Assalamu'alaikum!

Perkenalkan, nama saya Aprilely Ajeng Fitriana. Kalian bisa panggil saya Lelly. Saya lahir di Malang pada tanggal 22 April 1991. Saat ini, saya tinggal di Bogor bersama suami dan anak saya. Blog ini adalah tempat saya mencurahkan segala pemikiran saya dari berbagai peristiwa. Bagaimana saya menghadapinya dan apa saja hikmah yang saya peroleh.

Berbagi Kebaikan Kepada Orang Tercinta, Sesama dan Semesta bersama The Body Shop® Indonesia

Apr 15, 2022

Berbagi Kebaikan di bulan Ramadan


Alhamdulillah, sudah masuk sepuluh hari kedua bulan Ramadan. Makin dekat dengan lebaran, biasanya makin heboh pula mempersiapkan hampers lebaran untuk sanak keluarga. Kamu sendiri termasuk tim yang suka bagi-bagi hampers nggak sih?


Dulu, waktu tinggal di Jawa Timur, kebiasaan ini nggak banyak dilakukan oleh orang-orang. Hampers itu biasanya datang dari kantor sebagai teman dari uang THR yang cair juga hari itu. Biasanya begitu. Tapi, kalau saling berkirim hampers, ini agak jarang dilakukan.


Lalu, apa yang dikirimkan jelang lebaran? Biasanya orang akan sibuk membuat masakan rumahan untuk dibagikan ke tetangga sekitar. Semacam nasi berkat kalau kata orang Jawa.


Mungkin, ide hampers juga bermula dari sana. Dari kebiasaan berbagi makanan berat yang siap makan, berubah jadi hampers yang isinya tidak hanya makanan tentu saja. Bisa peralatan rumah, perawatan badan, kue kering, dan lain sebagainya.


Aku sendiri tidak termasuk keduanya. Agak jarang juga berbagi hampers ke kerabat, kenalan, atau sanak saudara. Tapi, tahun ini berbeda. Rencana mudik kami gagal total karna baru ngeh kalau aku hamil stepat sebelum Ramadan tiba. Alhamdulillah, Allah kasih amanah untuk bisa hamil lagi. Tapi, di sisi lain, aku juga sedih karna tidak bisa berkumpul dengan orang-orang kesayangan saat lebaran. Padahal, lebaran kali ini pemerintah sudah mengizinkan kita semua untuk mudik. Asalkan, sudah mengantongi sertifikat vaksin booster.


Karna tidak bisa pulang, akhirnya aku berencana untuk mengirimkan saja hampers untuk orang tua kami. Meskipun raga tak bisa bertemu secara nyata, ada cinta yang bisa terselip melalui bingkisan manis di hari lebaran.


Berbagi Kebaikan Kepada yang Tercinta, Sesama dan Semesta Bersama The Body Shop®

Create Your Own Gift The Body Shop


Pas banget. Pas lagi cari-cari hampers buat lebaran, lalu dapat undangan event dari The Body Shop®. Jadi ceritanya, untuk merayakan Bulan Suci Ramadan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri, The Body Shop® Indonesia membuat sebuah kampanye yang bertema Share More Kindness with The Body Shop® Green Ramadan. Melalui kampanye ini, The Body Shop® Indonesia ingin mengajak kita semua untuk menyebarkan pesan untuk terus berbagi kebaikan kepada orang tercinta, sesama, dan semesta. Buat kamu yang bisa mudik, ini bisa banget dijadikan alternatif hantaran untuk lebaran. Tapi, buat kamu yang kondisinya seperti aku, terhalang kondisi dan situasi untuk bisa bertemu saat lebaran, ini juga bisa dijadikan salah satu alternatif untuk mengirimkan pesan cinta pada orang-orang tersayang.


Nah, kalau kamu orang yang peduli banget dengan bumi, hantaran dari The Body Shop® Indonesia ini juga bisa lho jadi solusi. Kenapa? Ini karena The Body Shop® Indonesia sendiri selama ini sudah dikenal sebagai sustainable beauty brand yang mana produk-produknya biasanya dikemas dengan bahan yang bisa dipakai berulang. Jadi, hantaran yang nanti kamu pilih pun akan dikemas dengan bahan yang bisa dipakai berulang. Selain itu, produk-produknya sendiri terbuat dari bahan dasar dan kemasan yang sustainable. Kamu tinggal Create Your Own Gift dari produk-produk The Body Shop®.


Menariknya lagi, bila kita membeli paket Create Your Own Gift dari The Body Shop® Indonesia, kita juga turut membantu pembangunan Green Library di Makassar, Kupang dan Lombok. Tujuannya, agar semakin banyak anak Indonesia yang mendapatkan akses membaca buku dan meningkatkan literasi. Perpustakaan ini juga dilengkapi dengan recycled furniture yang berasal dari kemasan kosong yang konsumen The Body Shop® kembalikan melalui program Bring Back Our Bottles dalam ranga kampanye #KerenTanpaNyampah.


Aryo Widiwardhono


Aryo Widiwardhono, CEO The Body Shop® Indonesia menyampaikan bahwa di momen yang spesial ini, The Body Shop® Indonesia ingin mengajak kita semua untuk memaknai istilah 'The Gifts that Keep on Giving'. Maksudnya adalah sebuah hadiah itu bukan hanya sesuatu yang terlihat dari bentuk fisiknya saja, tapi juga bagiamana hadiah tersebut bisa memberikan arti yang lebih mendalam lagi. Dia bisa memberi kebahagiaan, bantuan untuk meraih mimpi, dan juga kontribusi untuk semesta yang terus berkelanjutan. 


"Dengan pilihan gift yang sustainable dan dukungan kita semua untuk meningkatkan literasi serta membangun Green Library, Ramadan tahun ini lebih spesial maknanya karena kita bisa berbagi kebaikan bukan hanya kepada keluarga dan sahabat tercinta, tetapi juga kepada sesama dan semesta," tambah Aryo Widiwardhono.


Produk Ramah Lingkungan sebagai Gift Lebaran

Berdasarkan hasil survey konsumen global yang dirilis oleh Rolan Berger and Potloc pada tahun 2020 dan 2021 berturut-turut, konsumen menginginkan produk yang bisa memberikan value for money dan juga kualitas serta durabilitas yang lebih. Selain itu, produk serta kemasan yang lebih sustainable dan ramah lingkungan juga menjadi top of mind mereka. That's why, The Body Shop® Indonesia pun berinisiatif untuk turut serta menjaga keberlanjutan terhadap lingkungan, baik dari langkah-langkah yang dilakukan untuk mengurangi limbah dan polusi sampah plastik sekali pakai, hingga ajakan kepada konsumen dan masyarakat luas untuk selalu peduli dengan kelestarian lingkungan.


Ratu Ommaya


Head of Values, Community and PR The Body Shop® Indonesia, Ratu Ommaya, menjelaskan, "The Body Shop® kembali menghadirkan gift  yang isinya dapat dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan orang-orang yang kita cintai, dan menandakan bahwa kita tahu apa yang mereka suka. Tentu saja, di tahun ini, kami juga hadir dengan kemasan gift yang sustainable. Dimana semua bahannya dapat digunakan kembali, terlihat lebih cantik dan juga menjadi partisipasi aktif kita dalam melestarikan alam semesta."


"Koleksi gift  kami tersedia mulai dari harga Rp79.000 hingga Rp1.239.000 dan dapat dibeli di store terdekat, melalui WhatsApp, https://www.thebodyshop.co.id/ramadan-hampers/create-your-own, dan mobile app. Untuk kartu ucapan pun kali ini telah kami sediakan secara khusus. Kartu ucapan ini terdapat bibit tanaman di dalamnya sehingga bisa ditanam. Jadi, tidak ada kemasan yang terbuang menjadi sampah," lanjut Ratu Ommaya. 


Iqbaal Ramadhan


Menanggapi inisiatif ini, Iqbaal Ramadhan, seorang aktor, musisi, dan mahasiswa mengatakan bahwa Ramadan selalu memiliki makna spesial bagi dirinya karena selalu berkaitan dengan berbagi kebaikan. Sayangnya, tahun ini menjadi tahun yang berbeda bagi Iqbaal karena dia harus menempuh studi di Melbourne dan merasakan Ramadan sendiri tanpa teman atau keluarga yang menemani. Bahkan, ketika Lebaran nanti pun, dia harus terpisah jauh dari keluarga dan rekan-rekannya. 


Meskipun jarak memisahkan, tapi bukan berarti ekspresi cinta dan perhatian harus berhenti. Salah satu cara untuk mengekspresikan cinta dan perhatiannya, yaitu dengan memberikan hantaran untuk mereka. Iqbaal sendiri sangat sepakat dengan ide yang diusung oleh The Body Shop® untuk menyediakan gift yang ramah lingkungan. Dengan cara ini, dia bisa turut serta membagikan rasa cintanya kepada orang terkasih, sesama, dan semesta. Oleh karena itu juga, Iqbaal menyambut kolaborasi baik ini antara The Body Shop® Indonesia dengan dirinya.


Program Kemitraan The Body Shop® dengan Taman Baca Pelangi

Melalui program kemitraan The Body Shop® dengan Taman Baca Pelangi, The Body Shop® ingin mengajak kita semua untuk berbagi kepada sesama. Program yang diselenggarakan ini merupakan program peningkatan literasi dan kepedulian kehidupan yang berkelanjutan sejak dini, serta pembangunan perpustakaan yang mengusung konsep Green Library di Makassar, Lombok, dan Kupang. Program ini berlangsung mulai dari 24 Maret kemarin hingga 18 Mei 2022. Kita bisa berpartisipasi dengan melakukan donasi di kasir pada gerai The Body Shop®, melalui official website, dan juga apps The Body Shop®. Bentuk dukungan lain yang bisa kita lakukan adalah dengan mengembalikan kemasan botol bekas The Body Shop® ke store terdekat.

Menurut Ratu Ommaya, dukungan ini lahir dari sebuah pemikiran bahwa kebiasaan membaca, terutama pada anak, dapat mendorong hidup yang berkelanjutan. Sayangnya, tingkat literasi Indonesia di dunia termasuk rendah, yaitu di posisi 62 dari 70 negara. Survei ini dilakukan oleh Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) pada tahun 2019. Bentuk dukungan yang dilakukan oleh The Body Shop® Indonesia dalam mendukung konsep Green Library ini adalah dengan membuatkan furniture dari kemasan botol kosong pada program Bring Back Our Bottle yang telah dimulai dari tahun 2021 lalu sebagai bagian dari komitmen #KerenTanpaNyampah.


Nila Tanzil



Nila Tanzil, Founder & Executive Director Taman Bacaan Pelangi juga mengungkapkan bahwa beliau sanga bangga bisa menjadi Impact Partner The Body Shop® Indonesia dalam usaha membangun Green Library untuk digunakan oleh anak-anak di kawasan Indonesia Timur, terutama di Makassar, Lombok, dan Kupang. Taman Bacaan Pelangi sendiri telah mendirikan 145 perpustakaan anak dan memberikan akses buku bacaan kepada lebih dari 34.000 anak yang berusia 5-13 tahun dengan menyediakan lebih dari 250.000 buku bacaan anak dan telah memberikan pelatihan kepada lebih dari 5.000 guru di Indonesia Timur.

Setipa perpustakaan Taman Bacaan Pelangi memiliki minimal 1.250 hingga 3.000 buku cerita anak-anak. Rencananya, Green Library ini akan dibangun di 3 Sekolah Dasar yang berada pada kota-kota tersebut. Lokasi ini dipilih atas dasar Indeks Aktivitas Literasi Membaca (Alibaca) Nasional yang diluncurkan oleh Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2019, berada di provinsi yang masuk ke dalam kategori rendah.

Iqbaal juga mengaku sangat senang dengan adanya program donasi yang mendukung literasi dan kepedulian lingkungan sejak dini pada anak ini. Program ini jadi semakin kuat dengan adanya komitmen untuk terus berbagi kebaikan kepada sesama, tidak hanya ke orang-orang yang kita cintai, tapi juga ke adik-adik yang ingin mewujudkan mimpinya ini. Untuk itu, Iqbaal ingin mengajak kita semua untuk berpartisipasi aktif dalam melakukan aksi nyata untuk greener and more meaningful Ramadan untuk sesama dan juga semesta. Banyak kebaikan yang ditebar dalam program Ramadan The Body Shop® ini.

Comments

  1. Aku pelanggan setia TBS nih, terutama rutin pake body butternya. Selain wanginya enak juga cocok banget melembabkan. Reputasi TBS yang environmental friendly juga udah terkenal

    ReplyDelete
  2. Berbagi dengan cara yang ramah lingkungan salah satunya dengan hamper TBS ini, ya. Cantik dan sehat, deh

    ReplyDelete
  3. yeaay, selamat atas kehamilannya ya, mbak.. Btw, keren banget programnya The Body Shop ini, selain mengajak untuk peduli dengan sesama, kita juga diajak untuk peduli dengan semesta. Kepedulian terhadap lingkungan dan gerakan literasi memang kudu ditanamkan sejak dini.

    ReplyDelete
  4. Seelalu saluuutt dgn terobosan ala The Body Shop
    bener2 paham gimana cara berkontribusi utk planet Bumi yg makin lestari.
    Seneng banget yaa kalo kebijakannya kayak gini.

    ReplyDelete
  5. Senangnya kalau sepanjang ramadan dan lebaran dapat produk ramah lingkungan dan berkualitas seperti TBS ini

    ReplyDelete
  6. Selamat untuk kehamilannya ya, Mbak..Semoga sehat selalu semua hingga nanti.
    Senangnya jika ada pilihan hampers yang ramah lingkungan seperti dari The Body Shop ini, apalagi bermisi banyak kebaikan yang ditebar dalam programnya.

    ReplyDelete
  7. Suka banget dengan wewangian dari The Body Shop, selain bahan-bahannya natural, ada tujuan di balik produk-produknya untuk menyejahterakan masyarakat sekitar tempat bahan baku. Kalau untuk dipakai sendiri gak masalah tapi kalau buat hampers hmmm agak boros juga kayaknya :)

    ReplyDelete
  8. Produknya memang keren ya apalagi idenya berbagi kebaikan seperti yang dilakukan saat ini. Dapat cantiknya, dapat amal kebaikan dan dapat ramah lingkungannya.

    ReplyDelete
  9. The Body Shop ini memang terkenal dengan program-program cinta lingkungannya ya. Seru kalau liat hampers2nya TBS, memang cantik-cantik dan tentu membuat penerimanya jadi ikut bahagia :)

    ReplyDelete
  10. Lebaran identik dengan salaman, ketemu, silaturahmi. Tapi kalau berjauhan, cuma kirim pesan sama video call aja rasanya gak sreg ya. Dengan mengirimkan hampers terbaik seperti dari Body Shop ini insyaallah lebih bermanfaat ya

    ReplyDelete
  11. Barakallah atas kehamilannya mbak. Belum pernah coba produknya The Body Shop, tapi banyak yag review bagus dan ramah lingkungan. jadi wishlist product

    ReplyDelete
  12. Galfok ada si Iqbal hehe. Btw The Body Shop ini memang brand kece yang selalu punya cara bikin customernya happy ya. Nggak cuma karena kualitas produknya, tetapi juga campaign2nya yang menyejukkan hati.

    ReplyDelete
  13. Hampers lebaran emang sekarang lagi tren, ya. Ada pilihan dari TBS gini bikin ngasih hampers jadi lebih ramah lingkungan, menyenangkan dan mudah.

    ReplyDelete
  14. Ternyata paket hampers nya lumayan terjangkau dan bisa disesuaikan ya. Omong2 soal campaign-nya, keren nih, TBS. Saya tuh suka salut sama brand yang peduli sama lingkungan.

    ReplyDelete
  15. Cantik banget bingkisan hampers dari The Body Shop.
    Selain menambah kesenangan, juga tetap konsisten menjaga lingkungan.
    Terimakasih The Body Shop.

    ReplyDelete
  16. memasuki minggu ke tiga ramadan kayaknya paket hampers sudah mulai berdatangan ya, mbak. bagus banget nih kampanye the body shop ini bikin hampers lebaran yang ramah lingkungan dan harganya juga cukup terjangkau

    ReplyDelete
  17. Lebaran emg identik dg hampers kue dan makanan. But, kita bisa kasih hampers yg berbeda dg produk the body shop ini. Terlebih, ramah lingkungan! 😍

    ReplyDelete
  18. ih seneng bangeeettt dapat hampers dari Body Shop, suka sama brand ini karena membumi dan customer-oriented jadi pelanggan pun loyal dan nggak mau berpaling dari TBS.

    ReplyDelete
  19. Produk nya ramah lingkungan yah, salut deh disaat bxk yg bikin produk gak ramah lingkungan saat ini. Jd pengen ngasih buat hampers lebaran

    ReplyDelete
  20. Barokalloh atas kehamilannya...keren program body shop ini. Jadi lebaran bisa berkirim hampers yang ramah lingkungan

    ReplyDelete
  21. Wahh kampanyenya beneran bikin aku kagum sama The Body Shop. Bukan cuma memberi manfaat untuk individu, tetapi juga pada lingkungan dan semesta.
    Selamat untuk kehamilannya ya, Mbak.

    ReplyDelete
  22. Mbak, selamat yaa...sehat-sehat bumil dan debay yaa. Btw, hampers the body Shop ini keren banget ya Mbak? speechless daku ada paper berisi spinach seed, idenya itu lho out of the box. Pastinya keluarga yang diberi hampers ini bakalan happy.

    ReplyDelete
  23. Selamat utk kehamilannya mba.
    Semoga lancar dan sehat selalu.
    Semoga kegiatan TBS ini diikuti langkahnya oleh yang lainnya. Karena bagus sekali programnya

    ReplyDelete
  24. Hampersnya menarik, ramah lingkungan, ada program donasi untuk kemajuan literasi Indonesia juga. Sempurna.

    ReplyDelete
  25. TBS pilihanku sejak sekolah Mba. Keren ya makin ke sini. Gak salah pilih kok... hehehe

    ReplyDelete
  26. Keren banget the Body Shop, yang membangun Green Library. Asli aku baru tahu. Seneng deh kalau produk kecantikan peduli juga terhadap lingkungan dan sosial. Mengingat kemasan produk-produk kecantikan menggunakan plastik.

    ReplyDelete
  27. Aku pengguna produk The Body Shop juga, nih, suka banget sama lotion dan hand cream-nya. Memang The Body Shop ini selalu terdepan dalam inovasi kepeduliannya terhadap lingkungan, ya. Aku happy banget dengan adanya program Bring Back Our Bottles ini, tapi seringnya lupa mau bawa botol bekasnya kalo pas lagi nge-mall, padahal sudah banyak di rumah, hehe.

    ReplyDelete
  28. wah kaget iqbal jadi gondrong gitu ya mbak lely. seneng banget kaum hawa kalau dikasih hampers kaya gini, akupun mau. eh

    ReplyDelete
  29. wah sekarang Hampers memang lagi menjamur ya. ga cuma makanan tapi juga bisa produk atau items yang lain termasuk produk TBS ini. emang produknya udah ga diragukan lagi, mana punya inovasi buat menggandeng yang lainnya. Keren nih. Mau dong dapat hampers daari TBS hihi

    ReplyDelete