Assalamu'alaikum!

Perkenalkan, nama saya Aprilely Ajeng Fitriana. Kalian bisa panggil saya Lelly. Saya lahir di Malang pada tanggal 22 April 1991. Saat ini, saya tinggal di Bogor bersama suami dan anak saya. Blog ini adalah tempat saya mencurahkan segala pemikiran saya dari berbagai peristiwa. Bagaimana saya menghadapinya dan apa saja hikmah yang saya peroleh.

Bijak Kelola Keuangan di Masa Pandemik

Nov 13, 2021

WebsiteDescription automatically generated

Pandemi sudah berlangsung hampir dua tahun. Setelah lonjakan kasus di Juli kemarin, alhamdulillah sekarang trendnya mulai turun. Bahkan, angka kasus per hari berhasil ditekan dengan amat baik. Meskipun belum bisa dibilang kita sudah bebas dari Covid-19 juga. Selama masa pandemik ini, bukan hanya kesehatan diri kita yang perlu diupayakan, tapi juga kesehatan kondisi keuangan kita.
Ya gimana ya, pandemik memang cukup berdampak ke kondisi keuangan kita. Kebutuhan meningkat, seperti harus sedia masker, sanitize kit yang bisa dibawa ke mana-mana, lalu aneka tes yang dibutuhkan kalau kita mau kerja, bepergian, atau bikin acara yang mengundang banyak orang. Ini semuanya butuh duit ya, Buibu.
Di sisi lain, kita tahu bahwa sumber penghasilan juga tidak selancar sebelum pandemik. Ada perusahaan yang kehilangan konsumen. Ada perusahaan yang nggak mampu bayar hutang ini itu. Ada perusahaan yang terpaksa harus melakukan pengurangan karyawan atau merumahkan tanpa dibayar. Ada juga yang terpaksa harus gulung tikar.
Mau nggak mau, ini juga ngasih impact ke kondisi keuangan keluarga. Kalau mau bertahan hidup selama pandemik, bukan hanya kebiasaan dan gaya hidup kita saja yang harus diubah, tapi juga bagaimana cara kita dalam mengelola keuangan pun harus diubah. Mulai dari melakukan penghematan sampai dengan menyiapkan dana darurat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kita di saat-saat darurat.


Tips Mengelola Keuangan

A picture containing text

Description automatically generated

Kali ini, saya mau bagi-bagi tips nih untuk mengelola keuangan. Apa saja sih tipsnya? Yuk, simak di bawah ini.

1. Pastikan ada uang yang bisa dikelola

Prinsip utama dalam mengelola keuangan adalah ada uangnya dulu. Kalau nggak ada uangnya, apa yang mau dikelola, Shay? Kalau pandemik ini membuat sumber penghasilan utama tidak mengalir sederas dulu atau bahkan berhenti, ya kita perlu cari sumber penghasilan lain. Misalnya memungkinkan, coba cari pekerjaan tambahan. Jualan online, misalnya. Atau, mengerjakan projek-projek freelance.

2. Buat pos-pos keuangan

Maksudnya gimana sih? Penghasilan yang sudah kita terima, jangan langsung dipakai dulu semuanya. Coba bagi ke dalam 3 pos besar, yaitu kebutuhan hidup sehari-hari, nabung, dan senang-senang. Iya, kita perlu juga memberikan slot untuk bersenang-senang biar kita bisa tetap waras menjalani hari.

Pertanyaannya, berapa persen pembagiannya?
Pembagian ketiga pos itu dapat digambarkan sebagai berikut.

Pos kebutuhan hidup

Kebutuhan hidup ini meliputi biaya wajib yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Contoh, makan sehari-hari, tagihan listrik, air, telpon, internet, cicilan, SPP, dan lain-lain. Besarnya pos ini adalah 50% dari total penghasilan kita. Kalau gaji kita 10 juta, maka jatah untuk memenuhi kebutuhan harian hanya 5 juta saja.

Pos tabungan

Ini meliputi tabungan pendidikan anak, tabungan hari tua, tabungan haji, investasi, dana darurat, dan lain-lain. Besarnya pos ini ada 30% dari total penghasilan kita. Misalnya, gaji kita 10 juta, maka 3 juta harus dialokasikan untuk tabungan.

Pos senang-senang

Mengelola keuangan bukan berarti memangkas habis hal-hal yang menyenangkan. Kita masih boleh kok memanjakan diri dengan jalan-jalan ke sana ke mari, makan makanan enak, nonton film, dan lain-lain. Tapi, perlu diingat juga bahwa semua ada batasnya. Untuk pos satu ini, kita hanya boleh menghabiskan 20% dari gaji kita. Kalau jatahnya habis gimana? Ya udah, stop. Tunggu lagi bulan depan.

3. Catat Selalu Cash Flow

Ini sudah jadi barang wajib yang harus kita lakukan untuk menyelamatkan kondisi keuangan kita. Pencatatan keuangan ini, bukan hanya agar kita tahu ke mana uang itu pergi, tapi juga memberikan kesadaran secara utuh saat menggunakan uang.

Dengan mencatat keuangan juga, kita bisa melakukan evaluasi kondisi keuangan kita. Sehingga, kita bisa tahu apa sih yang harus diatur-atur lagi agar kondisi keuangan lebih stabil lagi.

4. Membeli Produk yang Worth to Buy

Setelah memperbesar pos pendapatan, mengatur pos-pos pengeluaran serta melakukan pencatatan keuangan secara rutin, kita juga perlu bijak untuk membeli barang. Pastikan, barang-barang yang beli itu memang worth to buy.

Dilihat dari mana?

Tentunya, dari harga dan kualitas yang ditawarkan. Selain itu, produk yang dibeli juga harus efektif dan efisien juga.

smartfren, Produk Worth to Buy Kala Pandemik

Salah satu produk yang worth to buy kala pandemik ya si smartfren ini. Kita sama-sama tahu bahwa kebutuhan akses telekomunikasi saat pandemik ini meningkat. Kita butuh yang internet untuk bekerja atau sekolah daring si kecil. Kualitas akses internet, tentunya jadi bahan pertimbangan dong ya.

Nggak mau kan proses belajar atau pekerjaan kita jadi terhambat karena paket internet habis atau jaringan internet yang tidak memadai. Alhamdulillah, sekarang sudah ada smartfren UNLIMITED MAXI yang #UnlimitedBisaSemua. Paket internet ini bisa digunakan untuk semua aplikasi, semua lokasi, semua hari selama 24 jam, dan semua orang (baik itu pelanggan baru dan lama). Tidak hanya itu, ada juga benefit lain berupa EXTRA UNLIMITED MALAM FULL SPEED yang berlaku dari jam 1-5 pagi bikin #MalamJadiExtra deh.


Biar makin yakin kalau produk ini memang kece badai, saya sudah melakukan speed test untuk mengetahui seberapa keren sih performa dari provider ini. Dan, ini dia hasilnya.


Graphical user interface, applicationDescription automatically generated



Speed test ini saya lakukan dengan menggunakan aplikasi Speed Test di Android. Hasilnya, kemampuan downloadnya bisa mencapai lebih dari 30 Mbps, bahkan lebih. Ini kenceng banget sih kalau kaya gini. Pokoknya worry free deh! bebas akses aplikasi apa aja di moment kapan aja bareng smartfren UNLIMITED MAXI !


Keren banget kan performanya. Dengan smartfren UNLIMITED MAXI ini, kita jadi nggak perlu worry lagi kalau lagi nemenin anak sekolah daring atau meeting penting dengan klien. Oya, jaringan smartfren ini sudah 4G ya. Jadi, nggak perlu khawatir nyandat lagi. Bahkan, sekarang smartfren juga udah mulai uji coba jaringan 5G. Waaah.. kapan nih launchingnya? Nggak sabar bisa memanfaatkan ini.


Semua Bisa dapat Rejeki Depan Mata


Selain itu, kita juga bisa dapat #RejekiDepanMata dengan ikut loyalty program Rejeki WOW Periode 3. Ada hadiah langsung yang menanti kita di sana. Caranya gampang kok. 

Graphical user interface

Description automatically generated


  1. Download aplikasi My Smartfren, pilih menu Rejeki WOW. Di sini, kita akan ketemu dengan Oasis seperti di bawah ini. 

Diagram

Description automatically generated

  1. Lakukan transaksi sebanyak-banyaknya buat dapetin kesempatan dapet REJEKI DEPAN MATA dengan HADIAH PASTI, HADIAH LANGSUNG, GRAND PRIZES DAN SUPER GRAND PRIZES karena SEMUA BISA LANGSUNG MENANG

A screenshot of a computer

Description automatically generated with low confidence


Apa aja sih hadiahnya?


Hadiahnya pastinya ada banyak banget. Mulai dari smartpoin, pulsa, smartphone, tablet, TV, emas, laptop, motor hingga hadiah Grand Prize dan Super Grand Prize dengan hadiah emas 50 gram, tabungan ratusan juta rupiah dan mobil. Yakin nggak mau ikut Program #RejekiWOW Periode 3? emang paling juara deh @smartfrenworld untuk selalu jadi #TemanBukaPeluangmu apalagi semakin untung ikut Program Rejeki WOW! #RejekiDepanMata








Comments

  1. Hal yang sampai sekarang susah saya lakukan tuh bikin post dan catat transaksi uang keluar masuk. Padahal aplikasi ada. Emang penting banget ini.

    ReplyDelete
  2. sebelum mengatur keuangan harus pastikan ada duit masuk dulu, ya. pakai smartfren bisa nambah penghasilan, nih

    ReplyDelete
  3. Memang ya Mbak, di masa2 sulit gini, kerasa banget butuh yang namanya manajemen keuangan keluarga :)

    ReplyDelete
  4. masa pandemi sekarang ini memang masa yang menegangkan buat keuangan

    harus bener-benar teliti dalam mengaturnya

    terkait smartfren, saya pelanggan setianya lho...^_^

    untu kebutuhan kerja dan yang lainnya smartfren emang keren karena bisa unlimited jadi sampai sekarang belum berpindah ke lain hati deh hehehe

    ReplyDelete
  5. Dimasa pandemi gini kebanyakan orang kebablasan sama keuangan ya kak, alih alih bosen dirumah sesuka hati checkout di marketplace favorit tapi benda yang dibeli bukan prioritas.
    Mesti bijak lagi ya kak

    ReplyDelete
  6. Saya ada nih kak mifi smartfren
    Murah sebulannya dan signal cukup stabil untuk daerah rumah saya

    ReplyDelete
  7. Selama pandemi tahun lalu bener bener ga ada pos senang senang yg sya keluarkan karena memang saya dan suami terdampak pandemi. Memang mengatur keuangan selama pandemi bikin pening ya mbak

    ReplyDelete
  8. Mantap ya Smartfren. Sayankurang disiplin ini kalau soal keuangan. Tapi jadi bisa belajar setelah membaca artikel ini

    ReplyDelete
  9. Menarik banget programnya Smartfren, hadiahnya lumayan juga. Memang saat pandemi seperti sekarang harus pintar-pintar mengelola keuangan, membuat pos-pos keuangan, dan beli barang yang benar-benar butuh aja. Makasih tipsnya Mba Lely. Kangen main ke Cerita Umi.Lama engga BW ke blognya

    ReplyDelete
  10. Lagi belajar jg nih tentang financial plan dan segala tetek bengek.y, apalagi pas abis nikah auto sadar dengan semua.y

    ReplyDelete
  11. benerrr banget nih, zaman now, apalagi pandemi ini harus pinter-pinter mengelola keuangan...
    di masa pandemi ini, aku juga jadi belajar mengelola keuangan jg, tpi nggak sampe nyatet cashflow segala, pusing ntar, haha

    ReplyDelete