Assalamu'alaikum!

Perkenalkan, nama saya Aprilely Ajeng Fitriana. Kalian bisa panggil saya Lelly. Saya lahir di Malang pada tanggal 22 April 1991. Saat ini, saya tinggal di Bogor bersama suami dan anak saya. Blog ini adalah tempat saya mencurahkan segala pemikiran saya dari berbagai peristiwa. Bagaimana saya menghadapinya dan apa saja hikmah yang saya peroleh.

Jaga Pencernaan Anak untuk Tumbuh Kembang yang Optimal

Jan 30, 2023

Kesehatan pencernaan anak


Orang tua mana sih yang nggak mau anaknya tumbuh dan berkembang secara optimal? Akupun begitu. Topik ini juga selalu jadi perhatianku sejak hamil anak-anak dulu. Ini harus diapain sih biar tumbuh kembangnya optimal. 


Waktu hamil anak kedua, jujur, ada banget worry-nya. Kalau anak pertama kan aku bisa fokus urus dia. Misalnya aku ada kerjaan juga waktunya disesuiain sama waktunya dia. Begitu mau launching anak kedua pas kakaknya masih toddler dan lagi aktif-aktifnya, siapa sih yang nggak khawatir?


"Bisa nggak ya anak kedua dapat nutrisi dan stimulus yang minimal sama baiknya kaya kakaknya dulu?"


Ini sebetulnya gara-gara ayah mertuaku juga sih yang bilang kalau adik iparku tuh beda sama suami. Katanya sih karna ibu mertuaku nggak punya waktu sebanyak waktu handle suamikku waktu bayi dulu. Fokusnya udah kepecah sama banyak hal. Jadi yaaa gitu deh.


Nah, aku nggak mau kaya gitu.


1000 Hari Pertama Kehidupan


Kesehatan pencernaan anak


1000 hari pertama kehidupan itu dimulai dari awal kehamilan sampai anak berusia 2 tahun. Para pakar bilang kalau 1000 hari pertama kehidupan adalah point penting yang utama. Ini yang jadi kunci gimana sih nanti masa depan anak. Baik dari sisi fisik sampai ke kognitifnya. 


Belajar dari anak pertama dulu, banyak hal yang aku benahin sedari hamil anak kedua ini. Aku belajar lagi, benerin asupan nutrisi, sampai ke fisik dan mental pun aku perhatiin betul-betul. Itu semua karna ibu dan janinnya kan saling terkoneksi lahir batin ya. Apa yang dirasain ibu, dirasain janin juga. Apa yang dikonsumsi ibu, juga akan dikonsumsi janin. 


Awareness ini ternyata ngaruh ke segalanya. ASI-ku keluar waktu trimester ketiga, aku lebih siap dan legowo waktu melahirkan, moment meng-ASI-hi juga jadi jauh lebih mudah. Kaya semuanya gampang aja gitu. Meski demikian, aku sadar kalau aku baru masuk sepertiga jalan dari 1000 hari pertama kehidupan anak. Masih ada perjalanan lain yang perlu disiapkan.


Faktor Penting di 1000 Hari Pertama Kehidupan

Kesehatan pencernaan anak


Ada beberapa hal yang masih jadi PR-ku untuk nemenin anak kedua ini. Ada faktor penting yang tentunya nggak boleh aku lewatin supaya tumbuh kembang anakku bisa optimal. Faktor penting ini adalah nutrisi, genetik dan mikrobiota usus.


Kalau faktor genetik, ini udah takdir Allah yang nggak bisa diubah. Kita tinggal ikhtiar untuk meminimalisir yang buruk dan maksimalkan yang baik. Kalau nutrisi, ini bisa diupayakan dari hamil, menyusui, sampai anak makan makanan padat sendiri. Faktor ketiga yang nggak kalah penting dan jarang orang ngeh soal ini adalah mikrobiota usus. 


"Emang apa sih mikrobiota usus ini?"


Ini adalah bakteri yang menempati usus. Ada banyak jenisnya. Ada bakteri, virus, archaea, eukaryo, dan lain sebagainya. Mikrobiota usus ini harus seimbang karna dia amat berpengaruh pada penyerapan nutrisi, metabolisme, sampai daya tahan tubuh anak.


Faktor Mikrobiota Usus di 1000 Hari Pertama 

Kesehatan pencernaan anak


Perkembangan mikrobiota usus ini ternyata dipengaruhi oleh kondisi pencernaan ibu selama hamil juga. Ibu hamil yang memiliki mikrobiota yang sehat, ini jadi hadiah perlindungan terbaik untuk anak di 1000 hari pertamanya. Sayangnya nih, nggak semua ibu hamil punya kandungan bakteri baik di dalam ususnya. Jadi, ini memang perlu diupayakan selama masa kehamilan.


Tidak hanya saat hamil saja. Prosesi persalinan juga mempengaruhi proses transfer bakteri baik ke bayi. Pada bayi dengan proses lahiran normal, dia akan mendapatkan transfer bakteri baik melalui vagina saat proses persalinan terjadi. Ini yang tidak didapatkan ketika bayi lahir Caesar. Bayi yang lahir Caesar atau tidak melewati vagina saat proses persalinan, dia punya bakteri baik yang jumlahnya masih sedikit. Ketidakseimbangan ini, parahnya bisa terjadi hingga 7 tahun.


Ini yang jadi kekhawatiranku juga. Di anak pertama, ini lumayan ngaruh. Anak jadi rentan alergi. Ini makin menjadi karena memang ada faktor genetik juga. Begitu lahir anak kedua dengan proses Caesar, hal yang sama berulang. Di hari keduanya, anakku mulai alergi lagi. Badannya merah-merah.


Aku kasih ASI, terus membaik. Nggak lama kemudian, keluar jerawat kecil-kecil. Setelah jerawat mereda, muncullah eczema. Hmmm.. sungguh PR. Aku mesti diet ketat protein yang memang jadi pemicu alergi. Ini agak kontradiktif juga. Satu sisi, aku butuh banyak protein untuk jaga produksi ASI dan mempercepat penyembuhan luka Caesar. Di sisi lain, anakku alergi. Asli, ini repot banget sih waktu itu.


Jaga Kesehatan Pencernaan Anak dengan Probiotik

Kesehatan pencernaan anak


Ini bukan kali pertama menghadapi anak alergi. Anak pertamaku dulu juga demikian. Sampai akhirnya, aku ngeh kalau salah satu cara agar dia nggak terlalu sensitif dengan alergi adalah dengan cara mengkonsumsi Probiotik. Apa itu probiotik? Apa bedanya dengan Prebiotik?


Baiklah, aku jabarin di sini ya.



Probiotik dan Prebiotik


Probiotik itu bakteri hidup yang diberikan dalam jumlah yang adekuat. Bakteri ini dapat memberikan efek kesehatan mikroflora saluran cerna (WHO 2002). Sedangkan Prebiotik, ini merupakan makanan probiotik yang tidak dapat dcerna oleh enzim pencernaan. Tapi, dia mampu memicu aktivitas dan pertumbuhan yang selektif terhadap bakteri penghuni kolon. Prebiotik ini pada umumnya adalah karbohidrat, contohnya oligosakarida atau fructooligosaccharide (FOS). Nah, gabungan antara Probiotik dan Prebiotik ini disebut sebagai Sinbiotik (Eubiotik). 



Manfaat Probiotik


Bakteri baik yang ada di usus itu bisa memberikan manfaat kesehatan dengan cara menstimulasi sistem imun, melawan toxin, alergen dan mikroorganisme berbahaya, dan membantu proses pencernaan. That's why, aku kasih Probiotik ke anakku dengan harapan, bukan hanya alerginya saja yang membaik, tapi imunnya juga bisa ikut meningkat dan pencernaannya juga ikut sehat. Kalau saluran cernanya sehat, makan juga jadi lebih enak kan.


Probiotik juga bisa digunakan supaya anak terhindar dari aneka rupa gangguan pencernaan. Seperti, diare , konstipasi (sembelit) , sakit perut , kembung , kolik pada bayi (tangisan berlebih) , gumoh pada bayi (regurgitasi). Kalau si kakak lagi alami salah satu dari yang di atas, aku juga pakai Probiotik untuk terapi penyembuhannya.



Memilih Probiotik 


Probiotik itu bukan obat ya. BPOM mengkategorikannya sebagai suplemen makanan. Ini banyak banget merk yang klaim kalau produknya mengandung probiotik. Sayangnya, nggak semuanya memenuhi standar WHO untuk disebut sebagai probiotik.


Syaratnya apa aja sih kalau menurut WHO?


• Berasal dari manusia

• Dapat tumbuh dan bertahan di mukosa saluran cerna

• Tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu

• Menghasilkan zat antimikroba

• Mampu melawanmikroorganisme jahat (pathogen)

• Terdokumentasi penelitian klinis yang baik


Bakteri baik yang dikategorikan sebagai probiotik menurut WHO itu salah duanya ada Lactobacillus dan Bifidobacterium. 


Salah satu Probiotik yang memenuhi standar WHO dan sudah tersertifikasi BPOM adalah Interlac Drops.



Interlac Drops


Interlac Drops ini bisa dikonsumsi mulai dari bayi sampai anak usia 2 tahun. Cara konsumsinya mudah, tinggal tetesin aja ke mulut anak. Dosisnya 5 tetes per hari atau sesuai dengan anjuran dokter. Penggunaan Interlac ini dapat digunakan setiap hari dan jangka panjang karena dia bukan obat, melainkan suplemen. Dengan begitu, saluran cerna dan daya tahan tubuh jadi lebih terjaga. Oya, Interlac ini bisa dikonsumsi baik sebelum atau sesudah makan.


"Aman nggak sih?"


Yes, I know. Abis rame isu gagal ginjal akut misterius pada anak ini jadi worry kalau kasih suplemen atau obat dalam bentuk sirup. Tapi, tenang aja. Interlac drops ini mengandung bakteri baik Lactobacillus reuteri DSM 17938 dan bukan tergolong

dalam sediaan sirup dan tidak menggunakan bahan pelarut seperti produk sirup pada umumnya yang berpotensi mengandung cemaran EG dan DEG. Selain itu, Interlac Drop juga sudah diperkuat dengan Surat Keterangan BPOM yang menyatakan Interlac bebas dari EG dan DEG dan cemaran berbahaya lainnya. Jadi, nggak perlu worry lagi deh.


Meskipun sudah dipastikan aman sama BPOM nih, kita masih tetap harus waspada dengan produk palsu yang beredar di luaran sana. Termasuk, ketika ingin membeli Interlac Drops. Pastikan belinya di Interbat Official Store di e-commerce kesayangan, atau secara offline di baby shop, viva health, watsons, guardian dan apotek terpercaya. Atau, bisa juga beli melalui https://linktr.ee/interlacprobiotics


Kesimpulan


Kesehatan pencernaan anak sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Pencernaan yang sehat, bukan hanya mampu menyerap nutrisi dengan baik, tapi juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh pada anak. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan pencernaan ini ya dengan konsumsi Interlac Probiotics yang sudah teruji klinis dan punya sertifikasi BPOM.


Comments

  1. Wih baru tau aku, bisa dikeep nih tips and trick.y apalagi pas udah ounya anak nantinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah ditelusuri lagi, pencernaan bayi itu sangat pentimg trnyata buat tumbuh kembangnya, mesti banyak belajar sih biar nantinya bisa ngerti tetek bengek tumbuh kembang anak yg optimal

      Delete
  2. Anakku lahir dengan proses caesar dan sejak bayi memang bermaslah dengan pencernaanya baru tahu banget tentang Probiotik untuk menjaga saluran cerna anak supaya asupan nutrisi yang masuk ke tibuh anak dapat terserap dengan baik dan tumbuh kembangnya jga baik

    ReplyDelete
  3. Rasanya senang sekali kalau melihat anak itu sehat secara jasmani dan rohani, apalagi kalau nafsu makannya baik. Kalau pencernaannya terganggu hal ini pasti akan sulit didapatkan. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, betul banget. Puyeng kalau anak gamau makan tuh.

      Delete
  4. Menjadi orang tua itu memang sebuah tanggung jawab & kepercayaan yang besar sekali ya, Kak. Moga si Kecil sehat selalu.

    ReplyDelete
  5. Punya anak kedua khawatirnya banyak juga ya. Selain apakah bisa memberi kasih sayang yang sama untuk kedua anak, juga apakah bisa tetap memberi stimulus serta asupan gizi sebaik anak pertama.

    Alhamdulillah untuk urusan probiotik mah udah punya merk kepercayaan ya, aman untuk bayi dan balita. Bahkan memang sebaiknya dikonsumsi sejak hamil supaya jadi bekal kesehatan anak kelak ya 😃

    ReplyDelete
  6. Kesehatan pencernaan anak itu penting banget
    Karena garda terdepan dalam menjaga data tahan tubuh anak
    Makanya penting banget konsumsi probiotik

    ReplyDelete
  7. Setuju banget mba.. karena pencernaan yang sehat sangat menunjang kesehatan dan tumbuh kembang anak menjadi lebih baik, salah satunya dengan konsumsi interlac drops

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah kalau aman, aku kadang masih suka parno sama obat2an cair karena isu kemarin. Sampai2 obat2 cair yang ada di rumah kubuangin dulu. Beruntung Interlac Oral Drops ini aman dari cemaran sehingga ibu-ibu nggak perlu khawatir lagi nih siap sedia probiotik ini di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama banget mbak. Tapi ini aman kok mbak. No worry anymore

      Delete
  9. Bener banget inii mbaa aku salah satunya yang akhirnya anak kukasih probiotik pas pandemi kemarin, usianya baru 2 tahun, alhamdulillaah sehat2 emangg dan lebih fit dianyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau pencernaan sehat kan lainnya juga ikut sehat.

      Delete
  10. Wah pasti deg degan banget ya mba hamil anak ke dua pas anak ke dua lagi masa toodler dan lagi aktif aktifnya 😍. Sama aku juga mba pas punya anak ke dua belajar lagi ilmunya. Termasuk baru tahu juga tentang probiotik

    ReplyDelete
  11. aman yah mba konsumsi probiotik untuk bayi dan ibu hamil, semoga aku bisa rutin memberikan interlac drop pda anak-anakku

    ReplyDelete
  12. Konsumsi probiotik dgn Interlac drops tuh bener2 praktis ya Mba, ga pake drama deh waktu kasih ke anak karena rasanya plain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.. kalau ada rasanya kan kadang anak gak suka rasanya ya. Jadi ya gitu deh

      Delete
  13. aku baru tahu sih tentang pentingnya probiotic ini, dan senangnya kalau sudah produk yang terjamin keamanannya untuk si kecil ya :) apalagi bisa memenuhi kebutuhan tumbuh kembangnya di 1000 hari pertama.

    ReplyDelete
  14. Ternyata salah satu cara memperbaiki pencernaan anak dengan probiotik seperti interlac ini ya. Kadang memang hal-hal semacam ini perlu diperhatikan ekstra, karena seringnya kita sebagai orangtua belum sadar atau paham sekali dengan aneka gangguan yang mungkin timbul di tubuh anak, terutama anak bayi dan balita.

    ReplyDelete
  15. Samaan nih, anakku juga pake interlac. Apalagi sekarang kalau buat usia sekolah ada yang Interlac + Vit. D ya

    ReplyDelete
  16. Paling gak tega kalo pencernaan anak udah bermasalah, jadi rewel, nangis, dan parahnya jadi gak mau minum susu atau makan

    ReplyDelete
  17. Pernah beberapa baca review tentang ini cuma masih ragu apakah aman ya untuk anak?Apa perlu rekomendasi dokter ya untuk konsumsi nya

    ReplyDelete
  18. ternyata sama ya worry-nya mba menjelang anak kedua lahir.. hehe.. semangaatt.. semoga kita tetap bisa ngasih yang terbaik untuk anak-anak.. salah satunya dengan suplemen interlac 😇

    ReplyDelete
  19. sepakat mbak, kesehatan pencernaan itu pengaruh ke tumbuh kembang anak lo, karakter tiap anak beda juga sih, saat anak masih mp asi, saya coba bertahap, ilmunya lebih paham saat anak kedua sih, jadi lebih paham kondisi pencernaan anak

    ReplyDelete
  20. 1000 hari pertama kehidupan anak memang harus didukung sejak kehamilan ya. Juga suplemen jika dibutuhkan sesuai anjuran dokter.

    ReplyDelete
  21. Iya penting banget menjaga tumbang anak pada usia 1000 hari pertama ini. Makanya sekarang lagi giat digaungkan oleh posyandu-posyandu

    ReplyDelete
  22. Terimakasih sharingnya, wah trnyta perlu mmpersiapkn dn memilih probiotics u/ keshtan ibu dn anak ya...saya banyak belajar dr artikel inj

    ReplyDelete
  23. Emang tantangan sediri sih bagi bunda untuk menjada buah hati. Rasa takut pasti ada ketika si kecil mengalami suatu kendala. Pencernaan yang rentan jadi PR tersendiri. Tapi bersyukur nemu blog ini bisa jadi pengetahuan lebih bagi saya.

    ReplyDelete
  24. Dari artikel ini ternyata baru sadar kalau probiotik alias bakteri baik memang penting dan bisa membantu pencegahan beragam penyakit ya, Mbak.
    Aku juga alergi nih sejak bayi dan nurun ke anak. Berarti penting konsumsi probiotik untuk dewasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terutama yang punya potensi alergi nih, pemenuhan probiotik pada tubuh harus dijaga yaa... Alhamdulillah sudah ada Interlac, jadi bisa diberikan sejak bayi.

      Delete
    2. Iya, bisa juga dirutinin konsumsi probiotik

      Delete
  25. Dengan menjaga kesehatan cerna anak juga memberikan anak untuk tumbuh sehat dan explore lebih banyak hal di masa-masa emas tumbuh kembang anak bersama Interlac Drops yang memiliki kandungan probiotik.

    ReplyDelete
  26. dulu, saat baru menikah dan anak masih belum lahir, banyak buku tentng persiapan dan segala hal menjadi ibu. Ternyata nggak semudah itu, Apalagi kalau sudah melihat anak kena maslaah pencernaan, cemasnya minta ampun. Dulu belum paham tentang probiotik ini.

    ReplyDelete
  27. Terimakasih mbak ilmunya, kasihan ya kalau dedek bayi ngalami masalah perut entah kembung atau diare. Oh iya mbak pemberian interlac bisa diberikan bayi mulai usia berapa mbak?

    ReplyDelete
  28. penting banget menjaga sistem pencernaan si kecil tetap sehat supaya tumbuh kembangkan tidak terganggu, syukurlah ada interlac ini yang aman untuk dikonsumsi anak-anak ya...

    ReplyDelete
  29. MasyaAllah, trimester 3 ASI sudah keluar ya Mbak, berkat aware dengan nutrisi sejak awal masa kehamilan ya.
    Interlac drops ini bukan sirup ya, jadi amanlah ya untuk jaga kesehatan pencernaan anak karena emang benar, kalau kesehatan cernanya ya baik, maka InsyaAllah anak juga jadi sehat, terutama penting banget memikirkan kesehatan cernanya di 1000 hari pertama ya. :)

    ReplyDelete
  30. Perlu dicoba juga ya interlac ini untuk anak2 mengingat banyak sekali manfaatnya. Nggak berasa ya mbak Lelly udah ada baby lagi...semoga sehat2 ya mbak anak2 gemes masya Allah...

    ReplyDelete
  31. Jadi concern para orangtua nih untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kesehatan anak secara keseluruhan berawal dari pencernaan yang baik.

    ReplyDelete
  32. sistem pencernaan ini memang termasuk penting banget ya di tubuh kita. aku juga nih lagi ikhtiar buat memberi anak probiotik biar sistem pencernaan mereka lebih bagus lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbaa, aku pernah baca ada dokter yang nulis bahwa perut adalah otak kedua jadii yang termasuk organ penting yangharus dijaga dan diberi tambahan nutrisi

      Delete
    2. Iya mbak, emang penting banget. Kalau pencernaan sehat, lainnya juga sehat

      Delete
  33. Interlac memang luar biasa ya mba.
    Sahabat utk para ortu Indonesia
    Keren bgt

    ReplyDelete
  34. Naah ini, aku baru tahu kalau kita ternyata bisa memberikan probiotik untuk bayu kita. Dahulu ketika anak-anak masih bayi hal yang paling sering terjadi dan membuat bobot anak susut drastis adalah mengalami diare.

    Tentu hal ini bisa dihindari kalau tahu begini, dan lagi sepertinya penyerapan nutrisi jafi lebih optimal ya?

    ReplyDelete
  35. Jadi catatan tersendiri ya.. untuk orangtua mengenai 1000 HPK ananda.
    Karena fase yang bisa dibilang sangat penting untuk pembentukan berbagai organ vital dan sekaligus tetap memberikan probiotik yang bagus untuk kesehatan cerna pada bayi.

    ReplyDelete
  36. Gak cuma orang dewasa, anak-anak pun sebaiknya dipantau kesehatan pencernaannya. Apalagi mereka belum bisa memberi keluhan, maka orang tua yang harus telaten memperhatikan apabila ada gangguan pada buah hatinya.

    ReplyDelete
  37. Kesehatan pencernaan memengaruhi tumbuh kembang anak, karenanya Probiotik yang memenuhi standar WHO dan sudah tersertifikasi BPOM seperti Interlac Drops perlu dikonsumsi

    ReplyDelete
  38. Kesehatan saluran pencernaan itu penting banget bagi anak
    Agar anak bisa tumbuh optimal
    Makanya perlu konsumsi probiotik ya mbak

    ReplyDelete
  39. Saya akhirnya sadar bahwa sumber semua hal ini adalah pencernaan dan kita perlu memperhatikan bagian penting dalam mendukung tumbuh kembang anak ini

    ReplyDelete
  40. 1000 Hari Pertama Kehidupan memang penting banget sebagai basic tumbuh kembangnya anak apalagi usia itu adalah periode Golden Age anak, tapi yang juga penting adalah menjaga kesehatan pencernaan anak karena nutrisi yang maksimal berawal dari kinerja pencernaan yang optimal.

    ReplyDelete
  41. Untung ada Interlac ya...sangat membantu kesehatan pencernaan anak pada 1000 hari pertama kehidupannya.

    ReplyDelete
  42. aku sudah beberapa kali lihat beberapa teman yang kukenal menggunakan interlac nih, aku jadi ingin stok juga di rumah. betul banget nih di 1000 HPK adalah krusial banget buat awal tumbang anak

    ReplyDelete
  43. kebetulan keponakan di rumah juga menggunakan produk ini untuk kesehatan pencernaan, kata mamanya sih bagus

    ReplyDelete
  44. Punya anak kedua memang mendebarkan ya. Dan itu bikin kita deg degan. Bisa ga ya ngurus anak dua orang. Alhamdulillah ada probiotik yang bisa membantu sistem pencernaan anak. Ga khawatir lagi deh.

    ReplyDelete
  45. kasus anak kedua kita hampir sama mba, protein bikin dia alergi. Nanti saya cari tau lagi deh mengenai interlac drops ini.. mudah-mudahan cocok

    ReplyDelete
  46. Suplemen tetes seperti ini mudah dikonsumsi buat si kecil. Dan memang dibutuhkan ya Mbak. Kadang stres sendiri kalau anak susah makan dan sering sakit.

    ReplyDelete