Desember, Yuk, Belanja!

By Aprilely Ajeng Fitriana - Monday, December 17, 2018


Udah tanggal 17 nih. Apa kabar kantong? Masih aman dengan serangan harbolnas kemarin? Saya masih dong. Aman damai sentosa. Bukannya apa-apa, duitnya abis buat beli kasur sama lemari. Wkwkwk..

Maklum pengantin baru. Prioritas utamanya masih ke barang-barang gedhe dulu buat isi rumah. Saya juga nggak nengokin online shop sama sekali waktu 11.11 itu. Katanya sih, waktu itu juga lagi diskon gila-gilaan. Harbolnas kemarin juga sebetulnya nggak ada niat buka situs belanja kalau suami nggak suruh.

"Dek, nganggur, nggak?"

Ini tumbenan lho suami message begini pas jam kantor. Saya kira ada sesuatu yang urgent banget gitu. Nggak tahunyaaa...

"Kalau nganggur, ikutan flash sale. Harbolnas gini banyak online shop yang ngasih flash sale."

Ya Rabbanaaa...



Saya kira apaan coba. Ternyata istrinya disuruh buka situs belanja dan ikutan flash sale. Padahal yaaa... saya itu nggak suka ikutan flash sale gitu. Nggak sabar aja. Terus kan biasanya pas jamnya itu udah lemot banget kan. Ampun deh.

Tapi ini yang suruh suami. Jadi ya harus taat. Toh, bukan sesuatu yang dilarang, 'kan?

Abis suami bilang gitu, saya langsung buka situs online favorit saya untuk lihat flash sale-nya. Nggak ikutan flash sale yang rebutan sih. Ikutan yang masih harus diundi dulu. Terus kalau kalah, duitnya dibalikin. Saya ikut yang begitu. Jadi, rekening tetap aman terkendali.



Nah, berhubung tema challenge kali ini adalah situs belanja online. Saya mau berbagi racun di liburan sekolah yang nggak cerah-cerah amat ini. 

Bukalapak



Siapa sih yang nggak tahu dengan situs online satu ini? Mungkin di sini juga tempat buibu, pakbapak, mbakmbak, dan masmas sekalian belanja. Semua juga tahu keunggulan dari Bukalapak, ya kan? Iyes, semuanya ada. Mau cari mobil sampai panties juga ada di sini. Karena memang ada berbagai pelapak di sini.

Ngomong-ngomong soal Bukalapak, jadi inget gaun pengantin yang saya pakai waktu nikahan kemarin. Percaya nggak kalau saya belinya online? 

Jadi, nikahan saya itu persiapannya emang nggak ada sebulan. Mau sewa baju kok nggak ada yang sreg. Mau beli baju di butik kok mahal amat. Ada sih yang bagus, tapi ternyata punya orang. Ibu saya juga ogah-ogahan diajak ke pasar. Itu puasa mamen, kalau harus keliling pasar sendiri, mohon maaf nggak sanggup.

Di tengah kegalauan itu, akhirnya saya iseng aja nyari gaun warna putih. Eh, kok ada yang bagus. Harganya juga nggak sampai sejuta. Sederhana tapi tetep elegan gitu. Suka aja sama gambarnya. Agak gambling sih ini. Tapi nekat beli. Begitu datang bagus beneran lho. Asli.

Gaun yang saya pakai ini belinya di Bukalapak :D


Apa sih yang saya suka dari belanja di Bukalapak? Terjamin. Jadi dia memverifikasi tidak hanya berdasarkan resi aja. Saya pernah lho beli barang di situs online lain yang lumayan terkenal juga. Sistemnya masih verifikasi dari resi aja. Dari website, katanya barang saya udah saya terima. Waktu itu masih ngekos kan. Nggak selalu nerima barang sendiri. Biasanya ibu kost yang terima, terus diantar. Ini udah lewat 2 hari kok nggak ada barang yang diantar ke kamar. Saya tanya dong ke ibu kost, katanya nggak terima juga. Terus saya buka web lagi, cek resinya. Tahu nggak? Dia kirim ke alamat lain. Jadi, dia pakai resi abal-abal gitu. Ngeselin kan?



Sejak itu saya nggak berani belanja online di situs yang nggak ada verifikasi dari pembelinya. Nah, berhubung Bukalapak ini ada, saya berani dong. Bahkan, saya pernah beli Yoga Book di Bukalapak. Deg-degan juga sih beli di sini. Tapi karena ada jaminan dari Bukalapak yang akan mengembalikan uang kita 100% kalau barangnya nggak sesuai, saya beranikan diri untuk beli.

One day, laptop itu bermasalah. Saya langsung kontak tokonya dari akun Bukalapak. Terus korespondensinya pindah ke WA biar lebih cepet. Saya kirim ke tokonya. Karena memang harus masuk service center sana. Abis itu, saya dikabari kalau laptopnya mau diganti baru sama pihak Lenovo. Seneng nggak seeeh? Laptop baru.



Karena diganti baru, temper glass yang udah terlanjur terpasang di laptop harus saya ikhlasin. Mana pasangnya di bagian layar sama holo keyboardnya pula. Ya sudah lah yaaa... Apalah artinya temper glass kalau akhirnya saya dapat laptop baru. Kapan-kapan aja saya buatin review Yoga Book-nya. Ini laptop favorit sih. 

Adorableprojects



Ini tempat jualan sepatu homemade. Saya awalnya tahu ini dari instagram sih. Tapi karena kalau beli di agennya ribet bener ya. Jadi saya langsung ke situsnya aja. Barang-barang yang ada di sini itu semuanya bagus. Kualitasnya wow banget. Saya beli sepatu dan tas di sini itu awet banget. Harganya? Nggak mahal kok.

Kalau mau cari sepatu-sepatu yang bagus, kualitas juga bagus, bahkan pingin custom. Langsung aja capcus ke websitenya. 

Ini koleksi terbarunya. Gimana? Kece badai, nggak?


Bukusip



Kalau ini tempat jual buku-buku Islami. Saya suka aja beli di sini karena fast respon dan barang juga sampai cepet banget. Kalau buku yang diterima cacat, boleh dikembalikan lagi. Kalau ternyata buku yang dipesen via web nggak ada, duitnya juga dibalikin. 

Keunggulannya lagi, dia suka ngasih voucher. Kalau belinya banyak, voucher diskonnya makin gedhe. Makanya kalau beli buku di sini, nanggung banget kalau cuma beli satu atau dua. Biasanya sih saya genapin sampai nominalnya 200-300 ribu. Biar murah. #emakemaklyfe

Zizara



Saya sebetulnya udah nggak berani lagi buka situs ini saking racunnya. Gamis yang ada di sini itu modelnya bagus-bagus banget. Nggak lebay juga. Terus bisa dipakai ngantor, jalan-jalan, bahkan ke kondangan juga. Lebih hemat karena nggak harus pakai baju tertentu untuk acara tertentu. Harganya juga nggak mahal-mahal banget sih. 

Kualitas bahan? Nggak usah diragukan lagi. Enak kok. Saya udah coba bandingin bahan yang dijual sama Zizara dengan online shop lain. Iya, mereka emang jual dengan harga yang lebih murah, tapi kualitasnya juga nggak bisa nyaingin Zizara. Bahannya adem-adem banget lho dia. Terus nggak nerawang even warnanya cerah. Sukaaa banget. 

Lihatlaaah... Gimana coba caranya menahan gejolak buat nggak beli? T_T


Racunnya adalah dia suka ngeluarin varian baru tiap bulan. Semuanya bagus pula. Kan ngeselin ya. Jadi pingin belanja terus gitu. Makanya, saya bilang kalau nggak berani buka situs ini. Saking racunnya. Lagi bokek juga kan ini ceritanya. Huhuhu...

Instagram



Oke, ini memang bukan situs online. Tapi faktanya saya nemu banyak banget toko online ya dari instagram. Kelas jualan di instagram juga beda 'kan? Dia emang nyasar orang-orang menengah ke atas. Jadi, barang yang dijual rata-rata emang yang bagus. Jarang sih beli dari sini terus zonk. Cuma ya gitu. Harganya itu lho. Seringnya nggak shantai.

Sekarang sih saya mulai tobat dari akun-akun online shop. Kalau emang nggak lagi pingin beli saya unfollow mereka. Biar nggak jadi racun yang meracuni dompet dan rekening saya. 

Udah ya, itu tadi 5 situs online yang biasa saya kunjungi kalau lagi pingin belanja online. Recomended banget lah semuanya. Kalau nggak percaya boleh banget dibuktikan. Tapi jangan salahin saya kalau keracunan sama produk-produk mereka ya.


  • Share:

You Might Also Like

12 komentar

  1. Waw oke juga yaa gaun nikahan bisa dapet dari online shop, cantik pulaa. Jodoh berarti sama gaunnya hahaha

    Aku juga bikin sepatu nikahan di Adorable Projects dan hasilnya memang bagus banget sih. Sesuai keinginan dan harganya terjangkau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, waktu mau nikah dulu juga pinginnya pesen di Adorable Projects tapi nggak nutut waktunya. mepet bangeeet >.<

      Delete
  2. aku cuma tahunya bukalapak n instagram. intip yg laen juga ahh
    aia cantik banget euy gaun pengantinnya :*

    ReplyDelete
  3. Mbaaaa, saya sungguh nyesal baca postingan yang ini, saya mulai terketuk mau buka Zizara wakakakak.
    Gawat nih, saya suka ga bisa nahan kalau udah kepincut hiks
    Kalau saya lebih suka beli di e-commerce ketimbang di IG, takut ditipu hahaha.
    Dan saya juga aslinya jarang sih beli online, apalagi yang sale2 gitu.
    Kecuali sale di e-commerce besar, kayak Hijup, Zalora, Hijabenka.
    Kan dia jualin punya sendiri, jadi lebih aman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hijabenka nggak jual punya dia sendiri yang saya tahu. Itu punya orang juga. Tapi udah mereka seleksi betul2 untuk layak konsumsi pasar.

      Delete
  4. Jujur aku nggak jarang belanja online. Lihat rekomendasi ini mendadak pengen lihat-lihat. Yang bukalapak itu padahal aku punya akun karena dulu pengen jualan, tapi males ngisi. Ini parah banget.

    ReplyDelete
  5. Harbolnas gak ngefek mbaa
    Cuma kagum aj sekaligus pengennn pas liat bapak2 gojek dapet undian mobil mewah seharga 700 jt
    Sm bapake mobile mo dijual
    Si bapak belinu pas harbolnas harha 12 rb
    Masuk kompas tv klo g salah

    Btw yg instagram itu sama bgts
    Aku beli sarlem bwt diet dll jg dr situu wkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga cobain itu mbak. tapi nggak ada yang dapet. wkwkwkkwk...
      IG itu udah macem pasar sih emang. apa aja ada

      Delete
  6. Waah.. hihi. Bajunya cantik loh mbak.. biasanya kalo yang pada beli baju online, ada aja gitu yang bermasalah.. Alhamdulilah gak ya.. cantik pula. Alhamdulilah saya belum pernah kena tipu (dan semoga jangan pernah).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... Makasi mbak 😘
      Aku jarang sih bermasalah kalau beli baju online. Karena biasanya lihat harga dan bahan juga. Bahan apa harga kainnya biasanya berapa. Kalau teralu murah biasanya agak zonk. Hehehe..


      Aamiin.. Jangan sampai lah mbak

      Delete