Blog Favorit dari Masa ke Masa

by - Wednesday, November 28, 2018


Duluuu sekali, awal-awal ngeblog, bukan ini sih blogger favorit saya. Saya suka baca tulisannya Teh Suci Utami sama Karasanten yang kocak. Saya follow mereka. Jadi, kalau mereka update sesuatu pasti saya baca. Suka aja sama tulisan-tulisan mereka.

Waktu kuliah S2, saya udah jaaarang banget buka blogger. Lebih asyik main di tumblr. Terus saya nemu beberapa blog yang isinya kece banget. Beberapa orang pasti kenal nih sama mereka. Karena memang awalnya blogging, terus mereka punya buku masing-masing.

Kurniawangunadi



Saya suka tulisannya Mas Gun sebelum dia menikah. Saya nggak ngikutin dia dari awal sih, tapi waktu itu sepertinya dia lagi ngadepin life crisisnya. Dia cerita gimana dia fight sama semua itu dengan bahasa bukan curhat. Jadi bijaaaak sekali. Sampai akhirnya lahir anak pertamanya Mas Gun, Hujan Matahari.

Buku itu mostly isinya tulisan-tulisan di blognya dia. Tapi ada juga beberapa tulisan baru atau tulisan lama yang diedit lagi. Intinya sih, tulisannya bagus. Nggak heran kalau tulisannya dishare banyak orang.

Jagungrebus

Saya juga termasuk orang yang suka ngikutin tulisannya Mbak Dini Jagung Rebus. Tulisannya galak. Tapi nggak tahu kenapa saya merasa melihat diri saya itu ada di sosok Jagungrebus ini.

Dia perempuan yang milih untuk tegas sama dirinya sendiri dan terus maju meraih mimpinya. Kalau lagi galau tuh, dia suka marahin dirinya sendiri lewat tulisan-tulisan yang dia buat. Secara nggak langsung, otomatis dia ngomelin followernya yang lagi senasib sih.

Uniknya, gaya bahasa semacam ini yang jadi gaya tarik Mbak Dini. Singkat cerita, kami akhirnya temenan. Masuk ke komunitas blogger yang sama dan berinteraksi secara personal. Mbak Dini ini yang buatin desain undangan nikahan saya. Sukaaa.. Cantiiik semuanya.



Fahd Pahdepie

Dia family man buanget. Sebelum dia punya platform nulis sendiri, dia sering kan update di tumblr. Duuuh... Jadi punya banyak insight buat sangu berumah tangga. Suka aja baca keseharian dia sama keluarganya.

Edgar Hamas

Ini tulisannya nampol bener dah. Niche blognya sejarah Islam coba. Gile bener. Dia bisa gitu menampilkan sejarah dengan cara yang nggak bikin orang bosen. Bahkan, nungguin tiap postingannya dia.

Saya banyak tahu sejarah-sejarah Islam ya dari dia. Sepertinya, dia memang sedang riset tentang itu saat ini. Kan emang lagi kuliah di Madinah kan.

Sundarihana

Ini buleknya Kirana. Dia kocak banget orangnya. Suka baca tulisan dia yang kocak. Mulai baca-baca itu waktu dia jadi adminnya Retno Hening. Jadi, ibuknya Kirana umroh, terus IG dia yang pegang.

Setelah itu, dia banyak nulis di tumblr. Kocak banget waktu jagain Kirana. Suka ngasal karena emang clueless. 

Pasca pemblokiran tumblr, udah nggak pernah baca blog mereka lagi. Ribet mau buka tumblr. Akhirnya, kalau kangen sama tulisan mereka ya buka IG mereka. Tapi belakangan, dari pada tulisannya Mas Gun, saya lebih suka tulisannya Apik, istri Mas Gun. Kocak aja dia dalam menghadapi lika-liku berumah tangga.

***

Balik lagi ke blogger, semuanya udah beda. Blog yang dulu suka saya pantengin udah juarang banget update blog. Atau sayanya yang nggak tahu. Akhirnya ya punya reading list baru.



Ikut beberapa komunitas nulis, berhasil mempertemukan saya dengan beberapa penulis kece ini. Saya suka aja mampir ke blog mereka buat baca postingannya.

muyass.com



Mbak Muyass ini founder estrilook.com. Orangnya itu masya Allah getol sekali buat nulis dan menghasilkan karya. Buku punya dia yang launching tahun ini nggak cuma satu. Warbyasah.

Mbak Muyass juga suka bagi-bagi tips nulis buat para pemula. Dia ramu dari pengalaman manis, asem, asin, dan pahit yang sudah pernah dilalui. Jadi punya insight lebih buat survive di dunia kepenulisan.

jeenatassya.com



Nemu blog ini dari blogwalking BPN challenge sih. Tapi begitu baca blognya dia langsung kerasan. Kalau waktunya blogwalking, blognya dia yang saya cari. Kalau ditanya kenapa, jawabannya yaaa suka aja..

Ada sih blogger lain yang saya suka tulisan-tulisannya. Tapi di IG. Bukan di blog. Itu ada annisast sama byputy. Saya suka ilustrasi yang mereka bikin juga. Lucu aja gitu. One day, kalau belajar nulisnya udah lancaaar banget. Mau belajar gambar juga kaya Mbak Icha.

Dah, itu aja. Sekarang belum sampai 5 sih. Tapi nanti lama-lama juga bakal nemu blog mana yang bikin ayem dan betah nongkrong di sana.

You May Also Like

18 komentar

  1. Jagung rebus kayaknya seru mbak.. jadi pingin baca juga.. hahhaa.. terima kasih rekomendasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi udah susah kalau mau baca lagi. tumblr kan diblokir

      Delete
  2. Ooooo.. baru tauuuu...
    Tumblr juga tak ada lagi to, seperti Multiply..

    ReplyDelete
  3. Wah jagung rebus kayanya punya daya tarik yang luar biasa ya mbak, ciri khas nya bangett

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, namanya juga eksentrik. tapi sayang, udah susah kalau mau baca lagi

      Delete
  4. Wah banyak dapet rekomendasi blog seru nih. Makasih, Mba sharing-nya! :D

    ReplyDelete
  5. Kalau blognya mbak Muyas aku sering baca resep masakannya. Ini dah lama nggak mampir ke blognya, hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku sukanya juga di situ, suka bagi2 tips blogging sama resep masakannya.

      Delete
  6. Mbaaaa.. Akhirnya bisa juga berkunjung ke sini.
    Gak tau kenapa saya buka berkali2 lewat komputer eror mulu, kayak trouble gitu.

    Pas iseng buka di hape eh Alhamdulillah bisa.

    Blogger yang saya kenal cuman mba Muyas mba.
    Keren2 banget deh blogger favoritnya.
    Saya juga jadi kenal banyak blogger gegara tema ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa sih mbaaak?
      Jaringannya mungkin.

      Hehehe... Makasi mbak :)

      Delete
  7. Mba, harusnya url blog nya dikasih juga dong, biar kita bisa kunjungi :)

    BTW.. makasih loh ref blog kerennya.

    Salam Kenal!

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiyaya, lupa. hehehe. makasih ya udah diingetin. salam kenal juga

      Delete
  8. Aq suka juga dengan tulisan2 bulek hana. sayangnya di kantorku tumblr diblock, jadilah ga bisa baca2 buat sekedar pelepas penat, hehe.. lgsg cuss ke IG nya biasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, aku juga sekarang bacain IG dia. mayan buat hiburan.

      Delete
  9. Bakal ngecek blog mereka di atas hehe. Salam :)

    ReplyDelete