5 Tips Hidup Sehat untuk Kamu yang Tinggal di Kota Hujan

by - Saturday, December 01, 2018



Kota Bogor merupakan kota yang memiliki curah hujan yang cukup tinggi setiap tahunnya. Tak heran jika kota ini disebut sebagai Kota Hujan. Tinggal di kota ini, tentu harus punya segambreng solusi untuk tetap menjaga kesehatan anggota keluarga. Kali ini, saya akan berbagi sedikit tips hidup sehat untuk kalian semua.

1. Atur pola makan yang sehat dan seimbang



Asupan gizi yang baik akan membantu tubuh untuk tumbuh dan berkembang dalam menjalankan masing-masing fungsinya. Tentu, hal ini akan sangat amat berguna untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh pula. Apalagi jika kita tinggal di daerah dengan curah hujan yang cukup tinggi, seperti Bogor. Menu makan yang sehat sudah pasti disediakan di rumah. Tidak hanya itu, pola makan pun harus diatur waktu dan porsinya. Agar kandungan gizi makanan bisa terserap oleh tubuh secara sempurna.

2. Teratur minum air putih



Bogor itu hawanya dingin. Dalam kondisi seperti ini, biasanya jadi jarang haus juga. Akhirnya, intensitas minum jadi kurang. Padahal minum air putih secara teratur itu penting sekali lho. Selain membantu sistem pencernaan dalam mengolah makanan, air putih juga kan berguna untuk menjaga tubuh agar tidak dehidrasi.

Nah, kamu bisa nih mulai mengecek kondisi tubuh apakah sedang dehidrasi atau tidak dari urine yang dikeluarkan. Warna urine yang baik itu yang warnanya bening kekuningan. Semakin pekat warna urine, artinya tubuh semakin butuh asupan cairan yang lebih banyak lagi.

Kalau kamu termasuk orang yang suka lupa minum. Coba deh untuk mulai mengatur minum dengan memberikan alarm peringatan setiap beberapa menit sekali.

3. Olahraga teratur



Hujan tentu bukan menjadi alasan untuk berhenti berolahraga. Justru, ini menjadi hal yang wajib untuk diupayakan. Olahraga yang dilakukan dengan cara yang benar dan waktu yang tepat akan dapat membuat peredaran darah menjadi lancar serta menguatkan otot dan tulang.

Kalau kamu tidak punya cukup waktu untuk berolahraga. Pastikan bahwa aktivitas sehari-hari tidak hanya didominasi dengan bergerak aktif setiap hari. Jadi, tidak hanya duduk di depan computer saja ya.

Saya biasanya mengganti olehraga dengan bersih-bersih rumah. Aktivitas fisik ini biasa saya lakukan selama 1 jam setiap harinya. Lumayan banget untuk mengeluarkan keringat. Pas weekend, baru deh jalan-jalan ke bunderan Yasmin dari rumah. Jaraknya kira-kira 1,3 km perginya doang. Ditambah muterin jalan-jalan ke pasar dadakan sama perjalanan pulang ya 2,5 km lebih. Mayan banget buat bakar lemak dan ngelemesin otot.


4. Hindari stress berlebih



Tuntutan hidup dan beban pekerjaan, tak jarang suka bikin stress ya. Kalau ini berangsur-angsur dan tak kunjung membaik akan ada gejala fisik yang dapat ditimbulkan. Sakit kepala, sakit perut, meningkatnya tekanan darah tinggi, dada terasa sakit, hingga susah tidur.

That’s why, penting banget untuk mengelola pikiran supaya nggak gampang stress. Coba ambil sedikit waktu untuk rileks sejenak. Boleh banget lho menyalurkan hobi atau sekedar leyeh-leyeh aja, supaya pikiran tidak terlalu tegang.

Jangan lupa juga untuk terus sabar dan bersyukur atas segala pemberian Allah. Hal ini benar-benar ampuh untuk membuat jiwa lebih tenang. Coba deh, kalau nggak percaya. Kalau dapat rejeki, banyak atau sedikit, syukuri. Kalau dapat musibah, sabar. Pasti enteng tuh hidupnya.


5. Istirahat yang cukup



Istirahat yang cukup ini bermanfaat sekali untuk menjaga tubuh dan pikiran tetap sehat. Pastikan jam tidur kita telah terpenuhi dengan baik. Biasakan tidur dan bangun di waktu yang sama. Mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan music bisa banget lho untuk membantu pikiran lebih rileks lagi.



Nah, itu tadi tips hidup sehat ala Lelly. Selamat mencoba.

You May Also Like

2 komentar

  1. Satu lg, meski tinggal d kota hujan, jgn sering kena hujan juga. Krn sekuat apapuj qt, kalau kehujanan sering2, sakit2 jg, minimal hacim hacim #influenza

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa bener. Makanya selalu sedia jas hujan dan sepatu karet kemana pun pergi

      Delete