Assalamu'alaikum!

Perkenalkan, nama saya Aprilely Ajeng Fitriana. Kalian bisa panggil saya Lelly. Saya lahir di Malang pada tanggal 22 April 1991. Saat ini, saya tinggal di Bogor bersama suami dan anak saya. Blog ini adalah tempat saya mencurahkan segala pemikiran saya dari berbagai peristiwa. Bagaimana saya menghadapinya dan apa saja hikmah yang saya peroleh.

Tutorial Membuat Blog Gratis dengan Platform Blogspot untuk Pemula

Jan 5, 2019



Tulisan ini sebetulnya tergelitik dari curhatan buibu di salah satu WAG yang saya ikuti. “Saya juga pingin bikin blog. Tapi kemarin lupa caranya.” Jadi, saya buatlah tutorial ini untuk membantu teman-teman semua yang punya keinginan yang sama dengan buibu tadi, yaitu membuat blog.

Oke, kita mulai aja ya..

Kalau kita bicara tentang platform untuk membuat blog, sebetulnya ada banyak sekali ya. Ada wix, wordpress, tumblr, blogspot, dll. Semuanya gratis juga. Saya nggak akan bahas satu per satu caranya, cukup salah satu platform yang hits di kalangam blogger dan (menurut saya) paling mudah untuk dibuat, yaitu Blogspot

For your information, akun blogspot ini terintegrasi dengan google. Jadi, kalau mau buat akun di sini, pastikan bahwa kita sudah memiliki akun Gmail. Kalau belum bisa, silakan ikuti langkah-langkah berikut.


Cara Membuat Akun Gmail

1. Buka Gmail di sini, selanjutnya akan muncul jendela tampilan ini.


2. Klik Create account, hingga muncul tampilan seperti ini.

  

Lengkapi form dengan nama, username yang akan dibuat, serta password.


3. Nama username yang dipilih akan tampil seperti ini.


Selanjutnya, kita bisa mengisikan form berikut dengan data diri kita masing-masing, dan klik Next.

4. Baca Privacy and Terms yang ada, lalu klik I Agree.


5. Selamat, kamu telah memiliki akun Gmail


Bagaimana? Mudah, kan?
Kalau kamu sudah punya akun Gmail seperti di atas. Sekarang, kamu sudah bisa membuat blog dengan menggunakan Blogspot. Caranya nggai kalah mudah kok dengan cara membuat email tadi. Ikuti tutorial berikut ini ya.


Cara Membuat Blog dengan Blogspot

1. Buka blogspot di sini


2. Klik create your blog, lalu masukkan email dan password gmail yang tadi telah dibuat.


3. Isikan display name pada isian berikut. Display name ini adalah nama akun blog. Jadi, nama ini akan muncul sebagai profil pengguna. Kalau blog yang akan kamu buat adalah personal blog, kamu bisa isikan dengan nama kamu sendiri, seperti contoh ini.


4. Selamat, kamu telah berhasil membuat akun blogspot. Sekarang kamu sudah siap untuk membuat blog.


For your information, satu akun blogspot ini bisa digunakan untuk beberapa blog. Jadi, kalau kamu mau buat lebih dari satu blog, kamu tidak perlu membuat email baru, cukup create new blog saja pada akun blogspotmu.

5. Oke, sekarang mari kita buat blog. Klik create new blog. Lalu, isikan title dan address. Jangan lupa untuk memilih theme juga ya.



Apa sih bedanya title (judul) dan address (alamat) ini? 
Jadi, title (judul) ini adalah judul yang akan tampil pada halaman depan blog kita. Sedangkan alamat ini yang akan muncul pada url browser kita. Jadi, kalau mau buka blog, yang diketik adalah alamat, bukan judul.

Pembuatan alamat blog sebaiknya tidak menggunakan tanda baca apapun seperti strip (-) atau titik (.). Ini akan mempengaruhi optimasi blog kita di mesin pencari google.

Sedangkan theme ini adalah tema blog. Ini nanti yang akan mempengaruhi tampilan blog. Kita bisa memilih tema seperti apa yang kita suka. Untuk tahap awal ini, silahkan pilih mana saja. Nantinya, kita bisa mengganti tema sesuka hati kita.

Kalau sudah terisi semuanya, klik Create blog!

6. Selamat anda sudah memiliki blog. Ini adalah tampilan dari dashboard blogmu.


Dan ini adalah tampilan blog awalmu. Tampilan ini disesuaikan dengan tema yang sudah kamu pilih tadi.


Selanjutnya, kamu bisa mulai mengisi blogmu dengan tulisan-tulisanmu.

Selamat mencoba. Nantikan tutorial selanjutnya ya..


with love,



Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community. 
#Day5 #ODOP #EstrilookCommunity

Comments