Assalamu'alaikum!

Perkenalkan, nama saya Aprilely Ajeng Fitriana. Kalian bisa panggil saya Lelly. Saya lahir di Malang pada tanggal 22 April 1991. Saat ini, saya tinggal di Bogor bersama suami dan anak saya. Blog ini adalah tempat saya mencurahkan segala pemikiran saya dari berbagai peristiwa. Bagaimana saya menghadapinya dan apa saja hikmah yang saya peroleh.

Atasi Mual Saat Gosok Gigi Selama Hamil dengan Motherlove Gentle Toothpaste for Moms

Nov 16, 2022

pasta gigi ibu hamil



Kapan hari ada yang nanya ke saya begini, "Mbak Lel, hamil anak kedua ini mual-mual nggak sih?"

Jawabannya, iya banget. Kalau diingat-ingat, kayanya sih nggak ada bedanya morning sickness di kehamilan pertama dan kedua ini. Sama-sama suka mual dan muntah. Alhamdulillah, meski begitu masih lapar. Jadi, setelah muntah, biasanya saya akan cari makanan. Ceritanya isi ulang gitu.

Mual dan muntah ini tidak hanya saya alami saat pagi aja. Tapi juga setelah saya selesai makan. Kalau habis makan tuh, rasa makanan masih suka nempel di mulut. Karena saya pakai behel juga, sisa-sisa makanan juga kadang nyangkut di sana. Pada kondisi normal, kumur-kumur aja cukup. Tapi saat hamil ini lain, saya harus memastikan seluruh rongga mulut saya ini bersih dari sisa-sisa makanan.

Karena ini juga, selama hamil, saya selalu membawa sikat gigi dan pasta gigi kemanapun saya pergi. Jadi, kalau abis makan, bisa langsung ke kamar mandi untuk sikat gigi di toilet. Biasanya sih, setelah sikat gigi, mulut terasa jadi lebih segar dan nyaman. Nggak mual-mual lagi deh.


Pasta Gigi yang Aman untuk Ibu Hamil

gosok gigi



Berkaca dari kehamilan pertama yang banyak dramanya. Jujur, di kehamilan kedua ini, saya lebih banyak menjaga. Nggak secuek waktu hamil anak pertama dulu. Hamil sekarang ini, saya lebih rutin minum vitamin, madu, VCO, dan menjaga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Selain dari nutrisi, saya juga lebih berhati-hati dalam memilih produk yang saya gunakan. Baik itu untuk perawatan wajah, tubuh, maupun mulut. Nggak lucu kalau produk-produk yang saya pakai ini justru membahayakan janin yang saya kandung.

Termasuk, ketika saya memilih pasta gigi. Apalagi, selama hamil ini, frekuensi saya untuk sikat gigi jadi lebih sering dari sebelumnya. Pasta gigi yang saya gunakan juga harus aman dan tidak meninggalkan residu berbahaya. Dalam hal ini, saya memilih menggunakan Motherlove Gentle Toothpaste for Moms.


Review Motherlove Gentle Toothpaste for Moms

Nah, kali ini, saya mau cerita tentang pasta gigi andalan yang saya gunakan selama hamil ini. Sebelumnya, saya mau disclaimer dulu nih. Review ini berdasarkan pengalaman saya pribadi. Jadi, sifatnya sangat subjektif. Apa yang saya rasakan bisa jadi berbeda di orang lain. Jadi, kalau saya cocok-cocok aja dengan produk ini, belum tentu orang lain akan cocok juga.

Sampai sini paham ya? Kalau sudah paham, mari kita lanjutkan.

Kemasan

pasta gigi ibu hamil

Seperti pasta gigi pada umumnya, Motherlove Gentle Toothpaste for Moms ini dikemas dalam kemasan tube yang kemudian dimasukkan ke dalam kardus. Baik tube maupun kardusnya, mereka menggunakan warna yang sama, yaitu biru pastel. Tutupnya flip flop yang memudahkan kita untuk membuka dan menutup, tapi tetap aman. Di bagian tutupnya, ada segel yang perlu dikupas dulu kalau mau menggunakan untuk pertama kali.

Kemasan yang saya punya ini ukurannya 100g. Kalau untuk dibawa kemana-mana memang masih agak besar, tapi nggak terlalu makan tempat kok.

Saya harap sih, Motherlove mau mengeluarkan kemasan mini untuk traveling. Jadi, kalau ada ibu hamil seperti saya yang memang harus banget kemana-mana bawa sikat dan pasta gigi tuh bawanya jadi lebih ringkes gitu.

Tekstur



Pasta giginya berwarna putih bening. Eh, nggak bening juga sih. Gimana ya mendeskripsikannya. Kamu lihat aja deh fotonya. Hehehe...

Kalau kamu amati dari dekat, pasta gigi ini kaya ada bubble-bubble kecil di dalamnya. Jujur, baru kali ini lihat pasta gigi yang semacam ini. Kalau dari segi kepadatan, ini sama seperti pasta gigi pada umumnya.

Bahan

Motherlove Gentle Toothpaste for Moms ini terbuat dari 99% bahan alami dan organik yang tidak hanya aman, tapi juga punya banyak manfaat untuk kesehatan Gigi, Gusi dan Mulut. Bahan yang digunakan, antara lain sebagai berikut:
  • Ekstrak Eucalyptus, Sage dan Honey Propolis yang berfungsi untuk mencegah gigi berlubang
  • Ekstrak Aloe Vera dan Folic Acid yang merawat dan menenangkan gusi
  • Ekstrak Mint dan Green Tea yang menyegarkan nafas dan mencegah bau mulut
  • Xylitol yang membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang

Pasta gigi ini sudah terdaftar di BPOM juga. Jadi, dari segi keamanannya, ini bukan hanya klaim dari perusahaan saja, tapi sudah dijamin sama BPOM.
Aroma dan Rasa

Aroma dan rasa pasta gigi ini tuh manis. Ada kombinasi antara blueberry dan mint yang kasih efek manis dan segar di mulut. Rasa manisnya juga nggak berlebihan. Jadi, enak banget kalau dipakai sikat gigi.

Aturan Pakai

Cara pakainya mudah kok. Ini sama aja kaya kalau kita mau pakai pasta gigi lain. Kita tinggal basahin sikat gigi. Lalu, keluarkan pasta gigi sebesar biji kacang polong di atas sikat gigi. Selanjutnya, kita bisa mulai menggosok gigi selama menit.

Kalau sudah, kumur dan buang pasta gigi. Lakukan ini minimal 2 kali sehari, yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur.


Bisa Mengatasi Rasa Mual Nggak Sih?

Ini mungkin bagian yang paling ditunggu-tunggu tentang seberapa efektif produk ini dalam mengatasi mual saat hamil. Sebetulnya, jawaban dari pertanyaan ini tuh relatif karena penyebab mual pada ibu hamil juga bervariasi.

Saya sendiri merasa mual ketika setelah makan masih terasa sisa makanan di mulut. Jadi, setelah makan memang harus banget gosok gigi supaya nggak mual lagi. Alhamdulillah, rasa mual ini jauh berkurang setelah menggosok gigi. Tapi, apakah sepenuhnya hilang?

Jawabannya, tidak.

Seluruh area rongga mulut ketika makan pasti akan terkena makanan. Baik itu gigi, gusi, maupun lidah. Ada kalanya menggosok gigi saja tidak cukup untuk menghilangkan sisa makanan yang ada. Bagi ibu hamil yang sensitif terhadap rasa, seperti saya, ini jadi agak mengganggu.

Saya sendiri masih harus menggunakan mouthwash untuk menghilangkan seluruh rasa makanan yang masih menempel di mulut meski saya sudah menggosok gigi. Ini juga jadi concern saya karena tidak semua mouthwash yang ada dipasaran punya kandungan yang aman untuk ibu hamil.

Saya berharap Motherlove bisa punya mouthwash yang aman untuk ibu hamil juga. Sehingga, ini bisa jadi solusi untuk ibu hamil seperti saya.


Penutup

Oke, itu tadi review Motherlove Gentle Toothpaste for Moms yang sudah saya coba selama masa kehamilan ini. So far, saya suka dengan produk ini. Kalau dipakai sikat gigi juga nyaman. Tapi, ini akan lebih pas lagi dengan kebutuhan saya kalau dilengkapi dengan mouthwash juga. Semoga Motherlove bisa mengeluarkan tandemannya ya.

Nah, kalau kamu mau cobain juga produk ini kamu bisa langsung kepoin akun Instagram @motherlove_id untuk dapatkan info produknya. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pembelian melalui website resmi Motherlove atau e-commerce dan baby shop kesayangan kamu.

Comments

  1. Jadi inget cerita temen aku setiap pagi kalo sikat gigi pasti muntah,barangkali rasanya sama kaya yang mom rasakan ya,aku share ah ke dia biar coba pake sikat gigi ini,makasih ya,informasinya 🤗

    ReplyDelete
  2. Masyaa Allah, pas list tekstur.y wih keren deh, tapi ini kan produk yg concern ke ibu hamil, jd yg nggak hamil bisa jg nggak kak pake?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dong. Kalau buat ibunhamil aja aman, ya mestinya bisa buat yang lain juga

      Delete
    2. Mana udah lengkap dengan mouth wash jadi berasa lebih bersih deh abis sikat gigi

      Delete
    3. Wanita ketika sedang hamil biasanya memang lebih sensitif jd akan lebih baik kalau ada produk khusu ibu hamil kayak pasta gigi ini

      Delete
  3. Saya di kehamilan kedua mualnya malah parah banget, sampai tiga bulan gak bisa makan karena gak nafsu. Ketika hamil memang harus lebih aware dalam penggunaan skincare body care, termasuk pasta gigi. Kalau bisa yang aman, seperti pasta gigi dari Motherlove ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sudah berlalu ya mbak.

      Iya, biar janinnya sehat terus kan.

      Delete
  4. Noted nih, bisa rekomendasikan ke keluarga atau teman yang sedang hamil dan sering bermasalah dengan mual saat sikat gigi :)
    kalau sedang pake behel terus lagi hamil gitu sih emang lebih ribet, bersih-bersihnya rawan mengundang mual sih biasanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku kan pakai behel mbak. Suka nyelip-nyelip gitu di mulut. Jadinya mual.

      Delete
  5. wah kalau sudah ada aman digunakan ibu hamil pastinya lebih tenang ya menggunakannya, btw love banget sama desain packagingnya, cantik banget dan kesannya hangat gitu

    ReplyDelete
  6. Selain bahannya enggak bikin mual, juga aman buat bumil, ya. Jadi pengin nyoba walaupun udah ga hamil

    ReplyDelete
  7. Baru tahu kalau ada produk pasta gigi buat ibu hamil. Baguslah, karena kebanyakan ibu hamil memang sensitif, termasuk gak begitu tahan saat menyikat gigi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget, apalagi pas trisemester pertama. Terus biar aman juga untuk bayi ya, mba.

      Delete
  8. Zaman saya hamil dulu belum ada pasta gigi kayak gini, hehehe. Atau saya aja yang gak tahu ya. Wah, ini sangat membantu sekali bagi ibu hamil yang sensitif terhadap rasa, membantu mengurangi mual2 itu yang paling dicari.

    ReplyDelete
  9. Wah pasta gigi Motherlove ini membantu banget buat para bumil ya. Saya waktu hamil pertama, alhamdulillah nggak mual muntah. Nggak tau kalo nanti pas di rezeki anak kedua. Hehe. Tapi jadi punya referensi produk yang khusus bumil deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak banget kalau nggak ada mual muntah. Aku hamil anak pertama dan kedua semuanya mual muntah sih

      Delete
  10. Waaah, telat. Nanti coba ah, di kehamilan ketiga 😁

    ReplyDelete
  11. Kemasannya menggemaskan ya mb. Mother's love mmg concern utk ibu hamil. Produknya the best

    ReplyDelete
  12. Asyik ya ada pasta gigi yang enggak bikin mual. Bukan bumil pun pengin nyoba aku

    ReplyDelete
  13. MasyaAllah, semoga Mbak Lel dan bayi dalam kandungan sehat. Lama gak silaturakhim ke sini ni akunya, Mbak. Anyway ngomongin pasta gigi untuk ibu hamil ternyata ada juga ya. Begitu membantu terutama ibu hamil yang kalau gosok gigi malah semacam trauma. Kaya apa coba masa iya gak gosok gigi? Untung ada gentle toothpaste for mom dari Mother Love

    ReplyDelete
  14. Motherlove memahami betul apa yang menjadi kebutuhan ibu, pastinya dengan adanya motherlove ini sangat membantu ibu hamil dalam menggosok gigi, karena pasta gigi yang digunakan aman sentosa

    ReplyDelete
  15. Iya, ibu hamil memang sering mual ya mbak
    Bahkan saat menggosok gigi
    Untungnya sekarang ada produk Motherlove ini
    Bisa atasi mual saat menggosok gigi

    ReplyDelete
  16. Jadi ingat dulu waktu hamil sering banget mual. Jadi penyebab nya salah satunya bisa salah pilih pasta gigi ya. Masya Allah...hebat banget ya produknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bisa jadi karna emang lagi sensitif sama pasta gigi. Biasa mbak, efek hormon. Jadi, kalau mau mualnya hilang ya emang harus cari pasta gigi yang nggak bikin mual

      Delete
  17. Iya juga sih bagian penyebab mual pada ibu hamil beda-beda. Kalau aku dulu bau makanan. Gosok gigi malah bikin mual karena bau pasta giginya hahaha. Cuma ini lebih organik ya si pasta gigi dari Motherlove, harusnya baunya juga lebih minimal ya daripada pasta gigi biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada ya yang begini. Tapi ini nggak bau menyengat sih mbak.

      Delete
    2. Enak nih kalau gitu bisa dicoba next kalau dapat rezeki hamil lagi nih mba

      Delete
  18. cakep ya tampilan pasta gigi dari motherlove ini warnanya ungu gitu. tapi memang agak besar dan kalau nggak familiar mungkin bakal dikira tube pembersih wajah. heu

    ReplyDelete
  19. Saya baru tahu Mbak ada pasta gigi ini. Memang ketika hamil segala macam aroma, rasa, bisa sekali memicul mual ya. Menjaga kebersihan mulut dan gigi tentu membantu sekali mengurangi kemungkinan rasa mual ini. Btw rasa pastanya bluebeŕry lagi ya. Unik, jadi kebayang aromanya yang merelaksasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mint dan blueberry. Jadi ada buah-buahnya, ada seger-segernya juga.

      Delete
  20. waaah noted banget ini mbak, karena ibu hamil seringnya memang mual dan ada ajaaaa alasanya, ya aroma sabun lah, bahkan pasta gigi juga bisa jadi alasan untuk muantah muntah hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak betul, ada yang bahkan sensitif sama bau sabun sampai kalau mandi gak pakai sabun.

      Delete
  21. Sampai sekarang pun saya suka mual dengan pasta gigi yang biasanya. Makanya butuh yang seperti ini supaya tetap aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah .. mbak rahma hamil juga ya. Sehat-sehat ya mbak. Semoga lancar persalinannya

      Delete
  22. Dengan motherlove gentle toothpaste ini, ibu hamil pun jadi tetap terjaga kebersihan gigi dan mulutnya. Gak perlu ragu pas sikat gigi bakal mual sama aroma pasta giginya yaa..

    ReplyDelete
  23. Selama ini ia Bu Hamil mikirin nya skincare yg aman aja buat mereka. Sepertinya soal pasta gigi jarang dipikirkan. Padahal pasta gigi juga bisa saja mengandung bahan berbahaya buat janin ya. Pasta gigi Mother Love alhamdulillah aman untuk ibu hamil ya.
    Semoga kehamilannya sehat selalu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak doa baiknya, ini alhamdulilah sudah launching anaknya

      Delete
  24. Masa-masa kehamilan setiap perempuan memang gak sama yaa.. Ada yang suka mual dan muntah, namun tak jarang ada juga yang biasa saja.
    Menikmati masa-masa kehamilan dengan produk Motherlove Gentle Toothpaste for Moms. Agar gigi kuat dan sehat serta tidak mual lagi..

    ReplyDelete
  25. Insya Allah gigi yang bersih menjadi awal dari hidup sehat bagi kita semua, tak terkecuali bumil yang biasanya sensitif dan gampang mual. Teksturnya lucu ya produk dari Motherlove ini, ada kayak bubblenya gitu di dalam pasta giginya. Yang ga hamil boleh ikutan nyobain juga kan?

    ReplyDelete
  26. Aku termasuk team yang morning sickness dan saat sikat gigi itu muntah sampai trauma huhu, sekarang ada motherlove pasta gigi yang ngurangi mual juga ya? Aaaaaah senang nya

    ReplyDelete
  27. waduh wajib coba nih soalnya aku hamil gak hamil suka mual kalo abis sikat gigi

    ReplyDelete
  28. Jadi inget, dulu pas hamil juga mual-mual di trimester pertama. Sayangnya, waktu itu belum ada produk pasta gigi buat ibu hamil. Sekarang enak ya, Mbak, banyak produk perawatan untuk bumil dan busui, bukan hanya untuk bayinya aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.. ini juga aku baru cobain pas hamil anak kedua. Waktu hamil anak pertama mah mual muntah telen aja dah. Gak ada solusi. 🙈

      Delete
  29. Seandainya dulu pas saya hamil sudah ada mother love...pasti lumayan terbantu ngatasin mualnya.

    ReplyDelete
  30. solusi banget ini buat para bumil, jadi gak perlu drama lagi kalau mau sikat gigi karena takut mual muntah parah saat sikat gigi :)

    ReplyDelete
  31. Siippp bgt nih.
    Dulu pas hamil, aku sering muntah2 klo pas gosok gigi.
    Hamdalah sekarang ada produk ini yah

    ReplyDelete
  32. Kalau untuk bumil emang harus yang sesuai kebutuhan ya, mba. Apalagi untuk bumil yang rentan mual.

    Motherlove Gentle Toothpaste for Mom bisa jadi solusi nih, berbahan organik, aman dan full manfaat positif untuk kesehatan dan kebersihan gigi. Apalagi kemasannya yang cantik, bikin makin semangat gosok gigi, hhe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang semakin banyak ya produk untuk ibu hamil yang biasanya sering mual dan muntah jadinya bisa pilih deh produknya sesuai kebutuhan

      Delete
  33. Mengandung bahan alami dan aman untuk janin pastinya bakal disukai oleh setiap ibu hamil nih. Secara saya ini di kota belum ada banyak kan ya pasta gigi yang mengkhususkan aman untuk bumil ini

    ReplyDelete
  34. Iya ya kalau ada mouthwashnya pasti lebih komplit pastinya!
    btw, kemasannya unyu dan aman ini, pasta gigi yang pas buat ibu hamil

    ReplyDelete
  35. Ibu hamil memang sering mual ya mbak
    Apalagi saat menggosok gigi
    Kalau pakai pasta gigi Motherlove ini bisa mengatasi mual saat menggosok gigi ya

    ReplyDelete
  36. Lihat kemasannya cantik dan estetik banget. Alhamdulillah ada juga produk pasta gigi yang buat ibu hamil, karena ngerasain sendiri pas hamil tiap gosok gigi pasti muntah. Mudah-mudahan sih hasilnya bisa sesuai klaim ya.

    ReplyDelete
  37. Baru tahu dengan produk ini. Keren ya bisa mengatasi mual hanya dengan gosok gigi. Padahal mual langganan ku saat hamil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak semua mual ya mbak. Tergantung penyebab mualnya juga.

      Ini khusus buat yang mual karna gosok gigi. Pasta gigi ini bisa membantu meredakan mualnya.

      Delete
  38. Kalo lagi hamil sering ditandai sakit gigi juga.. pasta gigi ibu hamil ini ada kandungan mengatasi nyeri juga kah?

    ReplyDelete
  39. aku banget nih mbak, pas hamil bawaannya mual mual, kecium aroma sabun yang biasanya kusuka saja bisa hoek hoek, gosok gigi apalagi, pas banget bisa jadi solusi ya

    ReplyDelete
  40. Jaman hamil anak kedua mual sampai hamil 9 bulan , jadi berpengaruh dengan makan jadi sedikit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Allah mbak, terus gimana akhirnya? Sampai diinfus juga kah?

      Delete
  41. Dulu pas hamil 2012 & 2015 aku tuh ga mual sbnernya mba. Makan apa aja bisa masuklah. Tapiiiii giliran gosok giginya mual, aplagi kalo bisanya udh penuh di mulut 🤣. Dijamin muntah langsung. Sayangnya pas aku hamil dulu, belum denger produk ini. Atau aku nya yg kudet sih.

    Jadi yg aku lakuin, cari pasta gigi yg busanya ga banyak. Jadi ga bikin aku mual pas nyikat. Coba kalo dulu udh tau produk ini Yaa, bisa aku cobain 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini emang produk baru mbak. Kalau zaman mbak hamil kayanya emang belum ada.

      Delete
  42. Tanya ya mbak maaf, emang ada atau kejadian orang hamil nggak cocok pakai pasta gigi pada umumnya?

    ReplyDelete
  43. Bumil emang sensitif banget, sih. Jadi inget kakak ipar saya nggak bisa sikat gigi karena mual dan mau muntah terus tiap nyium aroma pasta gigi. Jadinya nyari yang benar-benar ramah ibu hamil gitu. Harusnya kurekomendasiin pasta gigi ini ya, tapi nggak tau dulu udah ada atau belum beberapa tahun yang lalu. Hihi..

    ReplyDelete
  44. Aku setuju jika Motherlove mengeluarkan kemasan yang travel friendly Jadi kemana-mana bawa sikat dan pasta gigi mudah bawanya

    ReplyDelete
  45. Mbaaa, dirimu tampak shining bgttt
    Semoga lancaarrr kehamilan dan bersalinnya yaa.
    Emang sih pilih pasta gigi pas hamil tuh sesuatuuu bgt.
    Alhamdulillah ada produk yg ciamiikkk

    ReplyDelete
  46. Kadangkala, kalau sedang hamil tuh malah pingin melakukan sesuatu lebih dari sekali. Kaya aku hamil pertama, hobinya cuci kaki terus..
    Kalau dirasa bagian rongga mulut ini kurang nyaman, pasti bisa digunakan beberapa kali Motherlove Gentle Toothpaste for Moms dalam sehari ya..

    ReplyDelete
  47. Wah senangnya ya sekarang ada pasta gigi untuk ibu hamil. Apalagi saat hamil gigi benar-benar harus diperhatikan. Tidak sedang hamil pun sepertinya bagus juga ya pakai pasta gigi ini, bahan-bahannya sangat alami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak. Ini bisa buat yang lagi hamil atau menyusui. Gak hamil juga bisa

      Delete
  48. Motherlove mengerti banget ya kebutuhan momi, dengan adanya pasta gigi khusus ibu hamil ini jadi bikin momi lebih nyaman dan merasa aman

    ReplyDelete
  49. Baru tahu kalau ada pasta gigi untuk ibu hamil. Produk ini membantu bumil agar tetap nyaman menanti kehadiran si jabang bayi.

    ReplyDelete
  50. Wah ternyata ada pasta gigi yang spesial buat ibu hamil ya. Inovasi nih. Bisa saya rekomendasikan nanti ke temen yang sedang hamil.

    ReplyDelete
  51. Saat ibu sedang hamil emang suka ada aja kendalanya ya mba. Ternyata sekarang udah ada inovasi pasta gigi khusus dari motherlove. Keren deh.

    ReplyDelete
  52. Masih ingat dulu sering banget mual pas hamil. kerasa banget nggak nyamannya

    ReplyDelete
  53. Aku tipe yang kalau hamil pas mual, air putihpun bikin mual. Tapi mungkin pasta gigi ini lebih nyaman dipake ya Mbak. Karena ada ekstrak mint dan lainnya itu. Jadi bikin seger di mulut. Bisa dorekomendasikan nih buat keluarga.

    ReplyDelete
  54. Kalau ngintip behind the scene mereka, auto sedih. Manusia biasa yang kadang harus memenuhi ekspektasi orang lain. Tapi karena ketulusan mereka, kita yang nonton beneran terhibur jadinya. Dan bersyukur, bahagianya kita bahagianya mereka pula. Semoga makin sukses ya.

    ReplyDelete
  55. Bisa jadi referensi nih buat pasta gigi khusus ibu hamil yang ngga bikin mual. Kadang orang hamil itu sensitif sama rasa dan bau

    ReplyDelete
  56. motherlove emang love banget sama para mother ^^ produknya inovatif untuk kebutuhan para ibu, saya terakhir hamil ( insyaaAllah terakhir, hehe ) th 2011, kayaknya belum ada motherlove gentle toothpaste, jadi tetap pakai pasta gigi biasa, mual sih enggak, tapi bawaan hamil gigi sering ngilu ..

    ReplyDelete
  57. Baru tahu banget ada pasta gigi khusus gini. Padahal kemrin tuh pas hamil mual muntahnya parah bangettt

    ReplyDelete