Pakaian Kena Noda Oli? Jangan Kuatir, Ini Tips Jitu untuk Menghilangkannya dengan Sangat Mudah

by - Wednesday, February 06, 2019




Akhir Januari kemarin ceritanya ada temenya suami yang nikahan dan ngundang kami berdua. Seperti biasa, kalau ada nikahan perginya pakai baju kondangan couple. For your information, baru punya sepasang aja. Wkwkwkwk.. Jadi, kalau ada kondangan gitu pakai itu, ntar ada lagi, pakai itu lagi. Kesannya bukan baju kondangan lagi tapi seragam kondangan.

Saya dan suami nggak terlalu ambil pusing sama baju yang cuma itu aja sih. Soalnya kalau kondangan juga nggak foto bareng pengantennya. Nggak foto-foto bareng temen-temen. Biasa aja. Datang, salaman sama pengantin, makan, suami nyari temennya buat ngobrol bentar, pamitan sama penganten, terus pulang. Nggak pakai foto-foto, apalagi upload ke sosial media. Buat apa?

Woles aja gitu sampai akhirnya negara api menyerang. Baju kondangan satu-satunya kena oli coba. Warnanya putih pula. Jadi, kelihatan banget noda olinya. Sedih banget. Dan, parahnya lagi, saya tahu kalau kena noda oli itu pagi sebelum berangkat kondangan. Pas saya lagi setrika baju gitu. Sedih nggak sih? Mau pakai baju lain, tapi suami bilang gini, “kalau Adek pakai itu, aku pakai apa?” Baiklah. Kita berjuang membersihkan noda saja pagi-pagi.

Percobaan Pertama



Ini nyoba karena panik mau berangkat tapi baju pada kotor ujung-ujungnya. Sedih banget. Saya ambil Vanish dan Rinso cair. Noda oli yang terpampang nyata itu saa siram dengan Vanish dulu, kemudian saya olet-oletin Rinso cair. Setelah itu saya sikat pakai sikat gigi.

By the way, ini gamisnya dicuci dalam kondisi digantung ya. Jadi, saya memang cuma pingin bersihin noda olinya aja. Bisa ilang sih dikit-dikit. Tapi nggak tetep aja keliatan kotor dikit. Saya udah coba beeeerkali-kali. Hasilnya tetap sama. Akhirnya, dalam kesedihan yang merundung dada ini, saya coba browsing cara ampuh untuk bersihkan noda oli. Dari beberapa artikel yang saya baca, MINIMAL DIBIARKAN DENGAN OLESAN RINSO CAIR SELAMA 24 JAM.




Sedih nggak sih? Udah lah mau berangkat kok ya ada aja. Jadi nggak mood kondangan. Tapi suami udah nungguin. Ya sudah, kondangan aja dulu. Urusan baju diselesaikan pulang kondangan aja.

Belajar dari Pengalaman Pertama

Saya sehari-hari biasa naik motor ke mana-mana. Pakaian yang saya gunakan juga biasanya adalah gamis. Sebetulnya, soal pakaian yang kena noda oli ini sudah cukup sering. Saya juga sudah pernah berhasil mengatasi noda ini. Hanya saja, karena waktu itu panik mau berangkat jadi gitu deh. Noda oli memang tidak bisa dibersihkan secara langsung. Setelah diolesi Vanish dan Rinso cair, pakaian harus direndam dulu semalaman baru bisa dicuci. Lebih cepat ditangani, noda oli bisa hilang lebih cepat.

Masalahnya, saya biasanya tahu kalau pakaian saya ini kena oli setelah saya setrika. Maklum, terbiasa pakai mesin cuci. Semua tinggal cemplung dan pencet. Ada jeda beberapa hari dulu sebelum saya mengatasi noda itu.

Bisa hilang? Alhamdulillah bisa. Tidak perlu disikat, dikucek tangan juga, dengan mesin cuci saja bisa kok.



Caranya? Penasaran kan? Kalian bisa ikuti step by step ini. Buibu yang terlalu sibuk ngurus noda oli macam saya, bisa banget mengikuti tips ini.

1. Siram noda oli dengan Vanish
2. Olesi noda oli dengan Rinso Cair
3. Diamkan selama minimal 24 jam. Semakin lama, akan semakin baik
4. Jangan basahi dengan air supaya pakaian tidak berjamur
5. Setelah itu, pakaian bisa dibawa ke laundry atau dicuci sendiri menggunakan mesin cuci
6. Voila! Noda oli hilang tanpa bekas

Cara ini sudah sering saya lakukan. Cara seperti ini bisa merawat warna pakaian tetap bagus dan tidak pudar. Selain itu, noda oli yang super membandel itu juga bisa hilang. Sebagai catatan, kalau noda oli yang melekat pada pakaian terlalu pekat, biasanya akan meninggal sisa sedikit. Untuk bisa benar-benar menghilangkan noda ini dengan sempurna, butuh kesabaran ekstra untuk mencucinya berulang kali dengan langkah nomor 1-5. Sedikit demi sedikit noda akan menghilang. Kalau saya, setelah dicuci, pakaian akan saya pakai dulu sebelum dicuci lagi. Noda olinya kan ada di bagian bawah. Cuek aja sih. Toh, tidak terlalu nampak. Hehehe...

Hikmah yang Bisa Diambil



Ini tips tapi ada hikmahnya. Wkwkwkwk.. Nggak apa-apa lah ya.

Kalian tadi sudah dapat cerita kegagalan saya dan keberhasilan saya dalam bertarung menumpas noda oli pada pakaian kan. Sekarang saatnya kita ambil pelajaran dari kisah ini. Intinya sih, jangan panik dulu. Ada masalah apa pun itu, tenangkan dulu pikiran kita sebelum berusaha menyelesaikannya. Kalau sudah tenang, baru deh cari solusinya pelan-pelan. Insya Allah, penyelesaian itu pasti ada. Hanya saja, sering kali jadi sulit dijangkau karena kita terlalu panik ketika berhadapan dengan masalah itu.

Masalah dengan noda pakaian ini cuma salah satu contoh saja sih. Faktanya, ada banyak masalah-masalah lain yang nggak berat-berat amat tapi sulit sekali diselesaikan. Bukan karena kita tidak mampu. Bukan juga karena tidak ada solusinya. Tapi kita terlalu panik. Fokus kita akhirnya jumping pada hasil akhir yang ingin kita capai tanpa mencari tahu lebih dalam bagaimana cara menyelesaikannya setahap demi setahap.

Itu saja, tips super singkat dari saya di tengah-tengah curhatan tentang baju kondangan yang kena oli. Semoga bermanfaat. Ambil baik-baiknya ya.


with love,


You May Also Like

43 komentar

  1. Ohh ..., jadi cara yang tepat adalah dibiarkan direndam minimal selama 24 jam.
    Pantesan waktu itu kucoba cuma kurendam bentaran, ngga hilang nodanya.

    Kalo udah tau caranya kayak gini, kan aku ngga perlu terjadi kayak gambar tulisan 'aku tuh gak bisa diginiin 😢'

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan direndam, dicolekin sabun cair dan vanish aja tanpa direndam. kalau direndam nanti beejamur kalau terlalu lama.

      Delete
  2. Vanish andalannya ibuku banget mba. Kena noda apapun selama ini masih bisa dihilangkan pake dia. Pokoknya wajib ada deh dirumah *bukan endorse* hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk.. sama, aku juga nggak endorse sih. tapi memang 2 merk ini membantu banget membersihkan noda.

      Delete
  3. Waaah thank banget tipsnya mbak. Gamis2 saya juga banyak yang kena oli bagian bawahnya gegara naik motor, cuma nggak tahu gimana cara ilanginnya...

    Oh ternya cuma pke vanish dan rinso n biarkan selama 24 jam bisa ilang toh... pengen segera praktikkan deh😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pukpuk mbak siska. Emang nyesek kalau baju kena oli tuh.

      Coba aja mbak. Punya saya sih ilang bekasnya.

      Delete
  4. Aku juga kemana-mana biasa motoran mba Lely, baju ku ada beberapa tuh yg ujungnya kena oli.
    Pas banget baca postingan mba ini, jadi dapet solusi deh.
    Makasih banget sharenya ya mba. Great!

    ReplyDelete
  5. Oo berarti selama ini aku salah ya, malah direndam pakai air, trnyata gak perlu pakai air, hanya dioles saja ya pakai rinso n vanish.. makasih tipsnya mbak

    ReplyDelete
  6. Wah, tipsnya berguna banget. Dulu sering, ujung gamis kena oli dan biasanya sudah gak bisa diapa-apain. Terpaksa dipotong pendek dan dijadikan baju harian aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedih yaa kalau udah kena oli. Saya juga ada yang begitu. Tapi karna memang sudah rusak parah sih. Robek juga bawahnya kena rantai.

      Delete
  7. Nyesek banget yak klo baju sampai kena oli gtu... Dulu belum ada model vanish gtu tuh ya udah pasrah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. Waktu SMP dulu saya pakai sabun colek. Tapi tetep failed.

      Delete
  8. Iya betul mbak Lelly. Saya nih kalau ada masalah solusi belakangan paniknya duluan. Dan ini harus banget disimoen ilmunya siapa tau berguna di masa depan

    ReplyDelete
  9. Noda oli itu memang sesuatu banget deh Mbak, untung sekarang ada Vanish ya, beneran ampuh yg penting kita sabar dan gak panikan, hehehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga suka gemeds klo pakaian kena oli. Tapi sekarang sih udah gak was-was lagi sejak kenal Vanish. Yg penting cepat nanganinnya. :)

      Delete
  10. Kalo ada masalah jangan panik, setuju banget nih. Tapi saya susah untuk tidak panik, hwkwkwkk...
    Btw kalo noda susu coklat, meski sudah diolesin vanish dan detergent cair, plus direndam 24 jam, kok masih belum hilang ya mbak? Ada pengalaman serupa dengan noda susu coklat?

    ReplyDelete
  11. Iya bun vanish emang ampuh. Kemaren juga baju kena lunturan maklumlah sama gara2 nyuci pake mesin. Pinklah kemana2 mana kaos putih. Rendeman setengah jam doang ehh ilang. Tapi yang masih PR noda kena getahnya ga hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang lain noda lain cerita sih. Aku belum pernah coba kalau kena getah gitu.

      Delete
  12. Solusi yang jitu nih, saya sering cuekin tuh klo noda oli tetap membandel padahal udh brkali2 dicuci, tfs ya mba

    ReplyDelete
  13. Wah dapat pencerahan nih..baju yang kena noda oli aja yg di cocol vanish di biarkan 24 jam ..ya..noted ah..
    Makasih mb tipsnya

    ReplyDelete
  14. Ini lagi ikut lomba blog Vanish & Rinso bukan sikk? ��
    Saya pun hobi naik motor, makanya ujung baju bawah biasanya sering kotor kena oli, dll. Trims tipsnya ya mbak Lel, besok dicoba uhhuy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak. Wkwkwk...
      Ini honest review darikyu pecinta Vanish dan Rinso cair.😂

      Sama-sama bun. 😘

      Delete
  15. Saya jarang banget baju kena oli... bisa di bookmark nih kalau sewaktu-waktu bajuku kena oli. Jarang juga gunain vanis dan rinso cair.

    ReplyDelete
  16. asyik tipsnya mbak, makasih. sebagai rider, rok aku juga suka ternoda oleh olie dan nasibnya sama, diketahui pas mau disetrika :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... Tos lah. Ternyata bukan aku aja yang begini.

      Delete
  17. ilmu baru nih, Mbak Laely. biasanya saya kalau mau gusir noda pake sabun batang bayi ... di oles-oles gitu. di diemin. tar disikat...hilang deh. hehehe. makasih infonya Mbak ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabun batang biasa saya pakai buat cuci celana dalam. hehe...
      dia ajaib, mudah banget ngilangin noda di situ.

      masama mbak

      Delete
  18. Terima kasih, Mbak atas tipsnya. Tips sederhana tapi sangat penting

    ReplyDelete
  19. Wah, boleh juga nih tipsnya. Ada nih baju misua yg kena oli. Pernah dikasih Vanish tapi ngeredamnya kurang lama berarti. Karena nodanya masih setia di sana. Soalnya kalo di tipi kan sekejap langsung hilang tuh nodanya, hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak direndam sih bun. jadi dikasih Vanish aja, trus saya biarin ditumpukan pakaian kering yang mau dicuci.

      jangan kemakan iklan di tipi bun. wkwkwkw...

      Delete
  20. Prolognya bikin senyum2 yang baca deh Mbak hihi..😊😀. Btw terima kasih tipsnya Mbak.

    ReplyDelete
  21. banyak baju saya yang kayak gitu mbak , makasih sharingnya ya , mudah-mudahan masih bisa ilang...

    ReplyDelete