Pengaturan Dasar Blog pada Platform Blogspot (untuk Pemula)

by - Sunday, January 06, 2019



Kemarin, kita sudah sama-sama belajar bagaimana sih caranya membuat blog. Mulai dari membuat akun Gmail sampai dengan membuat blog dengan platform Blogspot. Kemudian muncul pertanyaan baru, kalau sudah jadi terus apa lagi? Begini aja? Atau ada pengaturan lain yang harus diperhatikan?
Yap, tentu ada beberapa pengaturan pada blog kita yang perlu diatur-atur lagi. Tujuannya apa sih? Tentu saja supaya blog kita bisa dideteksi oleh mesin pencari.

Sebelum kita mengatur beberapa hal di blog kita. Yuk, kenalan dulu dengan apa saja sih yang ada di dalam platform ini.


Mengenal Antarmuka Blogspot



Ini adalah tampilan awal dari blog. Kita bisa sama-sama lihat di sisi kiri ada beberapa fitur yang ada di dalam blog. Masing-masing fitur ini punya fungsi masing-masing.



  • Post, ini isinya tentang list blog post yang sudah kita tulis. Dari sini, kita juga bisa tahu berapa banyak pengunjung yang melihat masing-masing post kita dan berapa banyak komentar yang masuk. 
  • Stats, kalau ini isinya data statistic kunjungan ke blog kita. Dari sini, kita bisa tahu berapa sih jumlah pengunjung harian, mingguan, bulanan, atau bahkan dari awal blog kita dibuat hingga sekarang. Bukan hanya itu, jumlah followers kita juga akan ditampilkan di sini. Mana blog post yang palling banyak dikunjungi, asal kunjungan itu dari mana, hingga negara mana saja yang bisa menjangkau blog kita bisa kita ketahui dari sini.

  • Comments, isinya tentang list komentar dari setiap blog post yang sudah kita publikasikan di blog.
  • Earning, ini fitur yang digunakan untuk memonitor google adsense kita. Jadi, kalau mau mengaktifkan ini, kita harus pasang dulu google adsense di blog kita. Kalau belum ya nggak bakalan muncul.
  • Pages, ini isinya adalah semua halaman yang ada di blog kita. Nah, soal halaman ini, biasanya para blogger mengisinya dengan Profil mereka. Ada juga yang menambahkan dengan disclaimer dan beberapa achievement yang sudah mereka dapatkan.
  • Layout, ini tempat untuk mengatur tata letak dari blog kita. Mau menambahkan menu atau widget lain ada di sini. 
  • Theme, ini nih tempatnya untuk merubah atau mengedit tema blog. Bisa menggunakan pilihan yang sudah ada dari blogspot, bisa juga upload tema lain. Kalau di sini, kita akan mengedit template menggunakan source code html-nya langsung.
  • Setting, ini nih antarmuka yang akan kita bahas secara detail. Isinya tentang pengaturan blog secara umum.


Pengaturan Dasar Blogspot

Setelah punya blog baru, kita bisa otak-atik setting sesuai dengan keinginan kita. Tapi, ada beberapa pengaturan dasar yang perlu diperhatikan agar blog kita bisa diindeks oleh mesin pencari.

1. Judul dan Deskripsi



Isikan judul dan deskripsi blog yang sesuai dengan blog yang ingin kita bangun. Kita bisa memasukkan beberapa kata kunci di sini untuk dijadikan branding blog kita.

2. Bahasa dan Zona Waktu


Pemilihan Bahasa harus disesuaikan dengan target pembaca kita. Kalau target kita adalah pembaca yang berbahasa Indonesia, maka pilihan Bahasa bisa dipilih Bahasa Indonesia. Kalau Bahasa lain, kita bisa sesuaikan.

Jangan lupa untuk mengatur zona waktu tempat kita tinggal. Kalau kita tinggal di Indonesia, bisa menggunakan GMT+7 Jakarta.

3. Meta Description

Meta tags descriptions ini akan memberikan gambaran yang lebih rinci tentang isi blog kita apa. Jadi kita bisa tulisan dengan detail gambaran umum dari blog kita. Bahasa yang digunakan di sini tentu harus disesuaikan juga dengan target pembaca kita.

Caranya, klik Edit.


Klik Yes pada pertanyaan Enable search description? 


Selanjutnya, kita bisa mengisi kolom deskripsi sesuai dengan gambaran umum blog kita.

Oh ya, setiap perubahan pengaturan yang kita lakukan. Jangan lupa disimpan ya. Pengaturan lain tentang pengaturan tema blog akan dibahas di tutorial selanjutnya. Happy blogging.



with love,





Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community. 
#Day5 #ODOP #EstrilookCommunity

You May Also Like

0 komentar