What Are You Doing on Holiday?

By Aprilely Ajeng Fitriana - Sunday, December 09, 2018



“Apa sih yang kamu lakukan di hari libur?”

Libur apa aja ya. Weekend, long weekend, libur semester, libur lebaran.

Dulu, saya hanya menganggap kalau di rumah aja itu bukan liburan. Namanya liburan itu artinya keluar dari aktivitas sehari-hari. Pergi ke mana gitu. Minimal, ke rumah Mbah. Itu waktu SMA sih. Ini karena orang tua saya tidak membiarkan saya diam di rumah. Jadi, tiap kali libur, rasanya sesek banget di rumah. Akhirnya, saya kabur-kabur. Pamit ke rumah Uti, ikutan camping, atau apapun yang bikin saya keluar rumah.

Waktu kuliah semuanya berubah. Saya jauh dari orang tua. Punya privacy. Bisa merasakan apa sih me time itu. Akhirnya, pandangan saya ketika libur pun berubah. Rumah juga mulai menyenangkan untuk jadi tempat pulang kalau liburnya nggak lama. Jadi, kalau weekend, pasti saya usahakan untuk pulang. Nggak jauh juga kan. Cuma Malang – Surabaya aja.

Saya tetap menghindari terlalu lama di rumah karena pasti bakal berantem sama orang tua saya. Adaaaa aja. Dan kalau sudah begini, pasti saya akan cari alasan untuk segera balik ke Surabaya. Finding inner peace. Hehehe

Liburan juga nggak melulu pulang dan ketemu orang tua. Ada kalanya juga saya diem aja di kamar kost, sambil baca buku atau nonton film. Kostan kalau weekend kan sepi banget. Jadi, bebas mau ngapain aja. Kreativitas tak terbatas ruang dan waktu. Ya kadang bikin crafting juga.

Setelah menikah, liburan buat saya adalah FAMILY TIME. Waktunya saya ngumpul sama keluarga. Nggak lagi nyari me time. Asal waktu itu habis bareng suami, itu sudah menyenangkan. Dan ini nih yang biasa kami lakukan saat liburan. 

Gegoleran di Kasur


Nggak ke mana-mana, nggak masak, cuma gegoleran berdua aja di kasur. Kadang saya sambi nulis, main game sampai nyawanya abis, kalau ngantuk tidur lagi.

Apa kabar suami? Ya jelas tidurnya. Bangun kalau saya mulai gangguin dia.

Seberapa sering begini? Agak jarang sih, kalau weekend biasa udah punya agenda mau ke mana atau melakukan apa. Jadi, gegoleran ini terjadi hanya jika nggak kepikiran mau ke mana-mana aja. 

Kerja Bakti


Rumah saya cukup luas. Kalau bersihin rumah sendiri itu ya mayan capek. Jadi, saya bersihinnya ala kadarnya aja. Di sapu aja. Tiap hari, asal debu-debu ilang. Dah, gitu aja. Ngepel? No no no. mohon maap, nggak sanggup kalau sendirian.

Kalau libur, ini waktunya kerja bakti. Bersih-bersih rumah bareng. Masak bareng. Food prep bareng. Belanja mingguan bareng. Semuanya dilakuin sama-sama. Nggak ada niat mau kerja bakti seharian sih. Tapi kalau udah begini emang makan waktu hampir seharian. Tahu tahu udah dhuhur aja. 

Jalan-jalan


Ini kalau ada tujuannya ya keluar rumah buat jalan-jalan. Even cuma main ke Bunderan Yasmin atau ke Giant Yasmin. Itu udah jalan-jalan. Kalau mau jauhan dikit ya jalan-jalan ke tempat nyuci mobil. Ke dokter gigi, terus makan Mie Aceh Bangladesh. Atau ke puncak. Ini juga pernah. Motoran gitu. Terus pulangnya saya ngantuk berat. Akhirnya tidur di motor. Wkwkwk..

Ke Bali juga pernah. Kalau main yang sejauh ini, suami pasti usah susun itinerary buanyak banget. Dia susun based on rute. Jadi, buka map gitu terus nyari rute sama estimasi perjalanan dari satu tempat ke tempat yang lain. Karena berdua aja, kalau bosen langsung pindah tempat, nggak perlu nungguin yang lain dulu. 

Upgrade Ilmu


Mumpung suami libur, biasanya ajakin dia ke kajian, seminar, atau workshop yang pesertanya umum. Jadi bapak-bapak sama buibu bisa semuanya. Nggak selalu saya yang ajakin sih. Kadang juga suami yang ajak. Kalau nemu kajian bagus, suami saya share. Begitu juga dengan saya kalau lagi nemu kajian yang bagus ya dishare. Terus kita dating berdua gitu. Sampai lokasi kami dipisah. Ya nggak apa-apa sih, toh niatnya berangkat ya emang buat belajar. Bukan buat kencan. 

Kejar Deadline


Ini yang paling nggak asyik nih. Nggak tiap weekend juga sih. Tapi kalau lagi ada setoran tulisan yang agak banyak pasti ya kayak gini. Liburan saya terkuras untuk memandang mesra laptop dan mulai menyelesaikannya.

Itu tadi, liburan ala saya dan keluarga. Kalau kamu?

  • Share:

You Might Also Like

8 komentar

  1. Aktifitas liburan kita mirip-mirip, Mba. Kalo udah hari Minggu, biasanya suami juga kepingin istirahat aja di rumah (walau kenyataannya lebih sering jalan-jalan sampe sore, maklum istri bosen semingguan di rumah hahahaha).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku bahkan malem baru sampek rumah kalo keluar sama suami. Bogor macetnya warbyasah kalo weekend.

      Delete
  2. Kerja bakti itu gak bisa ditangguhkan ya.. hahha.. namanya libur, ya wes kerja bakti deh.. hihii.. itung-itung olah raga kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya kalo nggak libur gabisa mbak. Suami pulangnya malem banget. Jadi ini the only way.

      Delete
  3. hehehe ya begitulah yg namanya liburan. tapi kalo gegoleran kayaknya hal mewah buat saya :)

    ReplyDelete
  4. Merindukan goleran aja di kasur, sambil nonton film, sambil ngemil :D
    Kapan lagi ya bisa kayak gitu, masih harus menunggu beberapa tahun lagi :D
    Btw saya juga dulu sering tidur di motor, pernah ke Jogja naik motor dari Surabaya, trus ngantuk banget, ga kuat lagi rasanya.
    Akhirnya tangan saya diikat ama suami, takut jatuh di jalan hehehe

    ReplyDelete
  5. Wkwkwkw... Samaan. Sampek rumah dikomplain suami. "kok bisa-bisanya tidur di motor."

    ReplyDelete