Cara Mudah Install Template Blog, Cocok untuk Pemula!

by - Tuesday, January 08, 2019



Baru punya blog? Nggak puas dengan template bawaan Blogger? Kamu bisa lho ganti template blog lain di luar template bawaan Blogger. Senangnya lagi, kamu bisa mendapatkan template cantik dengan Cuma-Cuma, alias free. Seneng kan?

Terus caranya gimana?

Mudah kok. Kamu tinggal search aja template yang kamu suka. Jangan lupa untuk memperhatikan kriteria-kriteria supaya bisa memuaskan user dan SEO ya. Kalau bingung cari website untuk memilih template, saya akan kasih 2 website yang bisa kamu jadikan pilihan untuk mencari template blog.








Silakan cari template yang paling sesuai dengan blogmu ya. Di kedua website itu kamu bisa memilih dari ribuan template blog. Pilihannya banyak. Template yang feminine sampai template yang cocok untuk website bisnis semuanya ada.

Ada 2 metode yang bisa dilakukan untuk install template blog. Cara pertama adalah dengan upload file xml. Cara kedua dengan copy paste seluruh source code xml ke edit html blog. Nah, mari kita coba acara pertama dulu.

Metode-1

1. Download blogger template

Setelah memilih template, download template yang ingin dipasang di blog. Untuk uji coba, saya akan menggunakan template Sugar. Tentu saja template ini saya pilih berdasarkan pertimbangan kriteria tertentu ketika akan memilih template. 

2. Extract file zip template yang dipilih



Format file yang sudah kita download adalah file dengan format .ZIP. Sedangkan format file yang dapat diunggah ke blog kita adalah format .xml. Jadi, kita harus meng-extract file tersebut terlebih dahulu untuk mendapatkan format .xml yang terketak di dalam file .ZIP tersebut. Pilih extract here. Setelah itu, kamu akan mendapatkan file-file baru. Salah satu di antaranya adalah file .xml yang nanti akan kita unggah ke blog kita.

3. Unggah File .xml

Caranya, masuk ke dashboard blog kita, kemudian klik theme sehingga muncul tampilan seperti berikut. Klik Backup/restore.


Sampai keluar jendela baru seperti ini.


Klik Choose File, lalu pilih file .xml dari file .zip yang tadi sudah kita extract.


Klik Upload. Tungu beberapa saat samoai template berhasil diupload.



4. Selamat, blogmu telah terinstall template yang baru.



Untuk mengubah setting tampilan pada mobile, kamu bisa klik icon di bawah gambar mobile hingga muncul tampilan seperti ini.



Pilih mobile theme yang kamu inginkan. Kalau kamu ingin template blogmu ketika dibuka melalui HP sama cantiknya dengan ketika dibuka dengan desktop, pilih Custom. Untuk melihat bagaimana tampilan ketika dibuka melalui HP atau tablet, kamu bisa klik tombol Preview. Klik Save jika sudah sesuai dengan keinginanmu.
Bagaimana? Mudah, bukan?

Metode-2

Cara kedua ini digunakan jika kita tidak berhasil mengunggah file .xml, maka kamu bisa mengikuti cara berikut ini.

1. Buka file .xml menggunakan notepad, wordpad, atau notepad++


2. Setelah terbuka, copy semua code html dengan cara menekan Ctrl+A agar semua code terblok. Kemudian klik kanan mouse dan pilih Copy.



3. Buka dashboard blog kamu, pilih theme, lalu klik Edit HTML



4. Paste-kan code HTML, lalu simpan




Selesai…

Itu tadi 2 metode yang bisa kita lakukan untuk mengganti template blog kita. Sama-sama mudahnya, bukan? Silahkan mencoba. Kalau ada pertanyaan, silakan tinggalkan komentar di bawah ini.


with love,



Tulisan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community.
#Day8 #ODOP #EstrilookCommunity

You May Also Like

4 komentar