Assalamu'alaikum!

Perkenalkan, nama saya Aprilely Ajeng Fitriana. Kalian bisa panggil saya Lelly. Saya lahir di Malang pada tanggal 22 April 1991. Saat ini, saya tinggal di Bogor bersama suami dan anak saya. Blog ini adalah tempat saya mencurahkan segala pemikiran saya dari berbagai peristiwa. Bagaimana saya menghadapinya dan apa saja hikmah yang saya peroleh.

5 Kriteria yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Memilih Template Blog

Jan 7, 2019


Soal template blog pada dasarnya memang selera. Kita bisa memilih template mana saja yang kita sukai. Tapi jika kita ingin menjadi blogger profesional, maka kita juga harus melihat selera "lain" untuk dijadikan pertimbangan dalam memilih blog. Pertama, apakah template blog kita memudahkan mesin pencari untuk mencari blog kita? Kedua, apakah tampilannya bisa memuaskan pengunjung? Dari sini, kita bisa perlu mempertimbangkan kriteria apa saja sih yang dapat memuaskan pengunjung dan juga dapat memudahkan mesin pencari menemukan blog kita.

1. Background putih lebih disukai

Kenyamanan dalam membaca tentu akan menjadi salah satu faktor blog kita laris dikunjungi. Background dengan warna yang mencolok biasanya akan mengganggu penglihatan kita dan membuat mata menjadi cepat Lelah. Oleh karena itu, pilihlah background dengan warna putih. Selain lebih banyak yang menyukai membaca blog dengan warna ini. Background dengan warna ini juga tidak cepat membuat mata lelah.

2. Pilih template dengan sidebar atau widget di sebelah kanan

Posisi sidebar atau widget ternyata ada kaitannya dengan optimasi untuk mesin pencari atau SEO. Mesin pencari ini akan membaca blog kita dari kiri ke kanan. Dengan meletakkan sidebar atau widget di sebelah kanan, kita akan memudahkan mesin pencari untuk langsung membaca artikel blog kita. Bukan script-script yang ada di sidebar. 

3. Pilih template yang responsif

Pengunjung blog kita tidak selalu membuka blog kita menggunakan PC Desktop atau laptop. Ada kalanya mereka menggunakan HP atau tablet. Oleh karena itu, penting untuk memilih template yang dapat menyesuaikan dengan lebar tampilan baik pada desktop, laptop, mobile, maupun tablet. 

4. Loading cepat

Masalah loading ini bisa lho membuat pengunjung betah mengunjungi blog kita atau justru malah kapok berkunjung. Semakin lama loading ke blog kita, semakin mudah blog kita ditinggalkan. Ini juga yang harus dijadikan pertimbangan saat memilih template blog. Pilihlah template yang clean dan minimalis. Template semacam ini biasanya akan punya loading time yang lebih cepat dibanding template yang ramai dan banyak gambar animasi.

5. User friendly

Dalam memilih template, kita juga perlu memperhatikan apakah template tersebut nyaman digunakan oleh para pengunjung. Pastikan bahwa pengunjung mudah untuk mengulik blog kita. Pilih template yang memiliki fitur sicebar, footer, menubar atas, dan menubar tambahan untuk Pages. Blog yang user friendly semacam ini, juga akan mendapat nilai plus lho dari Google.


Jadi, itu tadi 5 kriteria yang wajib kamu pertimbangkan saat memilih template blog. Bukan hanya yang menarik di hati saja. Tapi juga mampu mengikat SEO dan pengunjung. Happy blogging!


with love,




Tulisan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community
#Day7 #ODOP #EstrilookCommunity

Comments

  1. Berhubung saya masih makai gratisan blogspot saya hanya berusaha memperoleh template yang sesuai.. Kedepan saya berencana untuk menggunakan domain TLD dan tentu saja saya akan menerapkan tips2 dalam memilih template yg baik untuk blog saya nantinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaupun masih pakai domain gratisan, nyicil benerin template juga nggak ada salahnya lho mbak..

      Delete
    2. Siang, Kak. Tema blognya bagus dan nyaman dimata. Selain itu foto artikelnya juga cantik. Boleh tahu pakai aplikasi apa untuk membuat atau mengedit foto artikelnya, Kak?

      Delete
  2. yap setuju bangeeet, user friendly salah satunyaa, kalo enggak gitu kasian pengunjung hihi. makasih sharingnya mba ~

    ReplyDelete
  3. Wah kayaknya saya harus merubah sedikit tampilan blog saya. Soalnya berasa keramean mbak..ngaruh juga kan sama loading page kita nih..weheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, terlalu ramai memang nantinya akan mempengaruhi loading page kita.

      Delete
  4. Template saya sepertinya sudah memenuhi 5 kriteria yang mbak sebutkan di atas cuma baru-baru ini aja agak loading

    ReplyDelete
  5. Background putiu memang enak dibaca. Kalau kuning, warna hitam tulisan memang lebih jelas tapi menyolok mata, bikin lelah ya. Hehe

    ReplyDelete
  6. Oh...baru tahu kalau letak si debar mempengaruhi SEO yah, untung si debar saya di kanan, he

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, dia ngaruh banget. jadi emang harus dipindahin sih kalau letaknya masih di kiri. tapi beberapa template yang populer itu sudah memenuhi standar ini sih mbak

      Delete
  7. Blog saya emank perlu banget dirubah,, mau pindahin semua ke kanan 😁 tapi masih nyari theme yang cocok dulu hehe
    Thanks infonya, bermanfaat sekali buat saya 😊😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. di gooyabi atau themexpose ada banyak pilihannya mbak. cek aja ke sana. cara kustomisasi template juga mereka jelasin satu per satu.

      Delete
  8. Thanks for sharing mba. User friendly penting banget ya. So far masih pake template sederhana bawaan WP. Kalau nulisnya udah makin produktif, kyanya harus mulai lirik2 template baru yang menarik deh 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya justru ganti template biar lebih produktif lagi nulisnya mbak. hehe

      Delete
  9. Terimakasih sharingnya, Mbak. Tak coba ganti putihlah nanti background blog saya. Saya lagi belajar gimana google bisa lebih banyak menangkap tulisan di blog saya.

    ReplyDelete
  10. karena aku pake hosting berbayar, maka memakai template yang ringkes dan gak makan kuota adalah satu-satunya jawaban terbaik dalam pemilihan blog :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak pindah hosting juga. baru tahu nih. ntar aku nanya-nanya deh. wkwkwk...

      Delete
  11. Blog mba Leli udah minimalis and clean nih. Dan semua well noted k 5 point nya dan ada beberapa yang masih jadi PR terutama memilih permanen theme hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga gatau sih kapan mau ganti lagi. tapi theme ini cukup asoi. tinggal ganti header doang udah keliatan beda. jadi sukaa..

      Delete
  12. Kayaknya off dlu deh utak atik blog. Gak kerasa bisa 6-7 jam dihabisin kayak orang kecanduan 🤣
    Btw, tq sharingnya mba Lelly..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk... iya. saya kalaulagi ngutek blog bisa lamaaaa banget. wkwkwk

      Delete
  13. Nambah ilmu lagi nih mbaa. Bener banget theme sangat berpengaruh sama kecepatan loading blog kita ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, ngaruh banget emang. jangan terpesona dengan theme yang ada blink-blinknya karna itu berat. seberat rindunya dilan. wkwkwk

      Delete
  14. Sebelah kanan, ya, Mbak. Selama ini sidebar banyaknya di kiri, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu keliru sih. Goegle jadi baca scriptnya dulu, bukan tulisan kita.

      Delete