6 Tipe Wisatawan, Mana Yang Sesuai Dengan Kepribadianmu?

By Aprilely Ajeng Fitriana - Wednesday, November 21, 2018

Namanya manusia, pasti berbeda tipe dari satu manusia ke manusia lainnya. Begitu juga dengan urusan travelling. Ada yang suka melakukan solo traveling, ada juga yang suka wisata beramai-ramai. Ada yang suka berlibur menggunakan tiket pesawat, ada juga yang memilih kereta karena nuansa romantisnya. Karena preferensi wisata yang berbeda-beda tersebut, wisatawan bisa dibedakan dari tipe-tipe berikut ini. 


Sang Penjelajah Budaya

sumber:@fadildels (instagram) 
Tipe wisatawan yang pertama ini adalah wisatawan yang begitu suka dengan budaya-budaya lokal dari lokasi tujuan wisata. Wisatawan tipe ini biasanya menghabiskan waktu liburannya untuk eksplorasi budaya warga setempat sekaligus mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang ada di kota tersebut. 


Penjelajah Makanan


sumber : app traveloka
Tipe berikut ini adalah tipe wisatawan yang paling banyak pengikutnya. Si penjelajah makanan biasanya akan berburu wisata kuliner khas dari satu tempat ke tempat lainnya untuk memuaskan hasrat makan mereka. Biasanya mereka akan menjajal kuliner tradisional mulai dari yang paling terkenal, hingga berburu makanan unik yang ada di daerah tersebut. Diet? Apa itu?


Si Tukang Irit 


sumber:@plushdesignstudio (unsplash) 
Biasanya tipe irit ini melakukan segala perencanaan liburan dalam budget yang sehemat mungkin. Berburu tiket pesawat traveloka promo adalah andalan si tukang irit ini. Selain tiket pesawat, tipe ini juga semangat dalam berburu berbagai macam diskon lainnya seperti promo hotel, promo tiket masuk tempat hiburan, dan promo restoran di tempat tujuan.

 


Penyendiri 


sumber :@csoref (coltonduke.com) 
Jika kamu lebih suka bepergian seorang diri dibandingkan harus liburan secara berkelompok, mungkin kamu masuk ke dalam tipe ini. Tipe penyendiri merasa lebih puas dan lebih bahagia ketika ia melakukan solo travelling ke suatu daerah. Hal ini biasanya dikarenakan ia merasa tidak ada rasa kesal satu sama lain ketika ada jadwal yang tidak sesuai.


Tipe Berserah Diri 


sumber:@rollelflex_graphy726 
 Bukan karena malas repot atau tidak paham benar lokasi tujuan, tetapi tipe yang satu ini memang lebih suka liburannya tertata dan diatur oleh tourist guide. Mereka lebih suka liburannya terjadwal dengan rapi tanpa perlu takut memikirkan risiko kesasar, risiko tiket pesawat kemahalan, dan lain sebagainya. Biasanya tipe yang satu ini akan ikut travel tour kemanapun mereka berwisata.


Tipe Panduan Wisata 


sumber:@sgabriel (unsplash)
Berbanding terbalik dengan tipe berserah diri, tipe panduan wisata ini lebih cenderung merencanakan segala sesuatunya sendiri tetapi mengikuti petunjuk wisata. Petunjuk wisata ini bisa diambil dari berbagai macam artikel, buku pedoman wisata, atau peta wisata yang ada di lokasi tujuan. Biasanya tipe ini tidak mengeksplorasi lebih dalam apa yang tidak ada di dalam buku panduan tersebut.

Dari 6 tipe wisatawan di atas, mana nih yang sesuai dengan kepribadian kamu? Oh iya, dengan mengetahui tipe-tipe seperti ini kamu juga bisa menjadi lebih memahami diri kamu sendiri lho. Jadi kedepannya kamu tak perlu bingung lagi harus pergi ke mana saat ada yang mengajakmu berwisata.

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. aku no.2 dan 3. emang bisa bisa dikompromikan kah kedua tipe ini? hihihi..

    ReplyDelete