dibersihkan dengan air.

Tapi persoalannya menjadi lain kalau cat yang kita gunakan adalah cat tembok, cat besi, cat minyak, atau cat akrilik. Apapun jenis catnya, kita tetap harus tahu ini jenis cat apa.

Kalau kalian tidak tahu jenis cat apa yang digunakan, coba cek kemasan untuk mengetahui bagaimana cara mencuci kuas. Kalau kuas cukup dicuci dengan air, maka cat yang digunakan menggunakan bahan dasar air. Tapi kalau yang lain, kemungkinan besar cat tersebut menggunakan bahan dasar minyak.

Cara Membersihkan Noda Cat

Setelah mengetahui jenis cat yang digunakan, baca petunjuk yang ada di kemasan cat mengenai cara membersihkan noda bekas cat. Tapi, bagaimana kalau sudah bolak balik kemasan cat dan nggak menemukan solusinya? Tenang, kalian bisa coba langkah-langkah berikut ini.

1. Bertindak cepat

Semakin cepat kita mencuci bekas noda cat, maka akan semakin mudah kita menghilangkannya. Jangan menunda untuk mencucinya kalua tidak ingin kesulitan dan akhirnya mengikhlaskan baju kesayangan punya pola baru yang artistic. LOL.

2. Gunakan pengencer cat

Letakkan baju di atas bidang datar yang sudah dialasi kain lap. Pastikan noda cat menghadap ke bawah. Tepuk-tepuk area yang terkena noda cat menggunakan lap yang telah dibasahi menggunakan pengencer cat. Gunakan pengencer cat yang direkomendasikan. Kita juga bisa menggunakan spiritus untuk menghilangkan noda ini. Tapi, jangan lupa untuk memeriksa label pakaian terlebih dahulu agar pakaian tidak rusak.

3. Kucek dengan Rinso dan rendam dengan air panas

Kucek bagian yang terkena noda dengan Rinso Deterjen Cair Anti Noda. Setelah itu, rendam pakaian ke dalam air panas dengan suhu yang diizinkan label perawatan pakaian. Rendam semalaman untuk hasil yang lebih baik.

4. Cuci seperti biasa

Setelah direndam, kucek kembali pakaian atau masukkan pakaian ke dalam mesin cuci. Cuci dengan suhu terpanas yang diizinkan oleh label pakaian.


Alternatif Cara Menghilangkan Noda Cat

Selain keempat langkah di atas, kalian bisa mencoba cara lain untuk menghilangkan noda cat.


  1. Kikis noda cat dengan pisau tumpul agar tidak merusak pakaian
  2. Setelah noda cat terkikis, cuci pakaian menggunakan air dengan suhu yang dizinkan label pakaian
  3. Tepuk-tepuk larutan sabun dengan spons ke atas noda cat
  4. Bilas pada area yang terkena noda.
  5. Lakukan berulang hingga noda mulai memudar
  6. Cuci dengan cara biasa kalian lakukan, baik itu dengan tangan maupun mesin cuci
  7. Cek kembali noda tersebut, apakah sudah hilang atau belum. Jika noda masih ada, ulangi kembali langkah pencucian ini.


Kesimpulan

Berkreasi dengan cat memang kegiatan yang menyenangkan sekaligus menegangkan. Pasalnya, ada bekas noda cat yang selalu menjadi PR setelah aktivitas ini. Kunci untuk menghilangkannya ada cuci secepat mungkin. Setelah itu, kalian bisa menggunakan cara pertama atau kedua.

Selamat mencoba.

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. wah, iya nih. rinso cair anti Noda nih ampuh banget. Kalo nyuci mukena yg putih dekil aja bisa ilang, apalagi cat yaa. hihi. Tapi ngebayangin ngucek2 keras pake tangan ya lumayan menguras tenaga juga ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pakai cara itu, nggak perlu dikucek keras mbak. Biasa aja. Kalau keras-keras nanti bisa merusak kain malahan.

      Delete