Kenal Lebih Dekat dengan Google Search Console

by - Wednesday, January 16, 2019



Saya mulai blogging sebetulnya sudah lama, tapi ya cuma nulis aja. Saya nggak terlalu paham dengan segala printilan untuk menunjang performa blog. Sampai akhirnya tumblr diblokir, nyari platform buat nulis lain, dan rasanya rugi kalau saya pakai Blogger hanya untuk nulis. Niat untuk optimasi blog dan meraih pembaca sebanyak-banyaknya pun jadi target saya. Dari awalnya yang cuma ngerti nulis lepas tanpa kaidah apapun, jadi mulai ngerti apa itu PUEBI, apa itu niche, themplate yang harus dipakai yang bagaimana, sampai tools dari Google yang bisa membantu kita untuk optimalisasi blog.

Kemarin, saya sudah cukup mengenalkan ke kalian tentang apa itu Google Analytics. Nah, sekarang saya mau ngenalin salah satu tools dari Google juga yang akan membantu kita untuk optimalisasi blog. Namanya Google Search Console. Dari pada penasaran dengan tools satu ini, yuk kita kenalan aja dengan Google Search Console.

Apa itu Google Search Console?


Kalau dulu ada yang pernah main-main sama Google Webmaster Tool pasti ngeh banget dengan Google Search Console. Apa bedanya? Ya nggak beda. Google Search Console ini adalah nama baru dari Google Webmaster Tool. Jadi, Mei 2015 kemarin, Google melakukan re-branding dan mengubah nama Google Webmaster Tool menjadi Google Search Console. Ibarat orang, dia mempercantik diri dan ganti nama, tapi ya pada dasarnya sama.

Google Search Console atau yang dulunya Google Webmaster Tool adalah layanan gratis yanb disediakan oleh Google untuk membantu kita para pemilik situs atau blog untuk memantau dan mempertahankan keberadaan blog kita di hasil pencarian Google.
Apa pentingnya?

Penting banget. Google Search Console ini akan memberikan data valid tentang apa-apa saja yang terjadi di dalam blog kita. Jadi, kita bisa nih mengenali dari mana saja pengunjung kita datang, konten apa yang mereka sukai, dari mana mereka datang, dan lain-lain. Data ini tentu berguna sekali untuk meningkatkan kualitas blog. Kita jadi tahu, pengunjung tuh sukanya baca apa sih? Dengan ini, next kita bisa mengembangkan konten berdasarkan apa sih yang pengunjung suka dari artikel nano-nano yang kita tulis. Oya, dari Google Search Console ini, kita juga bisa tahu error apa saja yang ada pada blog kita. 

Gimana cara daftarnya?


Caranya gampang kok. Kalian bisa ikuti tutorial berikut ini.

1. Buka Google Search Console di sini



2. Klik Start Now, lalu login dengan akun Gmail kalian. Pastikan sudah punya dulu ya. Kalau belum, silakan buat dulu di sini. 




3. Isi URL blog pada tempat yang disediakan, lalu klik [Add Property]



Apa perlu verifikasi?


Setelah daftar coba cek Setting, cek apakah akunmu sudah terverifikasi atau belum.


Selama saya pernah mencoba sih, setelah daftar akun saya sudah terverifikasi secara otomatis dengan Google Searc Console. Tapi sekiranya, akunmu belum terverifikasi, ada beberapa cara yang bisa diikuti. Saya akan mengambol 3 cara termudah yang bisa kamu ikuti seandainya akunmu belum terverikasi.

Caranya sama-sama mudah kok dengan cara daftar Google Search Console. Untuk verifikasi ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Kamu tinggal pilih cara mana yang menurutmu paling mudah. 

Cara ke-1: Gunakan Akun Google Analytics



1. Klik bagian Google Analytics, lalu pastikan script Tracking ID sudah terpasang di blog.

2. Klik [Verify]. 

Cara ke-2: HTML tag



1. Klik bagian HTML Tag, lalu copy paste script yang muncul ke bagian HTML template blog, di bawah tag <head>, seperti Google Analytics sebelumnya.

2. Klik [Verify] 

Cara ke-3: Verifikasi blog Blogspot


1. Pada dasbor blog, klik Setting > Search Preferences > Google Search Console.

2. Klik [Edit]

3. Akan muncul halaman Google Search Console, klik [Add a Property] 



4. Isikan seperti langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Setelah verifikasi, kamu bisa mengecek apakah blogmu sudah benar-benar terhubung dengan Google Search Console atau belum dengan berkunjung ke sini. Ini adalah antarmuka Google Search Console.

Apa saja sih yang bisa kita dapatkan dari Google Search Console?

Kalau tanya apa benefitnya, jawabnya banyak. Kita bisa mengindentifikasi halaman-halaman mana saja yang menduduki ranking tertinggi di Google, paling banyak diklik pengunjung, mana yang sudah terindeks dan mana yang belum, mana yang paling banyak mendapatkan backlink dan external link. Selain itu, kita juga bisa menemukan rata-rata jumlah klik (CTR – Clickthrough Rate) di blog kita dan memonitornya sepanjang waktu.

Hmmm… apalagi ya? Banyak. Kamu bisa mulai ngulik-ngulik sendiri dan mencari puing-puing manfaat dari install Google Search Console ini ke blogmu.

Jadi? Tunggu apalagi. Yuk, install Google Search Console. 


with love,



You May Also Like

0 komentar