Cara Membuat Favicon Sederhana dengan Menggunakan Canva

by - Friday, January 11, 2019



Sudah tahu ‘kan apa itu favicon? Sudah tahu juga ‘kan cara mengubahnya? Nah, sekarang yuk kita belajar bagaimana sih caranya membuat favicon untuk blog kita. Kali saya akan share cara membuatnya dengan menggunakan aplikasi Canva. Bukan hanya gratis, tapi dengan aplikasi ini membuat favicon jadi lebih mudah dan cepat. Yuk, kita coba sama-sama.

Buka Canva

Canva memang aplikasi gratis yang bisa kita manfaatkan untuk mendesain apa saja. Tapi untuk bisa mengakses fasilitas yang ada di dalamnya, kita harus punya akun untuk masuk ke aplikasi ini dulu. Jangan khawatir, gratis kok. Jadi, kamu tinggal isikan saja data yang diminta oleh Canva. Kalau semua proses telah selesai dan terverifikasi, baru deh kamu bisa menggunakan aplikasi ini.
Beberapa fitur di Canva memang ada yang berbayar. Tapi banyak kok yang gratis. Tinggal bagaimana kita memanfaatkan fitur gratis tersebut. Oya, Canva ini juga bisa diakses melalui browser atau download aplikasinya di Playstore. Untuk tutorial kali ini, saya hanya akan menggunakan aplikasi Canva melalui browser saja.

Buat Desain Baru

1. Search “logo” pada kolom What would you like to design?



2. Kita akan diarahkan pada desain baru dengan ukuran standar logo, yaitu 500x500 px



Mengenal Tools pada Canva

Sebelum kita membuat favicon dengan menggunakan canva, mari kita kenalan dulu dengan beberapa tools gratis yang bisa kita manfaatkan.

1. Templates



Pada tools ini, kita bisa menggunakan beberapa pilihan templates yang telah disediakan oleh Canva. Ada banyak sekali pilihan yang bisa kita pilih. Kita tinggal mengganti warna dan text yang ada di dalamnya untuk disesuaikan dengan kebutuhan kita.

2. Elements



Kalau tidak ada template yang cocok dengan kebutuhan, kita bisa mulai mendesain dengan menambahkan beberapa elemen dari sini. Kolom seaech bisa juga kita manfaatkan untuk mencari gambar yang kita inginkan.

3. Text



Seperti namanya, tools satu ini digunakan untuk menambahkan text pada desain yang kita buat. Kita bisa menggunakan salah satu dari banyak pilihan kombinasi tulisan yang ada atau tidak. Ada beragam pilihan font yang bisa kamu pilih untuk mempercantik desain kita. Warna serta ukuran juga bisa dengan mudah diubah sesuai keinginan kita.

4. Background



Selain bisa mengubah warna background, kita juga bisa mengganti background desain kita dengan beberapa pilihan gambar dan pola yang ada di sini.

5. Upload



Ingin menambahkan gambar dari file yang tersimpan dalam computer? Unggah saja di sini. Cukup sekali saja mengunggah. Setelah itu, kamu bisa menggunakan file gambarmu kapan saja ketika ingin membuat desain dengan Canva.

Buat Favicon

Kita sudah mengenal elemen-elemen yang ada di dalam Canva. Sekarang, saatnya kami berkreasi membuat logo favicon sesuai dengan kreativitasmu.



Ini adalah contoh favicon yang saya buat dengan menggunakan Canva. Saya mengkombinasikan text dan gambar untuk membuat logo ini.

Download

Kalau sudah, download desain yang telah kamu buat. Simpan dalam bentuk PNG atau JPEG. Selesaaaaiii.

Kalau kita membuat desain favicon dengan size logo seperti ini, logo yang jadi akan memiliki size yang sesuai dengan kapasitas yang diijinkan oleh blogger yaitu 100 KB. Jadi, kita tidak perlu mengkompres lagi ukuran favicon kita agar bisa diupload di blog.

Selamat mencoba!

with love,




Tulisan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community
#Day11 #ODOP # Estrilook Community

You May Also Like

0 komentar