Assalamu'alaikum!

Perkenalkan, nama saya Aprilely Ajeng Fitriana. Kalian bisa panggil saya Lelly. Saya lahir di Malang pada tanggal 22 April 1991. Saat ini, saya tinggal di Bogor bersama suami dan anak saya. Blog ini adalah tempat saya mencurahkan segala pemikiran saya dari berbagai peristiwa. Bagaimana saya menghadapinya dan apa saja hikmah yang saya peroleh.

3 Alasan Penting Kamu Harus Install Google Analytics untuk Blogmu

Jan 14, 2019


Gara-gara ODOP bareng Estrilook Community, jadi muncul banyak sekali pertanyaan seputar blogging. Sampailah pada topik tentang Google Analytics ini. Sebetulnya, kalau dibilang pakar banget ya nggak sih soal ini. Saya pun baru-baru ini aja ngulik dan mencari tahu lebih dalam. Kemudian nemu hal yang bikin saya merasa tertipu. Dari situ, saya jadi lebih rajin lihat Google Analytics dibanding statistik dari blog.

Pertama kali tahu Google Aanalytics, sebetulnya saya juga nggak paham banget ini apaan. Dulu, pasang ini karena baca artikel kalau Google Analytic dan Webmaster harus dipasang di blog. Jadilah saya ngoprek sana sini, cari tahu sana sini, sampai akhirnya saya jadi nggak gelap-gelap amat soal Google Analytic.

Waktu topik ini mencuat di Estrilook Community, saya baru sadar kalau ternyata yang nggal tahu itu juga banyak. Apa yang saya alami dulu juga dialami oleh beberapa teman yang mulai belajar blogging. Akhirnya, saya mikir, kenapa nggak dibuati artikelnya aja? Tentu saja supaya orang-orang yang mau belajar Google Analytics ini pada tahu isinya apa sih sebetulnya. Gitu.

Oke, nggak usah panjang-panjang ya intronya. Kita langsung aja kenalan dengan Google Analitycs ini.

Apa sih Google Analytics itu?

“Mbak Lel, Google Analytics itu apa? Makanan jenis apa?”



Bhaiq. Pelan-pelan ya..

Jadi, Google Analytics itu adalah layanan gratis yang dikasih oleh Google untuk menampilkan statistic pengunjung situs web. Mudahnya sih begitu. Kalau kita mau main profesyenel blogger, ya kita harus tahu statistic pengunjung blog kita gimana. Dari statistik ini, kita bisa tahu, apakah blog kita disukai? Apakah blog kita banyak yang cari? Apakah blog kita ngasih informasi yang diperlukan oleh orang lain? Dan masih banyak lagi. Ada banyak data yang bisa kita amati dan kumpulkan dari Google Analytics ini. Nah, data ini nih yang nanti kita pakai untuk meningkatkan kualitas artikel kita.

“Ooo artikel kayak gini lho yang bagus dan disukai orang.”

“Ooo kalau artikel kayak gini orang males baca.”

Dan seterusnya.

Kenapa Harus Pasang Google Analytics?

Kenapa sih kita harus repot-repot pasang Google Analytics? Kan dari platform blog kita juga sudah ada. Kenapa sih harus repot-repot install? Kalau nggak install kenapa? Ini nih, 3 alasan kenapa kamu harus banget install Google Analytics.

1. Datanya bisa dijadikan standar ukuran

Mungkin, ada yang mikir gini, “kalau ada statistik bawaan blog, kenapa juga harus pasang Google Analytics?” Dan kalau sudah pernah membandingkan data statistik antara blog dan Google Analytic yang lumayan jauh. Pasti milih pakai statistik di blog aja. Lebih bikin bahagia karena angkanya lebih tinggi.

Tapi, tahukah kaliah dari mana data-data yang menyilaukan itu berasal? Ternyata jumlah statistik diblog kita ini nggak murni dari pengunjung yang bener-bener mengunjungi blog kita. Tapi ada data boots spam dan kunjungan kita sendiri. Jadi, kalau kita berkunjung ke blog kita sebanyak 100 kali ya pageviews kita bosa 100. Padahal, sebenernya nggak ada yang berkunjung. Kita aja yang iseng bolak-balik keluar masuk blog. Selain kunjungan kita sendiri, juga ada boots spam. Jumlah boots spam ini bisa banyak banget

Hal yang paling bikin nyesek adalah pageview di statistik bawaan blog itu seringnya nggak sesuai. Ketika blog bilang 1000 pengunjung. Bisa aja lho ternyata cuma 100 aja. Kan nyesek ya.

Pakak WordPress juga nggak ngejamin lho. Iya sih, dia sudah tidak menghitung jumlah kunjungan kita. Tapi tetap saja, dia masih bisa menghitung boots spam sebagai pengunjung. Padahal secara real tidak ada.

Jangan tanya ini blog siapa. Rahasia pokoknya, Ini data statistik bawaan blogger. Lihat pageview-nya

Bandingkan dengan pageviews dari Google Analytics. Jauuuh banget.

2. Data lebih lengkap dibanding statistik bawaan blog

Kalau di Blogger, kita hanya bisa memantau data statistik dari sedikit item. Ada pageview baik secara keseluruhan mapun post, ada traffic source, dan asal audience kita yang kadang suka ngaco. Masa iya sih blog kita sampai ke Amerika?

Di Googoe Analytics, kita bisa dapatkan lebih. Bukan hanya sekedar pageview saja. Ada bounce rate, jumlah page per session, ada average session duration, dan masih banyak lagi. Kalian bisa jelajahi untuk explore lebih jauh.

3. Lebih mudah download menjadi laporan

Untuk sponsor post, biasanya kan diminta laporan traffic kita kayak gimana kan? Nah, kalau pakai Google Analytic ini bisa lebih mudah. Kita bisa create laporan dari Google Analytics ini. Caranya, masuk ke Behavior >Site Content > All Pages, lalu search artikel yang mau dilaporin. Kalau sudah, klik, terus langsung export to PDF. Sudah. Selesai. Semudah itu. Nah, PDF itu yang nanti dikirim ke klien kita.



Gimana? Gimana? Makin mantap pakai Google Analytic kan? Jadi, tunggu apa lagi? Buruan install.
Happy blogging


with love,



Tulisan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community.
#Day14 #ODOP #EstrilookCommunity

Comments

  1. tosss, pake jga mbak google analytics, kadang pake bawaan otomatis sering bikin nyesek. karena grafik kedatangan spam melebih lebihi :D

    ReplyDelete
  2. saya belum pasang, wkwk, untuk ada blognya mba lelly, nanti coba ah. makasih infonya, keren banget mbaa ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasang lah mbak. Jangan percaya PV blogspot. PHP parah.

      Delete
  3. Hore, saya udah pasang, malah udah instal di hp. Dengan Google Analitic, kita bisa lebih mudah memantau perkembangan blog kita.

    ReplyDelete
  4. Udah pasang sih, tapi jarang dibuka hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buka aja mbak. Data statistik yang dikasih sama GA lebih akurat sih dibanding bawaan blog.

      Delete
  5. Next time, akan saya instal. Pingin tahu juga perkembangan blog. Kalau perkembangan blog bagus jadi makin semangat ngeblog nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak. Saya juga makin semangat kalau lihat progresnya yang bombastik.

      Delete
  6. Ngebantu banget. Aku udah pasang ini. Penjelasan di yang lain juga banyak tentang ini. Pas buka blog Mbak Lely, langsung paham Karena mudah diikuti step by stepnya. Makasih, ya. Terbantu sekali saya 😍

    ReplyDelete
  7. Aq blm psg google analityc...apa bener mba klu dipasang berrti pageview mulai dr nol lgi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya enggak. Aku nggak ngamatin juga dulu awal-awal gimana. Wkwkwk.

      Cuma, setelah belajar lagi, ternyata penting. Tapi sudah pasang.

      Delete
  8. Wah detail & lengkap bgt mbak.. Aku jadi tau banyak ttg google analytics, ntar Mau pasang ah..

    ReplyDelete
  9. Kalau pasang free ya mbak, blog yang belum TLD bisa kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. free kok bun, biar belum TLD juga bisa kok.

      Delete
  10. Gapteknya dakuuu...
    Ini pasangnya dimana sik? Klo blognya WP ada pluginnya kah? Aselikk tulalit 😂

    ReplyDelete
  11. saya baru tahu google analityc. makasih mbk, jadi nambah ilmu walau usia udah gak muda lagi hehe

    ReplyDelete
  12. Iya banget mba, aku baru tau dan install GA pas habis event salah satu klinik kecantikan. Ini bikin aku makin semangat menekuni blogging, karena banyak hal yg ga aku tau. Makasi banyak mba sudah share artikel ini :)

    ReplyDelete
  13. hwaaaaa makasih diingetin
    untuk blog satu lagi belum dipasang iniii

    ReplyDelete
  14. Udah instal GA ke blog juga cuma jarang buka, tp ngomong2 bisa gak mbak GA dimunculkan di dasbor blog atau memang untuk liatnya harus ke situs GA sendiri?

    ReplyDelete
  15. Sudah pake juga, Mbak. Tapi ya gitu jarang banget ngintipnya..hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibuka mbak. Seru sih lihatnya. Kita jadi tahu banyak.

      Oh, ada error diartikel ini. Oh, ada ini. Oh, ada itu. Oh, pengunjungnya cepet2 kalau baca blog kita. Semuanya ketahuan. 😂

      Delete
  16. Info yang bermanfaat. Saya baru tau Mbak. Soalnya di blog masih pake yg bawaan dari sononya😁

    ReplyDelete
  17. Waduh jadi melek, saya sudah pasang sih mbak cuma nggak saya pantau kalau nggak diminta. Dan setiap klien yang minta daya page view saya kasih yang bawaan dari blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dulu juga gitu sih mbak. Tapi setelah tahu GA dan fakta yang terjadi di balik itu jadi lebih sering lihat GA.

      Delete
  18. sip mbak, kemarin sempat mo coba instal google analytic ini namun belum terlaksana aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja install.. Banyak data statistik yang bisa dipakai untuk perbaikan blog.

      Delete