Cara Mudah Mengganti Favicon pada Blogger

by - Thursday, January 10, 2019



Seperti blogger newbie pada umumnya, saya pun pingin tampilan blog saya sekece para blogger senior. Tampilannya cantik, bahkan di bagian adressnya pun ada icon khas punya mereka masing-masing. Sedangkan punya saya, kok begini-begini aja ya. Tampilan blog ya muter-muter aja di template bawaan blogger. Icon yang saya pakai pun begitu. Belajar sana-sini, terus bisa ganti template. Tapi masih nggak bisa ganti icon itu. Saya nggak tahu itu namanya apa. Saya kira saya harus ganti header, eh, ternyata bukan. Mungkin logo header, ternyata juga bukan. Bingung sekali. Barulah saya tahu kalau icon itu biasa dikenal sebagai favicon. Cara mengganti favicon tentu bukan melalui header widget, tapi yang lain.

Bermula dari sini, saya pingin share ke kalian semua tentang apa sih favicon itu. Terus gimana sih caranya ganti favicon ini. Yuk, langsung aja simak artikel ini.

Mengenal Favicon


Kalau kalian buka layout atau tata letak pada blog, kalian akan mendapati pada bagian kiri atas sendiri widget yanb berjudul favicon. Buat yang masih meraba-raba saat ngulik blog, mungkin nggak berani ngulik lebih dalamm widget satu ini. Khawatir kalau dia bikin blog makin hancur tampilannya. Yuk, kita kenalan langsung kenalan aja dengan favicon ini. Supaya kita bisa menghilangkan rasa cemas ketika ingin mengulik ini lebih dalam.

Apa sih favicon itu?

Jadi, favicon adalah icon utama yang muncul pada address bar dari laman blog atau website kita. Favicon ini juga bisa menjadi logo dari blog kita sendiri. Tahu facebook kan? Kalau kita ngomongin facebook, pasti yang tergambar adalah logo kotak biru dengan huruf f warna putih di dalamnya.

Contoh lain, tahu Instagram kan? Apa yang tergambar kalau ada orang menyebut Instagram? Logo kotak pelangi bergradasi yang di dalamnya ada gambar kamera berwarna putih. Nah, logo yang dipakai facebook, Instagram, ini semua yang disebut sebagai favicon.

Cara Mengganti Favicon


1. Masuk terlebih dahulu ke dashboard blog kamu, lalu pilih layout atau tata letak. Widget untuk mengatur favicon biasanya terletak di sebelah kiri atas.




2. Klik Edit



3. Jendela seperti di bawah ini akan muncul. Kemudian masukkan file favicon dengan klik Choose File



4. Pilih gambar yang akan kamu jadikan favicon. Pastikan gambar tersebut berbentuk persegi dan memiliki ukuran kurang dari 100 KB.



5. Klik Open setelah memilih. Cek kembali apakah gambar yang telah diunggah telah sesuai dengan gambar yang diinginkan. Jika ya, klik Save untuk menyimpan favicon



6. Cek kembali apakah faviconmu telah berhasil tersimpan. Jika ya, maka akan muncul gambar yang telah kamu pilih seperti ini.



7. Sekarang coba buka blogmu untuk menguji coba favicon yang baru saja kamu ganti



Selamat, kamu telah berhasil mengubah favicon di blogmu. Bagaimana? Kelihatan lebih cantik bukan? Kalau masih belum puas, kamu bisa menggunakan gambar lain untuk dijadikan favicon. Selamat mencoba!


with love,




Tulisan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community
#Day 10 #ODOP #EstrilookCommunity

You May Also Like

2 komentar

  1. Kece banget mbaaak ❤️ .. sayangnya kalo di Mobile gak muncul ya ? Huhuhu. Tapi ya udah sih. Hahaha..

    ReplyDelete