Narablog, dari Hobi Jadi Bisnis

by - Thursday, January 31, 2019

resolusi bisnis 2019


Saya kenal dunia blog sejak tahun 2010. Sejak saat itulah, saya mulai menjadi narablog. Jangan dikira dengan pengalaman ngeblog selama hampir 10 tahun membuat saya layak dengan predikat narablog profesional. 

Kok bisa?

Dulu, saya mulai ngeblog hanya untuk menyalurkan hobi menulis saya. Blog buat saya adalah rumah di mana saya bisa berbagi apapun. Kisah, keluh kesah, atau bahkan opini terkait suatu fenomena yang terjadi di sekitar saya. Sama sekali tidak ada bayangan untuk mulai menghasilkan uang dari aktivitas ini.

Sesering apapun saya menulis. Sebesar apapun interaksi orang lain terhadap tulisan-tulisan saya. Tetap saja semua itu tidak terkonversi dalam pundi-pundi rupiah. Semuanya berubah menjadi kepuasan batin semata. 

Titik Balik

titik balik
Ada titik yang menjadi awal dari semuanya.  | sumber : pexels.com


Juli 2018, saya menikah. Dan ini mengubah seluruh kehidupan saya. Bukan hanya status yang berubah, tapi pekerjaan, tempat tinggal, serta teman ngobrol pun berubah semuanya. Suami saya mengajak saya untuk ikut ke Bogor. Artinya, saya harus meninggalkan pekerjaan saya sebagai dosen di Surabaya dan hijrah ke Bogor.

Agustus 2018, saya resign dari kampus dan betul-betul pindah ke Bogor. Seminggu dua minggu, rasanya menyenangkan. Selebihnya, saya frustasi. Maklum, saya biasa sibuk. Rasanya aneh kalau kesibukan itu hilang. Saya agak khawatir dengan perubahan ini. Belum lagi desakan dari berbagai pihak agar saya kembali mengajar. Kalau saya tidak lekas punya sesuatu hal yang bisa menggantikan aktivitas mengajar saya, suami saya dan anggota keluarga saya lain yang nanti akan kena dampaknya.



Saya mulai merenung dan mencari jalan keluar. Hingga akhirnya muncul keinginan untuk mengubah hobi saya menjadi bisnis, yaitu menulis di blog. Saya tidak perlu melamar ke tempat lain, saya hanya perlu fokus menjalankan blog saya hingga bisa menghasilkan uang.

Dari sini, saya mulai belajar kesana kemari dengan serius. Ilmu apa saja sih yang harus saya miliki agar blog saya punya kualitas yang baik dan layak untuk dibayar. Ilmu yang saya dapat langsung saya praktikkan dalam aktivitas ngeblog saya. Alhamdulillah, hasil sudah mulai nampak. Tidak banyak sih. Tapi ada.

Resolusi Bisnis 2019

mimpi
Butuh keberanian untuk mewujudkan mimpi. Kalau tidak dicoba sekarang, kapan lagi? | sumber : pexels.com


Tahun ini, saya masih berharap aktivitas ini bisa berlanjut bahkan bisa semakin membaik. Ini adalah beberapa target yang ingin saya wujudkan di tahun 2019. Harapan saya, kalau semua ini bisa terwujud, bukan hanya performa blog saja yang meningkat, tapi peluang untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah pun bisa mengalir lebih deras lagi.

1. Pageviews naik

Apalah arti konten yang baik kalau yang baca cuma secuil. Hiks. Tahun ini saya punya target total pageviews bisa mencapai 75.000. Untuk bisa meraih angka itu, saya perlu memperbaiki kualitas konten yang saya sajikan, lama waktu loading di blog saya, rajin-rajin blogwalking, dan promosi konten ke seluruh sosial media yang saya punya. 

2. DA/PA naik

Saya baru mulai serius memperhatikan DA/PA itu sejak bulan November 2018. Waktu itu DA/PA saya masih 13/17. Kemudian, pertengahan November saya ikut Blog Challenge bareng BPN. Alhamdulillah, DA/PA naik jadi 18/23. 

Saya pikir, bukan hal yang mustahil kalau saya menargetkan DA/PA bisa tembus angka 25/30 di tahun 2019 ini. Konsistensi untuk terus menulis, promosi, dan blogwalking kuncinya. Kalau 3 hal ini bisa saya lakukan dengan baik, angka 25/30 bisa kok terwujud secara nyata.

3. Follower naik

Daftar follower itu menunjukkan siapa saja sih orang yang suka berkunjung ke blog kita dengan suka rela. Bagi saya, mereka seperti itu. Lepas dari apakah mereka akhirnya meninggalkan jejak atau tidak di blog saya. 

Banyaknya follower juga menunjukkan bagaimana orang nyaman dengan blog saya. Entah dari konten yang saya sajikan. Maupun faktor lain. 

Tahun ini, saya berharap followers saya bisa naik hingga bisa mendapatkan 100 followers. Untuk sosial media lain, itu lebih mudah. Tapi, untuk blog, ada effort lebih untuk bisa mencapai angka tersebut.

4. Monetizing blog

Buat saya, membuat konten yang baik itu lebih mudah dari bagaimana menjual konten itu keluar. Tapi, kalau saya ingin bisa mengubah blog dari hobi menjadi bisnis, maka saya pun harus mencari cara supaya blog ini bisa menghasilkan uang.

Setahu saya, salah satu cara untuk menghasilkan uang di blog adalah dengan memasang iklan. Sejauh ini, saya belum merasakan hal ini karena proposal pengajuan adsense saya selalu ditolak oleh Google. Sedih.

Bukan Lelly namanya kalau mudah menyerah. Saya masih terus mengajukan permohonan. Sembari mencari tahu akar masalah dan solusi lain akan hal ini.

Selain adsense, ada juga artikel-artikel yang bekerja sama dengan pihak lain. Entah itu saya sendiri yang menulis atau hanya sekedar content placement. Sudah ada juga di sini. Walaupun masih belum terlalu banyak.

Biasanya sih syaratnya ada di DA/PA. Sedangkan DA/PA saya masih ada di bawah 20. Jadi, sekarang kita upayakan saja satu per satu.

5. 2 blogpost tiap minggu

Tahun ini saya punya target untuk bisa posting artikel seminggu 2 kali yaitu di hari Senin dan Kamis pada pukul 10.00 WIB. Jadwal ini akan saya pakai jika saya sedang tidak mengikuti tantangan One Day One Post.

6. Menang lomba blog

Pernah memenangkan kompetisi blog betul-betul mampu menjadi booster bagi. Harapan saya, tahun ini pun saya bisa memenangkan lomba blog lagi. Saya belajar dari para suhu yang langganan menang lomba blog bagaimana sih artikel yang biasanya menang lomba itu. Memang, semuanya ditentukan oleh kriteria masing-masing lomba. Tapi tidak ada salahnya kita belajar dari itu. Baca kriteria lombanya kemudian cari tahu apa yang membuat tulisan itu layak menjadi pemenang.

7. Ikut blog challenge

Blog challenge yang saya ikuti di akhir tahun bersama BPN ternyata amat sangat berpengaruh pada traffic blog saya. Dari sini, saya berpikir bahwa tidak ada salahnya sesekali ikut blog challenge lagi. Selain melatih diri untuk menulis, tentu saja dapat menaikkan traffic.

7 hal ini yang ingin saya wujudkan untuk bisnis di tahun 2019. Semoga Allah memberikan saya kemudahan untuk mewujudkan 7 hal ini.



"Mimpi tanpa upaya sama dengan angan kosong."

Saya tidak ingin resolusi yang saya tulis hanya menjadi angan-angan belaka. Karena itu, saya buat langkah demi langkah yang bisa saya tempuh untuk mewujudkan hal ini.

1. Tidak berhenti belajar dan berlatih

belajar
Belajar, latihan, belajar lagi, latihan lagi, begitu terus sampai kapan pun. | sumber : pexels.com


Kunci sukses dari banyak narablog profesional adalah jangan berhenti menulis. Ini adalah upaya terbaik yang bisa saya lakukan agar bisa menjadi narablog profesional. Semakin sering menulis, tulisan yang saya hasilkan pun akan semakin membaik. Baik itu alurnya, maupun isinya. 

Selain berlatih menulis, tidak ada salahnya untuk menginvestasikan uang untuk belajar dalam berbagai kelas menulis atau blogging. Ini akan membantu saya untuk memahami lebih dalam lagi apa sih yang harus saya lakukan ke depan. Mana saja kekurangan yang harus saya tambal.

2. Membuat jadwal blogging

jadwal
Seberapa penting? Penting banget. | sumber : pexels.com


Saya belajar dari para narablog profesional tentang pentingnya membuat jadwal blogging. Saya harus punya jadwal yang terstruktur tentang kapan saya harus riset kata kunci, menulis, posting artikel, promosi, dan blogwalking. Masing-masing harus terjadwal supaya saya juga punya target untuk menyelesaikan satu demi satu.

Target saya bisa mempublikasikan 2 artikel tiap minggu. Artinya, saya harus memilih jadwal yang bisa saya penuhi untuk menayangkan artikel itu. Rencananya, saya akan mempublikasikan artikel saya tiap hari Senin dan Kamis pada pukul 10.00 WIB. Promosi blog juga akan dilakukan pada hari yang sama setelah artikel terpublikasikan. Dengan ini, saya bisa memperhitungkan langkah tentang kapan saya harus riset kata kunci dan kapan saya harus menulis.

Hari Selasa akan banyak saya gunakan untuk menulis artikel untuk hari Kamis. Sedangkan tulisan untuk hari Senin akan saya tulis di hari Kamis. Riset bisa dilakukan di hari Rabu dan Jumat. 

Selain jadwal ini, saya juga perlu untuk membuat jadwal tulisan apa yang akan saya tayangkan dalam satu bulan ke depan. Cara ini tentu akan memudahkan saya untuk riset kata kunci. Menulis artikel juga jauh lebih mudah jika topik yang akan dibahas sudah jelas.

3. Konten yang berkualitas

kualitas
Rencanakan kualitas, bukan kebetulan berkualitas. | sumber : pexels.com


Konten yang berkualitas akan mampu dihasilkan jika saya mau mendalami kata kunci lebih dalam. Lalu, mencari tahu apa sih yang pembaca butuhkan terkait kata kunci ini. Jadi, saya bisa menghasilkan artikel yang mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan pembaca.

Tulisan memang yang utama, tapi visualisasi artikel juga tidak kalah penting. Saya bisa menyisipkan beberapa gambar yang mampu menguatkan konten. Entah itu ilustrasi, infografis, atau gambar lain. Kualitas gambar tentu harus dipertimbangkan. Ini supaya bisa semakin memanjakan mata pembaca. Kalau pembaca senang, mereka pun jadi makin kerasan nongkrong di blog saya.

4. Melebarkan jaringan dengan sesama narablog

jaringan
Perluas jaringan. | sumber : pexels.com


Kunci dalam berbisnis adalah punya jaringan yang luas. Entah itu untuk menggaet customer kita atau untuk menjalin kerja sama bisnis. Ini yang sedang saya lakukan untuk membesarkan blog ini. Saya bergabung dalam beberapa komunitas blog, berkenalan dengan beberapa perempuan hebat di luar sana. Mengambil ilmu dari mereka, mencari tahu apa yang mereka butuhkan untuk dijadikan bahan tulisan, serta menjalin silah ukhuwah dengan mereka.

Saya tidak menyangka kalau dengan cara ini, berbisnis menjadi semakin menyenangkan. Saya jadi merasa punya banyak sekali orang yang sama-sama berjuang seperti saya. Saya punya sosok yang menginspirasi saya, memberi saya semangat untuk terus berkarya. 

Cara ini akan terus saya pertahankan bahkan akan terus saya kembangkan lagi. Saya berharap bisa bertemu banyak sekali orang-orang baru yang bisa menuntun saya untuk menghasilkan konten yang lebih berkualitas lagi.

5. Menunjang setiap kebutuhan blogging

ruang kerja
Pinginnya sih bisa punya sudut kerja seperti ini. | sumber : pexels.com


Siapa bilang blogging tidak butuh modal apapun? Ini keliru. Minimal saya punya handphone untuk mengetik artikel saya di blog dan paket internet yang bisa memudahkan saya berselancar mencari ide tulisan. Atau untuk sekedar post tulisan. Buat saya, internet itu nafas dari bisnis ini. Jadi, memastikan kebutuhan itu adalah sebuah keharusan.

Beberapa minggu ini saya berdiskusi dengan suami tentang biaya pemakaian internet saya yang lumayan besar dalam sebulan. Sayangnya, jaringan yang saya dapatkan tidak sebagus keinginan saya. Hingga akhirnya saya menggunakan salah provider untuk memperlancar aktivitas blogging saya.

Kendala lain yang muncul adalah ketika paket data habis. Saya harus mencari konter pulsa terdekat. Biasanya, saya akan mulai membeli pulsa ketika kecepatannya sudah mulai menurun. Nggak sampai habis total.

Bukan hanya itu. Ada keinginan juga untuk membeli peralatan kerja yang baru, seperti laptop dan handphone baru. Pasalnya, perangkat yang saya pakai sekarang sudah jadul banget. Performa kerja sudah menurun. Ini jelas menghambat pekerjaan saya.

Mau beli baru tapi harus survey dulu dari satu mall ke mall yang lain. Spesifikasi oke nggak, harga oke nggak. Ribet? Jelas. Lelah? Sudah pasti.



Don't worry, be happy. Kita perlu bersyukur bahwa kita hidup di era digital. Kemudahan berbelanja menjadi semakin mudah dengan platform belanja online. Kalau memang tidak punya banyak waktu untuk berbelanja dari satu toko ke toko lain, kita bisa lho mendapatkan semua itu secara online. 

Alhamdulillah, saya sudah ketemu platform belanja online yang terpercaya dan cocok banget untuk kita yang sedang merintis bisnis. Siapa itu? Ralali.com. Yeeeiii...

ralali.com
 sumber : ralali.com

Apa sih Ralali.com itu?


Ralali.com adalah platform belanja kebutuhan bisnis pertama di Indonesia. Mereka telah menghubungkan jutaan vendor dan UMKM agar masing-masing dapat memulai dan mengembangkan bisnisnya.

Nah, ini cocok banget nih buat saya yang baru mengembangkan bisnis di tahun 2019. Bukan hanya saya tentunya, tapi siapa saja yang punya bisnis. Ralali.com betul-betul bisa menjadi solusi untuk membantu mewujudkan Resolusi Bisnis 2019. Kita bisa berbelanja produk grosir secara online. Ini solusi banget kan buat kita yang butuh menyuplai beragam kebutuhan usaha kita dengan mudah dari berbagai supplier terpercaya.

sumber : ralali.com


Berbagai produk untuk usaha kuliner, kebutuhan kantor, konstruksi dan arsitektur, otomotif, serta berbagai kategori usaha lain tersedia di Ralali.com. Bukan hanya itu, kita bisa mensuplai semuanya dengan mudah.

Pas banget kan dengan rencana saya membeli beberapa peralatan untuk kegiatan blogging saya. Kalau semua bisa terpenuhi dengan begitu mudah, tentu kegiatan blogging dari riset hingga promosi pun akan menjadi jauh lebih produktif lagi. Nggak ada lagi alasan laptop ngadat, smartphone ngehang, atau internet nyut-nyutan.

imac
sumber : ralali.com


Internet oke, laptop oke, smartphone oke, peralatan kantor juga memadai. Kurang apa coba? Semuanya oke. Tinggal eksekusi aja nih.

Mau buka toko di Ralali.com? Ooo.. bisa banget. Ralali.com akan membantu kita untuk mengembangkan bisnis kita. Pertama, Ralali.com sendiri merupakan online B2B marketplace terbesar di Indonesia dengan lebih dari 15.000 pembeli aktif yang terdiri dari korporasi dan para pelaku usaha dengan volume pembilian yang tinggi (grosir). Kedua, Ralali juga menyediakan program pembinaan GRATIS dengan para trainer dan praktisi bisnis yang berpengalaman. Selain itu, Ralali juga akan membantu kita mempromosikan toko online kita melalui setiap kampanye pemasaran yang dilakukan baik online maupu offline. Jaminan keamanan bertransaksi juga dijamin, jangkauan pasar juga sudah meliputi berbagai pelosok negeri, dan yang terpenting kita akan menerima laporan transaksi penjualan. 

penjual
sumber : ralali.com

"Terus apa yang mau dijual dari bisnis blog?"

Banyak. Jual jasa penulisan artikel, bisa. Content placement, bisa. Atau kita bisa mulai membuat produk seperti buku untuk bisa dijual.

Caranya ada, medianya juga sudah tersedia. Pas banget kan? Jadi, tunggu apalagi? Yuk, #IniSaatnyaTau Ralali.com yang akan membuat bisnis itu gampang. Resolusi Bisnis di tahun 2019 pun jadi lebih mudah diwujudkan. Tunggu apa lagi? Buruan gabung di Ralali.com.


with love,



You May Also Like

70 komentar

  1. Waw, saya masih mikir ulang kalau mau naikkan PV 75.000
    Jauuuh mah masih.
    Ini resolusi blognya mantap ditambah menjangkau ranah bisnis. Sukses ya mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebetulnya bisa sih kalau kita punya target PV bulanan. saya cuma ngamati dari hasil beberapa bulan sebelumnya, dan sebetulnya PV segini amat sangat memungkinkan kalau diupayakan terus.

      Delete
  2. Mantap mba resolusinya, saya juga kenal blog dari tahun 2010 an tapi isinya curhatan melulu hehe
    makanya di blog yang sekarang coba dioptimalisasi biar lebih bermanfaat bagi yang baca :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. makasi. doakan ya bisa terwujud.

      saya dulu juga begitu sih. abis itu lama-lama jadi jarang curhat. kalau yang baca banyak kok nggak asik curhat mulu. hehehe..

      Delete
  3. Semoga targetnya terlaksana ya mba nulis tiap 2 minggu, hehe..
    Saya sendiri juga masih kesulitan buat konsisten blogging, :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin.. kalau 2 postingan seminggu insya Allah masih sanggup sih. tinggal konsisten untuk stay pada schedule aja yang perjuangan.

      Delete
  4. Sejak tiga tahun lalu, saya belajar konsisten menulis minimal 2 kali seminggu. Istilahnya memaksa diri. Kalau nggak gitu, saya orangnya malas.
    Semoga tercapai target PV 75.000.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang harus dipaksa sih mbak. kalau dipikir-pikir lagi kadang bukan karena benar-benar sibuk sih. tapi males aja. jadi, insya Allah bisa lah yaa..

      aamiin mbak. terima kasih.

      Delete
  5. Memamng ya, titik perbedaan itu muncul setelah menikah. Saya pun juga. Awal menikah malah jadi jarang ngeblog. Sekarang mulai semangat lagi buat ngeblog. Yukk semangat mbak! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, semuanya berubah. wkkwkwk..
      dulu ngeblog cuma buat seneng-seneng aja, sekarang lebih dari itu.

      Delete
  6. Aaamiin... Semoga semua resolusinya terwujud ya mbak lely. Saya pribadi belum berniat memonetize blog saya sih, tapi sekarang sudah mulai bikin jadwal mulai ngisi konten, bw, share medsos, dll. Krn bagi saya, prioritas sekarang bagaimana membentuk mental pribadi saya menjadi narablog yg profesional. Berhubung PV pun belum banyak jg,hehe... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi mbak

      monetize itu jadi penyemangat. wkwkkwk...
      ini kerasa setelah pernah menang lomba dan dapat job. oh, gini ya rasanya dapat duit dari nulis. dari situ, saya nggak mau konten yang biasa-biasa aja. tampilan blog juga gamau yang biasa juga. betul-betul all out.

      Delete
  7. Saya follow blognya nih mba biar target tercapai. Hihihi. Tetep semangat ngeblog mba, insyaAllah satu persatu tercapai dengan kerja keras. Hwaitingg!

    ReplyDelete
  8. Semoga sukses ya Mbak. Btw, di blog saya, PA/DA juga naik setelah ikutan BPN 30 day challenge. Memang harus rajin isi blog, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, betul. harus rajin isi blog, promosi, dan blogwalking. kalau itu semua dipenuhi, insya Allah naik.

      Delete
  9. Semangat dan sukses selalu Mba Lelly untuk blogging goalsnya! :D di rumah nggak coba pasang internet aja Mba? Indihom* atau Firstmedi* gitu udah oke banget lho (:

    ReplyDelete
    Replies
    1. maunya juga pasang itu. tapi sama pak bos suruh bayar sendiri. soalnya pasti yang banyak pakainya saya. ini lagi nabung juga buat pasang itu.

      Delete
  10. Saya sempat juga merasakan senang-senangnya nge-blog dan produktif banget menulis artikel tahun 2011-2012 silam. Karena kesibukan sebagai Hansip, menjauhkan saya dari Blog (alasan doang). Karena dasarnya memang hobi menulis, saya tetap menulis beberapa Cerpen dan novel yang belum ditakdirkan laku.:D

    Semangat nge-blog memang harus selalu dipupuk dengan membuatkan jadwal seperti yang bu Dosen tulis di atas. Kadang mood login ke blog kalah popular ketimbang mood login ke media sosial yang umum. Pun begitu dengan semangat menulis harus dipupuk juga dengan terus membaca.

    Happy Blogging, Bu Dosen. Dari sekadar hobi, jika bisa menghasilkan kenapa tidak.:)

    Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betul. Semangat memang harus terus dijaga. Tapi kalau memang suka nulis biasanya akan lebih mudah.

      Tinggal jaga konsistensinya aja.

      Terima kasih :)

      Delete
  11. Semangat mbaa dng target2nyaaa...

    ReplyDelete
  12. Setelah baca postingan mbak Lelly saya jadi termovitasi buat perbaiki konten blog biar bisa naikin DA/PA. Smangat 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak cuma perbaikan konten sih mbak. Harus rajin memperkenalkan blog juga, biar banyak yang kenal.

      Delete
  13. Wuih mantap banget resolusinya Mbak, aku mah belum kepikiran, masih suka-suka aja nulisnya...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe..
      Target itu harus disusun serinci mungkin biar tahu pencapaian seperti ala yang ingin diraih. Tapi juga reasonable.

      Nentuin angka itu juga nggak ngasal sih mbak. Saya lihat trend di blog juga. Terus baru ngeh. Oh, bisa lho kalau dibuat begini. Gitu mbak.

      Coba mbak gitukan juga. Sapa tau jadi leboh termotivasi nulisnya.

      Delete
  14. Semngata mbak. Blogger skrng banyak tapi rezeki tiap orang akn berbeda. Apalag kl mbak niat menghasilkan uang dr blog, mungkin carany harus lebih keras dr orang lain. Kl saya kan hoby aja jd kadang ngeblog kl lg mood aja hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, sadar kok kalau harus kerja keras banget. saingannya banyak. wkwkwk..
      tapi rejeki itu nggak bakal salah alamat sih. hehehe.

      Delete
  15. Wah semangat ya mbak mencapai resolusi blognya... saya dong mau share dikit... kalau saya target PV tahun ini 500k dan penghasilan dari blog 1,5juta...

    untuk penghasilan masih sedikit sih karena cuma mengandalkan google adsense yang ga seberapa... tapi dengan naiknya PV biasanya sebanding dengan penghasilan juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow... 500K keren niih.. semoga bisa dicapai ya. semangaat..

      Delete
  16. Menjadi penyemangat untuk pemula sepertiku ....

    ReplyDelete
  17. Wih, mbak ini bikin saya makin gereget aja, di dunia Blogger

    ReplyDelete
  18. Keren jadi narablog selama 10 tahun walaupun menggunakan performa yang jadul,
    Semoga impiannya terwujud ya mb.Aamiin

    ReplyDelete
  19. sangat bermanfaat sekali, terima kasih infonya..

    ReplyDelete
  20. Mantul, mantap betul... Saya sudah punya waktu untuk menulis setiap hari minimal 500 kata saja sudah bahagia banget, apalgi resolusi tercapai. Duh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. resolusi kan harus dibuat serealistis mungkin, ukuran saya dan mbak tentu berbeda. jadi ya kalau mbak buat, jangan pakai tolok ukur saya. hehehe...
      kalau ini dilakukan, insya Allah bisa kok dicapai. resolusi pun bukan hanya sekedar angan.

      Delete
  21. Proposalku juga masih ditolak adsense mbak, sedih ya.

    ReplyDelete
  22. wah keren bener banget sih mba, dari blog jadi bisnis. keren banget ini. akutuh baru kepikiran dari awalnya hobi, terus passion terus jadi bisni, keren abis hehe ~

    ReplyDelete
  23. Good luck, Mbak Lely. Saya termasuk orang yang suka baca tulisannya,Mbak 😊

    ReplyDelete
  24. Wah, ini lomba ya, Mbak? Aku mau ikutan juga tapi bingung :D sukses terus ya mbak, aku pribadi baru belajar DA/PA, nih. Mau ikut jejaknya mbak, hehe

    ReplyDelete
  25. MasyaAllah keren mbak resolusinya, terus semangat mbak

    Saya juga terus berusaha semangat, mudah-mudahan nanti bisa bikin resolusi seperti mbak

    ReplyDelete
  26. kerja keras, konsistensi dan terusssss belajar, karena ilmu blog senantiasa berkembang dan sering kali 70-80% berbeda dengan sebelumnya. Dulu gak pake DA/ PA, sekarang pakai, entah nanti 10 tahun akan berkembang menjadi apa syarat kualitas suatu blog. Pastinya terusss belajar, dan membranding diri juga sama pentingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, makasi. ini juga lagi berusaha terus, belajar terus juga. ternyata, banyaaaak sekali. wkwkwk

      Delete
  27. wah mbak resolusi 2019 sama banget dengan saya. Semoga tercapai semuanya ya, mbak. Aamiin.

    ReplyDelete
  28. Semangatt ya mbakk
    Semoga tercapai resolusi 2019nya, aamiin..

    ReplyDelete
  29. Keren resolusinya mbak, setelah baca postingan mbak Lel ini saya jadi termotivasi juga pengen meningkatkan kualitas blog,

    Apalagi terkait rencananya yang ingin membangun bisnis dengan mengandalkan performa blog. Mantap deh😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ini apalah kalau dibandingkan mbak. cuma remah-remah rengginang aja. >.<

      Delete
  30. DA/PA bisa naik itu salah satunya dengan rajin share link juga BW. Kerasa banget deh setelah ikutan Group WAG Fun BW. Jadi semangat, tiap bulan ngecek Alhamdulillah nilainya selalu naik, hehehh.

    Ayooo semangat, moga tahun ini tercapai resolusi bisnisnya ya Mbak.
    Anyway saya juga udah lama mupeng dengan pojokan kecil buat meja kerja gitu, biar ngeblognya makin asyik, biar tetap waras :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah suka cek DA/PA tiap minggu. Wkwkwkwk...

      Alhamdulillah tiap minggu juga naik. Hehehe...

      Makin naik emang makin semangat.

      Aamiin.. Makasi mbak.

      Delete
  31. Salam kenal Mbak. Nama kita sama... Menulis itu butuh keajegan ya? istiqomah. Saya juga membuat jadwal Mbak, berusaha dari nol juga...padahal bikin blog dah dari 2006 cuma ndak paham harus bagaimana. Alhamdulillah sekarang banyak teman blogger, saya bisa belajar dari mereka semua termasuk Mbak. Kereen lho cara / step-step bercerita Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga. :)

      Betul mbak, menulis nggk sekedar nulis aja. Butuh istiqomah juga biar makin baik tulisannya. Apalagi sekarang temennya banyak kalau mau belajar. Tinggal gimana kita aja.

      Delete
  32. Wah targetnya luar biasa mbak. Semoga tercapai ya. Thanks buat tipsnya, saya jg masih nyubi jd berguna bgt tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin yaa rabbal alamiin..

      Hehehe.. Yuk,belajar bareng :)

      Delete
  33. Artikelnya kayak rumus matematika, panjang x lebar x tinggi... Mantap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar dapet pointnya sih. sayang kalau setengah-setengah

      Delete
  34. semangat mba untuk resolusinya di tahun 2019 ini semoga apa-apa yang dicita-citakan terwujud

    ReplyDelete