GoBiz, Jasa Pengiriman Paket Terbaik sebagai Partner Bisnis Online

By Aprilely Ajeng Fitriana - Thursday, July 16, 2020

jasa pengiriman paket

Ada salah satu teman yang saya kenal dari kelas online khusus muslimah. Anak Palembang yang tinggal di Jakarta. Ceritanya, dia resign dari kantor dan mulai jualan pempek. 

Meski judulnya cuma tukang pempek, tapi jangan salah. Omzetnya sebulan udah berjuta-juta. Gimana nggak, sekali open PO, pelanggan yang antri tuh banyak sekali. Sampai-sampai pesanan yang diterima dibatasi. Dia sesuaikan dengan kemampuan dan bahan yang tersedia.

Dulu, saya pikir jualan pempek tuh cuma bisa dibeli sama orang-orang dari kota yang sama aja. Soalnya, itu kan makanan ya. Kemungkinan basi saat pengiriman itu amat sangat memungkinkan. Sampai akhirnya, dia bilang begini ke saya.

"Bisa kok kirim ke Bogor."

Peranan Jasa Pengiriman Paket dalam Mendukung Bisnis Online

jasa pengiriman paket

Belajar dari kisah teman saya itu, saya jadi paham bagaimana pentingnya peran jasa pengiriman paket untuk menunjang bisnis online. Sekarang ini bahkan bisnis kuliner pun bisa melebarkan sayapnya dengan bantuan jasa pengiriman paket. Salah satu contoh, ya teman saya tadi.

Buat dia, jasa pengiriman bukan hanya membantu dia mengirimkan pesanan-pesanan keluar kota saja. Dengan adanya jasa ini, dia juga bisa mendapatkan kemudahan untuk memperoleh bahan yang berkualitas dengan harga mudah. Di salah satu story-nya, saya pernah melihat berkardus-kardus ikan giling yang baru saja datang ke rumahnya. 

"Sudah datang nih, sebentar lagi open order. Siap-siap ya," begitu katanya.

Dia juga sampaikan agar para pelanggan juga harus cepat-cepat pesan kalau memang tidak ingin kehabisan stok lagi. Berapa banyak sih stoknya? Dalam sekali slot pemesanan, dia bisa mendapat pesanan hingga 500 kotak. Jumlah yang amat luar biasa. Apalagi untuk dia yang mengerjakan semuanya sendiri.

Jumlah yang banyak itu bisa sampai dengan selamat juga karena peran jasa pengiriman. Kalau jasa yang dipilih tidak mampu mengirimkan pesanan dalam hitungan jam, bisa rugi besar. Alhamdulillah, hingga hari ini tidak sampai begitu.

Tips Memilih Jasa Pengiriman Paket

jasa pengiriman paket

Saya sempat kepo dengan ini. Pasalnya, saya pernah membeli makanan online dari Depok. Sesampainya di rumah, makanan tersebut sudah rusak. Padahal, pedagangnya sudah berupaya menjaga kemasannya.

Di mana kesalahannya? Ternyata ada di jasa pengiriman. Salah memasukkan input data dan banyak kesalahan teknis lain. Makanan yang seharusnya datang kurang dari 24 jam jadi sampai 2 hari kemudian. Parah sih.

Penjualnya berulang kali meminta maaf kepada saya. Sebetulnya, saya tidak minta ganti rugi. Toh, dia sudah mengupayakan semuanya. Kesalahan juga bukan di penjual tapi pada pengiriman. Tidak berselang lama, dia mengirimkan sepaket makanan sebagai pengganti yang rusak itu. Alhamdulillah.

Well, memang betul-betul harus pilih-pilih jasa pengiriman. Salah pilih jasa bisa membuat pelanggan kecewa. Bahkan, bisa meninggalkan toko online tersebut. Ada beberapa tips yang sekiranya bisa dicoba untuk para pebisnis online dalam memilih jasa pengiriman paket.

1. Pilih jasa pengiriman yang punya sistem tracking

Sebagai pembeli, wajar jika mereka terus menerus menanyakan paket yang telah mereka beli. Sudah dikirim atau belum? Kalau sudah dikirim sampai mana?

Agar pembeli percaya, penting untuk memilih jasa pengiriman paket yang memiliki sistem tracking. Dengan sistem ini, bukan hanya kita yang dapat melacak paket kiriman, tapi juga pembeli. Dari sini, pembeli bisa tahu apakah kita sudah mengirimkan barang tersebut dan sudah sampai mana.

2. Memiliki rute jangkauan yang luas

Semakin lengkap rute pengiriman yang mampi dijangkau, maka semakin luas pula produk kita bisa dijangkau masyarakat. Produk yang awalnya bisa dijangkau tetangga kanan kiri dan teman dekat, lambat laun bisa makin meluas. Bahkan bisa tersebar ke seluruh pelosok negeri melalui jasa pengiriman.

3. Mampu menawarkan jaminan keamanan

Nggak mau dong paket yang kita kirimkan rusak di tengah jalan? Even pembeli nggak komplain ke kita, ini nggak enaknya bukan main. Asli. That's why, penting sekali untuk memilih jasa pengiriman barang yang menawarkan jaminan keamanan.

4. Menawarkan tarif yang kompetitif

Salah satu pertimbangan seseorang membeli suatu produk adalah ongkos kirim. Mereka akan pikir-pikir ulang untuk membeli produk kita, kalau ongkos kirimnya terlalu mahal. Dari pada membeli produk yang kita jual, lebih baik membeli produk dari toko online lain yang ongkos kirimnya lebih murah.

Oleh karena itu, tarif pengiriman juga akan menentukan kesuksesan bisnis kita. Bila kita ingin bekerja sama dengan salah satu jasa pengiriman, pertimbangkan hal ini. Apakah dia mampu memberikan tarif yang sekiranya bisa dijangkau target market kita atau tidak.

GoBiz, Kemudahan Pengiriman dalam Satu Genggaman

jasa pengiriman paket

Dari seluruh tips tersebut, ternyata ada salah satu jasa pengiriman yang mampu memenuhi semuanya. Dengan aplikasi ini, kita bisa memilih untuk mengirimkan paket dengan GoSend atau GoBox sesuai kebutuhan kita. Kalau paket tersebut dimensinya tidak terlalu besar dan beratnya kurang dari 20 kg, kita bisa menggunakan GoSend. Bila lebih berat lagi, kita bisa menggunakan GoBox.

Apa bedanya dan apa saja fitur yang ditawarkan oleh keduanya? Kita simak penjelasan berikut ya.

Kemudahan Mengirimkan Barang Jualan dengan GoSend

jasa pengiriman paket

Sudah tahu dong aplikasi ini? Bahkan di antara kita sudah cukup sering menggunakan layanan ini untuk mengirimkan barang ke orang lain. Apakah itu barang dagangan atau bukan. Kebanyakan orang mungkin hanya tahu fitur ini melalui aplikasi Gojek saja. GoSend bisa dijangkau melalui web portal juga, bahkan API.

GoSend Via Aplikasi Gojek

Dengan menggunakan aplikasi ini, kita bisa melakukan pengiriman paket dalam hitungan jam. Kita juga tidak perlu khawatir mengenai kapan barang kita bisa dikirim atau tidak. Karena, GoSend telah tersedia selama 24/7.

Melalui aplikasi ini, kita pun bisa melacak lokasi pengiriman secara real time. Sampai mana lokasi paket dan kurir, semuanya bisa kita lacak dengan mudah. Barang yang dikirim juga telah dilindungi oleh asuransi. Jadi, kita tidak perlu khawatir lagi.

GoSend Web Portal

Selain menggunakan aplikasi Gojek, GoSend juga bisa diakses melalui web portal. Dengan cara ini, kita bisa melakukan banyak pengiriman barang sekaligus.

Melalui web portal pula, kita tidak perlu khawatir ada perubahan harga saat peak hour. Setiap status transaksi juga bisa dilacak dengan mudah melalui notifikasi yang ada. Selain itu, pengiriman Gosend telah dilengkapi dengan asuransi tanpa tambahan biaya.

GoSend API

Terakhir, kita bisa memesan GoSend melalui sistem/website/aplikasi usaha yang kita miliki melalui integrasi API. Dengan cara ini, kita tidak perlu khawatir dengan harga saat peak hour. Kita juga bisa melakukan pembayaran invoicing bulanan. Selain itu, paket yang kita kirim juga akan langsung dapat dilacak penerima melalui SMS maupun aplikasi Gojek. Paketnya dilindungi asuransi hingga 10 juta pula.

Area Pengiriman GoSend

Pengiriman dengan GoSend dibedakan menjadi 2 macam. Pertama, instant delivery untuk pengiriman langsung paket yang sifatnya urgent sehingga barang bisa diterima secepatnya. Kedua, same day delivery untuk pengiriman paket yang tidak terlalu mendesak. 

Pengiriman dengan instant delivery saat ini bisa dinikmati dari berbagai kota di seluruh Indonesia. Sementara untuk same day, ini hanya untuk wilayah Jabodetabek saja.

Pertanyaan yang sering ditanyakan saat orang akan menggunakan GoSend adalah apakah jasa pengiriman ini bisa menjangkau keluar kota? Jawabannya bisa. Kini, GoSend juga telah bekerja sama dengan Paxel untuk pengiriman barang keluar kota.

Kirim Barang Besar Lebih Mudah dengan GoBox

jasa pengiriman paket

Kalau GoSend digunakan untuk pengiriman barang yang kurang dari 20kg, kita bisa menggunakan GoBox untuk mengirim barang jualan yang lebih dari 20kg. Tidak hanya itu, kita juga bisa menggunakannya untuk pengiriman barang dengan skala banyak dengan harga transparan. 

Layanan ini kini telah hadir di 16 area di Indonesia. Mana saja area itu? Bali (termasuk Gianyar dan Tabanan), Balikpapan, Bandung, Cirebon, Jabodetabek, Karawang, Makassar, Malang, Medan, Palembang, Semarang (termasuk Ungaran), Serang, Solo, Surabaya (termasuk Gresik dan Sidoarjo), Tasikmalaya, dan Yogyakarta

Lalu, apa saja kemudahan yang ditawarkan oleh GoBox? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

jasa pengiriman paket

1. Proses pemesanan cepat

Kita bisa melakukan pemesanan GoBox secara langsung selama 24/7 sesuai kebutuhan.

2. Tidak ada harga ramai

Ingin melakukan pengiriman saat peak hour? Jangan khawatir. Kita tidak akan dikenai tambahan biaya bila melakukan pengiriman saat peak hour.

3. Mudah dilacak

Ini salah satu keunggulan GoBox juga. Kita bisa melacak posisi armada mulai dari penjemputan barang hingga sampai ke lokasi tujuan. 

jasa pengiriman paket

4. Tidak ada batasan jarak

Pengiriman dengan menggunakan GoBox juga tidak dibatasi oleh jarak. Ini amat sangat membantu pedagang online untuk mengiri barang dari gudang ke pengepul tanpa khawatir jarak lagi.

5. Pilihan armada yang beragam

Kita juga bisa memilih armada apa yang akan digunakan. Ada pick up bak, pick up box, engkel bak, dan engkel box yang bisa dipilih. Kita tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan pengiriman.

6. Dilindungi asuransi

Ini keunggulan lain yang membuat kita tidak perlu khawatir menggunakan GoBox. Paket yang kita kirimkan akan dilindungi oleh asuransi hingga 1 Milyar Rupiah. 


Kesimpulan

Pemilihan jasa pengiriman paket akan amat sangat mempengarungi kelangsungan bisnis online yang dijalankan. Kalau sampai salah pilih, bukan hanya kita yang rugi, tapi pelanggan pun jadi enggan memesan kembali. Karena itu, gunakan jasa pengiriman yang terpercaya dan terjamin keamanannya. 

Dalam hal ini, kita bisa memanfaatkan GoBiz untuk mendukung toko online kita. Selanjutnya, kita bisa pilih mau pakai GoSend atau GoBox. Yuk, percayakan pengiriman barang jualan ke GoBiz.


  • Share:

You Might Also Like

36 komentar

  1. bener banget mbak, memilih jasa pengiriman kalau bisa yang jangkauannya udah tersebar luas dan ada sistem trackingnya, kadang susah ngelacak barang udah sampai mana.
    dan nggak enaknya lagi kalau jangkauan nggak luas, barangnya lama sampainya, karena masih tersendat sendat gitu

    ReplyDelete
  2. sepakat bgt sih, soalnya suka kesel misal beli sesuatu tp kita nggak bisa tracking barangnya. pernah juga dikirim barang sm salah satu brand tp nggak bisa smpe rumah, harus COD ke kota karena katanya nggak ada layanan yg smpe ke rumahku. huhuhu, apakah rumahku terlalu ndeso yak? wkwkwk
    memang sepenting itu sih memilih jasa pengiriman paket

    ReplyDelete
  3. Waaah bener2 yaa si GoJek manjain penggunanya banget ya kak
    udah gitu banyak fitur baru yang bikin kita semakin love sama si gojek ini. firus gosend ini pun mempermudah pengiriman saat pandemi gini. kita gk perlu keluar rumah soalnya hehehe

    ReplyDelete
  4. Memang jasa pengiriman berperan sangat penting ya mbak buat yang punya usaha kayak gini. Apalagi yang udah punya pelanggan banyak dan tetap, kudu hati-hati bener pilih jasa pengirimannya. jangan sampai gara-gara jasa pengiriman yang kurang profesional, malah bikin pelanggan kecewa, dan ujungnya yang kena imbasnya yang punya usaha juga. Untung deh ada GoBiz.

    ReplyDelete
  5. waktu di Jogja saya salah satu pengguna setia dengan gosend, karena sering kirim barang ke teman-teman untuk keperluan kuliah, pengirimannya cepat dan aman, selain itu biasa buat kantong mahasiswa murah sangat penting dan di gosend ini sering banget ada diskon heheheh, kalau gobox saya belum pernah pakai

    ReplyDelete
  6. aku selalu berteman sama GoSend mba, kalo ada apa-apa yg butuh pengiriman cepat tuh emang pake jasa pengiriman paket dari GoSend ini, aman

    ReplyDelete
  7. Untuk jualan berbasis online, peran jasa pengiriman ini memang sangat krusial ya, Mbak .... Kalau salah memilih, bisa beresiko bikin pelanggan jadi kecewa karena paket barang yang datang kondisinya sudah penyok, misalnya. Atau waktu pengiriman yang lama, bahkan ada yang tidak sampai. Nice, info, mba. 😊

    ReplyDelete
  8. Go Biz ini benar-benar memudahkan banget deh buat pelaku bisnis online, bakalan jadi teman setia bisnis online nih secara banyak pilihan gini dalam urusan armada maupun cara pesannya :)

    ReplyDelete
  9. wah lengkap banget ya Go Biz. Aayangnya Batam belum ada. Kayaknya memuaskan banget pakai Go BIZ

    ReplyDelete
  10. Dengan hadirnya Gobiz ini tentunya sangat memudahkan sekali ya Mbak untuk pengiriman paket gitu mau itu diatas 20 kg atau dibawahnya tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan dan berat barang yang mau dikirim

    ReplyDelete
  11. berarti Gobiz ini satu aplikasi ama gojek ya mbak? pernah pake GoSend dan berakhir dengan menyenangkan paket-paket yang dikirim maupun yang diterima. Kita semakin dimanjakan dan dimudahkan dengan adanya berbagai jenis jasa pengiriman ini ya mbak.

    ReplyDelete
  12. Berharap layanan aplikasi ini segera sampai di daerah saya. Soalnya jangankan gobiz, gojek nya aja, blm ada di daerah saya di Cianjur Selatan mah. Ini Cianjur masih Jawa Barat lho ya. Hehehe

    ReplyDelete
  13. Bener banget. Bagi pebisnis online, memilih jasa pengiriman enggak boleh sembarang. Soalnya mereka ibarat penyambung nyawa. Barang dari kita udah bener, kalau jasa pengirimnya ngawur ya kita yang rugi.

    ReplyDelete
  14. Sekarang jasa dan produk apa pun asal bisa dionlinekan insyaallah ramai, ya.

    ReplyDelete
  15. Saya pernah pakai jasa GOBOX, memang bagus sih menurut saya. Dalam segi pelayanan, drivernya ramah dan ontime dalam penjemputan, Sekarang semua mau tak mau harus serba online.

    ReplyDelete
  16. Memang kudu hati hati ya kak dalam memilih jasa pengiriman. Kepercayaan pelanggan memang harus dijaga. Sangat rugi jangan gara gara jasa pengiriman. Pelanggan jadi pergi.

    ReplyDelete
  17. Keren ya Gobiz, bisa membantu pengusaha dengan jasa pengirimannya. Memang yang ga kalah penting dari jualan online ya ekspedisinya. Thank you informasinya ya mba

    ReplyDelete
  18. Saya sudah coba keduanya. :) Waktu itu pernah dikirim kue pakai go send. Alhamdulillah aman banget, drivernya juga hati-hati banget bawa kuenya dan pas ngantar betul-betul dipastiin barang antarannya enggak rusak. Terus, pernah juga pakai gobox untuk antar kulkas. Harganya lumayan kompetitif lah... dia enggak terlalu mahal.

    ReplyDelete
  19. Belum pernah pake layanan Gobiz ini mbak, tapi penasaran deh dengan cara kerjanya. Kebetulan saya juga punya usaha membuat dimsum dengan sistem Pre order, mungkin bisa coba pakai Gosend ya untuk memgirim pesanan ke konsumen yang agak jauh dari rumah.

    ReplyDelete
  20. Memilih kurir yang tepat memang harus diperhatikan oleh pengusaha supaya barang atau makanan yang dikirim sampai dengan selamat dan memuaskan pelanggan. Gobiz bisa banget jadi pilihan yang tepat nih.

    ReplyDelete
  21. Yes.. jasa pengiriman semakin banyak sehingga kita harus pandai2 memilih.
    Kalau saya, biasanya coba dulu satu dua kali baru dipakai untuk bisnis agar tidak.mengecewakan konsumen

    ReplyDelete
  22. Gobiz ini dari gojeg jadinya? Kalau gobox itu gojeg juga kan? Keren nih inovasinya. Makin mempermudah kirim-kirim banrang.

    ReplyDelete
  23. Senangnya sekarang makin banyak jasa antar barang yang terpercaya, karena kalo soal pengiriman barang emang mesti hati-hati biar barang yang kita kirim tetap aman sampai tujuan.

    ReplyDelete
  24. Saya terbantu banget lho Mbak kirim pake melalui GoSend ini, pernah terbawa dokumen penting dari kampus yg mestinya ditinggal. Untung bs krm paket dg cepat, Alhamdulillah

    ReplyDelete
  25. Memang harus jeli ya kalau gitu, info yang sangat bermanfaat mbak

    ReplyDelete
  26. Untuk pengiriman ke luar kota bisa gK mbak?

    ReplyDelete
  27. Mengirim barang lebih 20 Kg bisa pakai Gobox. Sayangnya masih 16 daerah, belum masuk daerah saya sepertinya.Semoga suatu saat nanti sampai ke Padang.

    ReplyDelete
  28. Gosend saya pernah coba. Lumayan memuaskan jasanya. Alhamdulillah.

    ReplyDelete
  29. Saya pernah memanfaatkan gosend. Namun belum mencoba Gobox. Semoga Gobox segera ada di daerah saya Bu.

    ReplyDelete
  30. Setuju banget
    saya langganan gosend untuk kirim paket dalam kota
    Thanks infonya

    ReplyDelete
  31. Setuju banget mba
    saya langganan gosend untuk kirim paket dalam kota

    ReplyDelete
  32. Setuju banget mba
    Saya langganan gosend untuk kirim paket dalam kota

    ReplyDelete
  33. Bisnis online dan jasa penngiriman paket. Bagai hatimu dan hatiku.. tak berjarak alias dekat.. eyaaaa hehe

    ReplyDelete
  34. Terimakasih infonya mba ☺️ bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  35. wah... bermanfaat sekali
    perlu dicoba nih

    ReplyDelete