Tutorial Memasang Google Analytics ke Blog (untuk Pengguna Blogger)

by - Tuesday, January 15, 2019


Google Analytics itu penting nggak penting sih. Buat yang cuma pingin nulis aja di blog, tanpa ada target traffic sama sekali sih rasanya nggak masalah juga nggak pasang Google Analytics. Tapi kalau kamu pingin tahu seberapa optimal sih tulisan yang kamu buat itu ngena ke pembaca maka kamu harus mulai mempertimbangkan ini. Jadi, nggak bisa kita mengandalkan data statistik dari bawaan blog aja. Sebisa mungkin sih install Google Analytic di blog.

Caranya gimana?

Tenang, kali ini saya akan berbagi cara untuk memasang Google Analytics ini di blog kita. For your information, tutorial ini hanya untuk pengguna platform Blogger saja ya.

1. Sign up

Kalau kamu baru pertama kali menggunakan Google Analytics dengan akun google yang kamu miliki, kamu bisa mulai mendaftarkan akunmu terlebih dahulu ke sini.



Kemudian, isikan data yang dibutuhkan oleh Google Analytics, seperti nama pengguna kita, nama blog yang kita punya, URL, dll.



Pastikan semua data telah sesuai dengan kita. Lalu, klik Get Tracking ID.



Seperti biasa, nanti akan keluar policy yang harus kita perhatikan dan baca secara seksama sebelum disetujui. Kalau sudah paham dan setuju, silakan klik I Accept 



2. Copy Tracking ID ke Blog

Setelah kamu persetujuan itu, kamu akan terhubung pada laman Google Analytucs. Di situ, kamu akan mendapatkan Tracking ID yang nantinya dapat kamu hubungkan ke blog kamu. Copy Tracking ID yang kamu dapatkan dari Google Analytics-mu. Lalu, buka dashboard blogmu dan paste pada Setting > Others > Analytics Web Property ID. Jangan lupa untuk menyimpan perubahan yang telah kamu buat.

Di sini, kamu akan mendaptkan Tracking ID. Silakan copy ID tersebut.
Masuk ke blog dan paste ID tersebut di sini.

 

3. Cek apakah blogmu sudah terhubung dengan Google Analytics

Secara tampilan, tidak akan ada perubahan apapun antara sebelum menggunakan Google Analytics dan tidak. Pada bagian dashboard blog sekali pun tidak aka nada tampilan apapun yang menunjukkan adanya tambahan data statistik dari Google Analytics. Untuk mengecek apakah blogmu sudah terhubung dengan Google Analytics atau belum, kamu harus memantau dari akun Google Analyticsmu sendiri.

Masuk ke Google Analytics. Klik home. Buka blogmu dengan browser apapun. Cek jumlah active users right now yang ada pada Google Analytics. Jika menunjukkan angka 1, artinya blogmu sudah terhubung dengan Google Analytics. Angka 1 ini menunjukkan bahwa ada orang yang sedanv melihat blogmu, dalam hal ini ya kamu sendiri.

Jika sudah terhubung, akan muncul angka 1 ketika kamu membuka blogmu.


Bagaimana? Mudah sekali, bukan? Kalau kamu memang sedang dalam upaya untuk menaikkan traffic blog dan meningkatkan kualitas blog, saya rekomendasikan kamu untuk segera install Google Analytics ini. Ada banyak sekali data yang dapat kamu pakai untuk mengukur performa blogmu. Ini akan memudahkanmu untuk meningkatkan lagi performa blog, baik dari sisi konten, waktu loading, atau yang lain. Selamat mencoba.


with love,


Tulisan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community.
#Day15 #ODOP #EstrilookCommunity

You May Also Like

10 komentar

  1. lha ini yang aku cari-cari, tentang GA, Syukron bu dosen sharingnya 😍

    ReplyDelete
  2. Poin 2 helping banget mba, menjawab kegalauanku ini kenapa di app statistiknya nol nol aja wkwk. Makasih mba Lelly ❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa... harus dihubungin dulu atuh neng. kalau nggak konek gimana mau baca data.

      Delete
  3. Semua tahapan yang udah dijelasin kak Lellu diatas udah kusetting dengan benar dan memang juga sudah terkonek dengan baik tapi kok jumlah statitiknya belum muncul juga ya, padahal udah seminggu ini daftarnya.
    Apa memang hasil laporan statistik memerlukan waktu beberapa hari kemudian setelah pendaftaran ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas perlu cek lagi apakah GA mas sudah terhubung atau belum dengan blog. Coba buka home blog bersamaan dengan GA, kalau ada angka 1 pada active users, artinya sudah terhubung. kalau belum ya bagaimana bisa keluar data.

      Delete
    2. Baik, kak Lely akan kucoba periksa ulang semuanya.
      Terimakasih nasehatnya, ya.

      Delete