7 Cara Memotivasi Anak Mambaca Al Quran

by - Monday, September 10, 2018

Anak adalah amanah yang telah Allah titipkan kepada kita. Sebagai orang tua, kita punya kewajiban untuk memberikan pendidikan kepada mereka. Salah satunya dengan membiasakan anak untuk dekat dengan Al Quran. Kedekatan ini bisa dimulai dengan mengajak anak untuk membaca Al Quran. Berikut ini cara yang bisa kamu tiru untuk memotivasi anak membaca Al Quran.


1. Jadilah Tauladan Bagi Anak

sumber : pexels.com

Anak adalah peniru yang ulung. Jika kita menginginkan anak-anak kita dekat dengan Al Quran serta rajin membaca Al Quran, kita pun harus mau mengupayakan untuk membaca Al Quran pula. Tidak adil rasanya jika kita menyuruh anak membaca Al Quran, sedangkan kita enggan untuk melakukannya. Perintah tanpa sebuah keteladanan hanya akan menjadikan anak sulit untuk menaruh hormat kepada kita.

2. Baca Al Quran dengan Nyaring dan Ekspresif

Ketika mendongeng, anak-anak akan lebih mudah tertarik jika kita menggunakan suara yang nyaring dan ekspresif. Cara ini pun bisa kita gunakan untuk membuat anak tertarik dengan apa yang kita baca, dalam hal ini adalah Al Quran. Ketertarikan anak pada apa yang dia dengar, biasanya akan membuat mereka tertarik untuk menirukan.

3. Cobalah Mengawali Pagi dengan Membaca Al Quran

sumber : pexels.com

Udara pagi yang masih sejuk, sangatlah pas digunakan untuk belajar. Kondisi otak yamg masih fresh juga akan membuat proses belajar menjadi lebih mudah. Tak terkecuali dalam belajar membaca Al Quran. Kita bisa membangun kebiasaan untuk membaca Al Quran setelah salat Subuh. dengan demikian, ketika anak-anak membuka matanya, suara pertama yang mereka dengar adalah lantunan ayat suci Al Quran.

4. Ciptakan Waktu Bercerita

Anak kecil memang suka sekali dengan cerita. Kita bisa gunakan kisah-kisah inspiratif yang ada dalam Al Quran sebagai pengantar tidur mereka. Beri tahu mereka bahwa kisah-kisah itu ada di dalam Al Quran. Dengan memberikan referensi kisah-kisah yang ada dalam Al Quran, mereka akan tertarik kepada Al Quran dengan sendirinya.

5. Carikan Guru Membaca Al Quran

Jika kita belum terlalu banyak memiliki pengetahuan seputar ilmu tajwid, kita bisa mencari guru membaca Al Quran. Kita bisa mengajak anak-anak kita untuk belajar kepada guru tersebut bersama-sama. Dari sana, kita bisa membicarakan perkembangan bacaan anak-anak kita.

6. Jelaskan Tentang Pahala Membaca dan Menghafal Al Quran

sumber : pexels.com

Anak-anak adalah makhluk yang masih terjaga fitrahnya. Mereka sangat suka melakukan hal-hal baik. Oleh karena itu, jika kita ingin mereka membaca Al Quran, kita bisa memberitahu mereka pahala-pahala yang akan mereka peroleh dari sana. Tak hanya itu saja, sampaikan juga bahwa Allah akan mencintai hamba-hamba-Nya yang suka membaca Al Quran.

7. Berikan Tantangan dan Hadiah Kepadanya

Anak-anak biasanya akan semakin termotivasi jika dia diberikan tantangan-tantangan tertentu. Kita bisa menggunakan cara ini agar anak semakin semangat untuk membaca Al Quran. Berikan hadiah kepadanya jika dia telah menyelesaikan tantangan tersebut. Tak harus sesuatu yang mewah, kita pun bisa memberinya sesuatu yang sederhana untuk mengapresiasi usahanya tadi.

You May Also Like

0 komentar