Assalamu'alaikum!

Perkenalkan, nama saya Aprilely Ajeng Fitriana. Kalian bisa panggil saya Lelly. Saya lahir di Malang pada tanggal 22 April 1991. Saat ini, saya tinggal di Bogor bersama suami dan anak saya. Blog ini adalah tempat saya mencurahkan segala pemikiran saya dari berbagai peristiwa. Bagaimana saya menghadapinya dan apa saja hikmah yang saya peroleh.

Atasi Mual Saat Gosok Gigi Selama Hamil dengan Motherlove Gentle Toothpaste for Moms

Nov 16, 2022

pasta gigi ibu hamil



Kapan hari ada yang nanya ke saya begini, "Mbak Lel, hamil anak kedua ini mual-mual nggak sih?"

Jawabannya, iya banget. Kalau diingat-ingat, kayanya sih nggak ada bedanya morning sickness di kehamilan pertama dan kedua ini. Sama-sama suka mual dan muntah. Alhamdulillah, meski begitu masih lapar. Jadi, setelah muntah, biasanya saya akan cari makanan. Ceritanya isi ulang gitu.

Mual dan muntah ini tidak hanya saya alami saat pagi aja. Tapi juga setelah saya selesai makan. Kalau habis makan tuh, rasa makanan masih suka nempel di mulut. Karena saya pakai behel juga, sisa-sisa makanan juga kadang nyangkut di sana. Pada kondisi normal, kumur-kumur aja cukup. Tapi saat hamil ini lain, saya harus memastikan seluruh rongga mulut saya ini bersih dari sisa-sisa makanan.

Karena ini juga, selama hamil, saya selalu membawa sikat gigi dan pasta gigi kemanapun saya pergi. Jadi, kalau abis makan, bisa langsung ke kamar mandi untuk sikat gigi di toilet. Biasanya sih, setelah sikat gigi, mulut terasa jadi lebih segar dan nyaman. Nggak mual-mual lagi deh.


Pasta Gigi yang Aman untuk Ibu Hamil

gosok gigi



Berkaca dari kehamilan pertama yang banyak dramanya. Jujur, di kehamilan kedua ini, saya lebih banyak menjaga. Nggak secuek waktu hamil anak pertama dulu. Hamil sekarang ini, saya lebih rutin minum vitamin, madu, VCO, dan menjaga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Selain dari nutrisi, saya juga lebih berhati-hati dalam memilih produk yang saya gunakan. Baik itu untuk perawatan wajah, tubuh, maupun mulut. Nggak lucu kalau produk-produk yang saya pakai ini justru membahayakan janin yang saya kandung.

Termasuk, ketika saya memilih pasta gigi. Apalagi, selama hamil ini, frekuensi saya untuk sikat gigi jadi lebih sering dari sebelumnya. Pasta gigi yang saya gunakan juga harus aman dan tidak meninggalkan residu berbahaya. Dalam hal ini, saya memilih menggunakan Motherlove Gentle Toothpaste for Moms.


Review Motherlove Gentle Toothpaste for Moms

Nah, kali ini, saya mau cerita tentang pasta gigi andalan yang saya gunakan selama hamil ini. Sebelumnya, saya mau disclaimer dulu nih. Review ini berdasarkan pengalaman saya pribadi. Jadi, sifatnya sangat subjektif. Apa yang saya rasakan bisa jadi berbeda di orang lain. Jadi, kalau saya cocok-cocok aja dengan produk ini, belum tentu orang lain akan cocok juga.

Sampai sini paham ya? Kalau sudah paham, mari kita lanjutkan.

Kemasan

pasta gigi ibu hamil

Seperti pasta gigi pada umumnya, Motherlove Gentle Toothpaste for Moms ini dikemas dalam kemasan tube yang kemudian dimasukkan ke dalam kardus. Baik tube maupun kardusnya, mereka menggunakan warna yang sama, yaitu biru pastel. Tutupnya flip flop yang memudahkan kita untuk membuka dan menutup, tapi tetap aman. Di bagian tutupnya, ada segel yang perlu dikupas dulu kalau mau menggunakan untuk pertama kali.

Kemasan yang saya punya ini ukurannya 100g. Kalau untuk dibawa kemana-mana memang masih agak besar, tapi nggak terlalu makan tempat kok.

Saya harap sih, Motherlove mau mengeluarkan kemasan mini untuk traveling. Jadi, kalau ada ibu hamil seperti saya yang memang harus banget kemana-mana bawa sikat dan pasta gigi tuh bawanya jadi lebih ringkes gitu.

Tekstur



Pasta giginya berwarna putih bening. Eh, nggak bening juga sih. Gimana ya mendeskripsikannya. Kamu lihat aja deh fotonya. Hehehe...

Kalau kamu amati dari dekat, pasta gigi ini kaya ada bubble-bubble kecil di dalamnya. Jujur, baru kali ini lihat pasta gigi yang semacam ini. Kalau dari segi kepadatan, ini sama seperti pasta gigi pada umumnya.

Bahan

Motherlove Gentle Toothpaste for Moms ini terbuat dari 99% bahan alami dan organik yang tidak hanya aman, tapi juga punya banyak manfaat untuk kesehatan Gigi, Gusi dan Mulut. Bahan yang digunakan, antara lain sebagai berikut:
  • Ekstrak Eucalyptus, Sage dan Honey Propolis yang berfungsi untuk mencegah gigi berlubang
  • Ekstrak Aloe Vera dan Folic Acid yang merawat dan menenangkan gusi
  • Ekstrak Mint dan Green Tea yang menyegarkan nafas dan mencegah bau mulut
  • Xylitol yang membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang

Pasta gigi ini sudah terdaftar di BPOM juga. Jadi, dari segi keamanannya, ini bukan hanya klaim dari perusahaan saja, tapi sudah dijamin sama BPOM.
Aroma dan Rasa

Aroma dan rasa pasta gigi ini tuh manis. Ada kombinasi antara blueberry dan mint yang kasih efek manis dan segar di mulut. Rasa manisnya juga nggak berlebihan. Jadi, enak banget kalau dipakai sikat gigi.

Aturan Pakai

Cara pakainya mudah kok. Ini sama aja kaya kalau kita mau pakai pasta gigi lain. Kita tinggal basahin sikat gigi. Lalu, keluarkan pasta gigi sebesar biji kacang polong di atas sikat gigi. Selanjutnya, kita bisa mulai menggosok gigi selama menit.

Kalau sudah, kumur dan buang pasta gigi. Lakukan ini minimal 2 kali sehari, yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur.


Bisa Mengatasi Rasa Mual Nggak Sih?

Ini mungkin bagian yang paling ditunggu-tunggu tentang seberapa efektif produk ini dalam mengatasi mual saat hamil. Sebetulnya, jawaban dari pertanyaan ini tuh relatif karena penyebab mual pada ibu hamil juga bervariasi.

Saya sendiri merasa mual ketika setelah makan masih terasa sisa makanan di mulut. Jadi, setelah makan memang harus banget gosok gigi supaya nggak mual lagi. Alhamdulillah, rasa mual ini jauh berkurang setelah menggosok gigi. Tapi, apakah sepenuhnya hilang?

Jawabannya, tidak.

Seluruh area rongga mulut ketika makan pasti akan terkena makanan. Baik itu gigi, gusi, maupun lidah. Ada kalanya menggosok gigi saja tidak cukup untuk menghilangkan sisa makanan yang ada. Bagi ibu hamil yang sensitif terhadap rasa, seperti saya, ini jadi agak mengganggu.

Saya sendiri masih harus menggunakan mouthwash untuk menghilangkan seluruh rasa makanan yang masih menempel di mulut meski saya sudah menggosok gigi. Ini juga jadi concern saya karena tidak semua mouthwash yang ada dipasaran punya kandungan yang aman untuk ibu hamil.

Saya berharap Motherlove bisa punya mouthwash yang aman untuk ibu hamil juga. Sehingga, ini bisa jadi solusi untuk ibu hamil seperti saya.


Penutup

Oke, itu tadi review Motherlove Gentle Toothpaste for Moms yang sudah saya coba selama masa kehamilan ini. So far, saya suka dengan produk ini. Kalau dipakai sikat gigi juga nyaman. Tapi, ini akan lebih pas lagi dengan kebutuhan saya kalau dilengkapi dengan mouthwash juga. Semoga Motherlove bisa mengeluarkan tandemannya ya.

Nah, kalau kamu mau cobain juga produk ini kamu bisa langsung kepoin akun Instagram @motherlove_id untuk dapatkan info produknya. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pembelian melalui website resmi Motherlove atau e-commerce dan baby shop kesayangan kamu.

Comments

  1. Jadi inget cerita temen aku setiap pagi kalo sikat gigi pasti muntah,barangkali rasanya sama kaya yang mom rasakan ya,aku share ah ke dia biar coba pake sikat gigi ini,makasih ya,informasinya 🤗

    ReplyDelete
  2. Masyaa Allah, pas list tekstur.y wih keren deh, tapi ini kan produk yg concern ke ibu hamil, jd yg nggak hamil bisa jg nggak kak pake?

    ReplyDelete