Assalamu'alaikum!

Perkenalkan, nama saya Aprilely Ajeng Fitriana. Kalian bisa panggil saya Lelly. Saya lahir di Malang pada tanggal 22 April 1991. Saat ini, saya tinggal di Bogor bersama suami dan anak saya. Blog ini adalah tempat saya mencurahkan segala pemikiran saya dari berbagai peristiwa. Bagaimana saya menghadapinya dan apa saja hikmah yang saya peroleh.

5 Destinasi Wisata Edukasi Anak di Bogor yang Cocok untuk Pilihan Liburan

Sep 26, 2018

Liburan bersama keluarga merupakan momen yang selalu ditunggu oleh siapa saja, tak terkecuali oleh buah hati kita. Destinasi wisata yang menyenangkan tentu akan selalu menjadi pilihan utama bagi siapa pun. Tapi coba mulai lirik destinasi wisata edukasi untuk anak-anak kita. Anak-anak tentu tak hanya akan diajak bermain, tapi juga mengenal sesuatu yang baru.

Bogor, kota yang terkenal dengan sebutan Kota Hujan ini ternyata tak hanya memiliki udara yang segar saja, tapi juga punya banyak pilihan destinasi wisata edukasi. Kamu bisa memilih beragam wisata edukassi untuk anak. Mau mengenal hewan, belajar bercocok tanam, mengenal suasana pedesaan, hingga pengenalan budaya semua ada di Bogor. Yuk, kita simak destinasi wisata apa saja yang bisa kamu pilih untuk liburan akhir pekanmu!

1. De Ranch Megamendung

sumber : piknikyok.com

Ingin jalan-jalan ke luar negeri? Tapi isi dompet mepet? Datang saja ke De Ranch Megamendung. Di sini kamu bisa berjalan-jalan bersama keluarga menikmati suasana pedesaan di Eropa. Lengkap dengan kastil dan taman bunga. Kamu bisa menjelajahi tempat ini untuk mencari rumah permen, rumah hobbit, jembatan dongeng, dan rumah kelinci. Di rumah kelinci ini, kamu bisa mengajak buah hati untuk bermain bersama kelinci. Seru, ‘kan?

Tak cukup sampai di situ saja. Di De Ranch Megamendung kamu juga bisa menyulap si kecil menjadi koboi-koboi cilik lho, Dears. Anak-anak tak hanya bisa menggunakan kostum koboi saja, tapi mereka juga bisa mencoba menaiki kuda atau mencoba melakukan olah raga panahan.

Lokasi De Ranch Megamendung ada di Desa Leuwimalang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Kira-kira 10 km dari Gerbang Tol Ciawi, tepat setelah Taman Wisata Matahai. Tempat ini buka dari pukul 09.00 sampai dengan 17.00. Tiket masuknya juga relative murah. Rp20.000,- per orang dengan tarif wahana mulai dari Rp20.000,- per orang. 

2. Taman Safari Indonesia

sumber : pariwisata.id

Kamu tidak perlu lagi bersafari ria ke Afrika untuk melihat aneka satwa di habitat asli mereka, Dears. Kamu hanya perlu datang ke Taman Safari Indonesia yang terletak di daerah Cisarua. Kamu bisa mengajak si kecil untuk berkenalan dengan jerapah, zebra, anoa, gajah, komodo, dan binatang-binatang lainnya. Di area seluas 170 hektar ini, anak-anak akan mendapatkan banyak pengalaman menarik bersama hewan-hewan ini. Tak hanya berfoto ria saja tentunya, kamu juga bisa mengajak anak-anak untuk memberi makan para binatang yang ada di sini.

Di sini, selain bisa mengenal lebih dekat aneka satwa, kamu juga bisa bermain berbagai wahan seru dan menarik, seperti kincir raksasa, sepeda air, dan roller coaster. Kalau si kecil lebih suka bermain air, kamu bisa juga mengajaknya untuk berenang di Safari Waterpark yang masih berada di komplek Taman Safari ini.

Taman Safari Indonesia ini buka mulai dari pukul 08.30 di hari biasa dan 08.00 di akhir pekan dan hari libur. Jam operasionalnya akan berakhir pada pukul 17.00. Harga tiket masuk per orang adalah Rp180.000,-. Tiket parkir mobil Rp20.000,- dan motor Rp10.000,-. 

3. Kuntum Farm Field

sumber : kuntumfarmfield.wordpress.com

sumber : jejakpiknik.com

Kalau kamu tinggal di kota besar dengan anak-anakmu, tentu sulit sekali untuk merasakan menjadi anak gembala. Tapi, jangan khawatir, kamu bisa mengajak buah hati ke Kuntum Farmfield. Di sini, anak-anak akan bisa merasakan serunya memberi makan hewan ternak, menggembala kambing, naik kuda, bercocok tanam, hingga merasakan serunya turun langsung ke kola mikan. Banyak hal seru yang bisa mereka jadi pengalaman menarik di sini.

Kuntum Farm Field ini masih terletak di area Kota Bogor. Tepatnya di Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Bogor Timur. Jam operasional tempat ini mulai pukul 08.00 sampai dengan 18.00. harga tiket masuknya sebesar Rp40.000,- per orang. 

4. Kampoeng Wisata Cinangneng

sumber : lifestyle.sindonews.com

Ingin si kecil merasakan masa kecilmu di desa dulu? Yuk, ajak mereka ke Kampoeng Wisata Cinangneng. Di sini anak-anak akan diajak untuk merasakan serunya hidup di desa. Mereka akan diajarkan Bertani, beternak, menari, melukis caping, bermain angklung, sampai membuat jamu. Tak hanya itu saja, anak-anak juga bisa mencoba naik egrang. Kalau menginap di sini, kamu bisa mengikuti program ronda malam. Kamu bisa merasakan sensasi berjalan di kegelapan malam dengan bekal senter dan pentungan.

Ada beberapa paket yang ditawarkan di sini, yaitu program “Poelang Kampoeng” yang akan mengajarkan anak-anak menjadi “anak kampoeng” secara lengkap. Ada juga program “Saya pun berasal dari Desa” yang akan membawamu dan keluarga tour keliling kampung dan berfoto dengan pakaian khas Sunda, serta paket menginap bagi kamu yang ingin melepas malam sebagai orang desa. Harga paket bervariasi, mulai dari Rp75.000,- kamu bisa merasakan serunya hidup di pedesaan. Harga tiket ini sudah termasuk tour, tiket kolam renang, foto pakaian adat Sunda, dan makan siang. 

5. Kidzoona Bogor

sumber : inspirepattaya.com

Kalau kamu ingin mengenalkan berbagai jenis pekerjaan kepada si kecil, kamu bisa mengajaknya ke Kidzoona Bogor. Di sini anak-anak akan diajak untuk memainkan beragam jenis pekerjaan. Mereka bisa mencoba untuk berjualan sayur, berjualan makanan, menjadi pegawai kantor pos, koki, perawat, polisi, dokter, bahkan menjadi narapidana pun ada di sini. Tak hanya itu, di sini juga ada beragam jenis permainan yang dijamin membuat mereka betah berlama-lama. Ada seluncuran, trek udara, mandi bola, dan bola putar.

Kidzoona ini bisa kamu temukan di dalam Lippo Plaza Bogor, Lantai UG. Tiket masuk untuk hari biasa sebesar Rp90.000,- per hari atau Rp60.000,- per jam. Sedangkan untuk weekend, tiket masuknya sebesar Rp150.000,- per hari atau Rp90.000,- per jam. Tiket ini berlaku untuk 1 anak-anak dan 1 orang dewasa. Setiap tambahan orang dewasa akan dikenakan biaya sebesar Rp30.000,-

Comments