Tips Jitu Mengobati Luka Bakar, Dijamin Cepat Kering!

by - Friday, March 22, 2019



Bicara tentang luka, tentu setiap orang pernah mengalaminya. Entah itu luka lecet, luka sayat, luka tusuk, luka robek, luka lebam, atau luka bakar. Memang nggak semua orang pernah merasakan seluruh jenis luka tersebut. Tapi nggak ada salahnya lho kita tahu bagaimana penanganan awal yang benar hingga perawatan dari masing-masing luka tadi. Kalau belum tahu, yuk, mulai cari tahu dari sekarang. Nah, kalau kita sudah punya cukup bekal ilmu, tentu kita bisa dengan cepat dan sigap melakukan pertolongan saat ada yang terluka. Termasuk pada diri sendiri. 

Seseorang dengan luka robek, luka tusuk atau lebam akibat benturan yang hebat di bagian-bagian tubuh yang vital, biasanya akan segera dilarikan ke rumah sakit terdekat. Hal ini untuk menghindari resiko hilangnya nyawa korban karena pendarahan. Jadi, keputusan yang paling tepat dan sangat disarankan yaitu dengan membawa korban ke ahlinya saja. 

Untuk luka lecet dan sayat, kita masih bisa tangani luka ini sendiri. Apalagi kalau kitq udah punya bekal ilmu tentang cara yang benar dalam mengatasi kedua jenis luka tersebut. 

Sementara pada luka bakar, tidak banyak orang yang benar-benar memahami cara penanganannya. Apalagi banyak anggapan simpang siur yang belum terbukti kebenarannya secara ilmiah. Contohnya, mengoleskan pasta gigi pada area yang terkena luka bakar. Ada juga yang menyiramnya dengan minyak goreng. Informasi yang kebenarannya meragukan seperti ini sebaiknya jangan diikuti ya. Alih-alih luka bakar cepat sembuh, bisa jadi malah semakin parah. 

Penanganan awal luka bakar akibat terkena knalpot motor, setrika, terkena cipratan minyak panas, atau tersentuh benda panas lainnya, sejatinya sama seperti pada penanganan luka sayat atau lecet. Sesegera mungkin cari sumber air bersih dan terus mengaliri luka tersebut dengan air hingga rasa panas benar-benar hilang. Selanjutnya, kamu bisa mengeringkan luka bakar dengan kain atau lap bersih, atau biarkan saja hingga benar-benar kering sendiri. Setelah kering, kamu bisa mengoleskan salep khusus untuk luka bakar ke area luka. Kalau kamu ingin membalut luka bakar tersebut, pastikan kamu sudah mengetahui dengan benar cara membalut luka bakar

Maka untuk kebaikan kita dan orang-orang di sekitar, jangan berhenti mengumpulkan informasi yang benar tentang cara pertolongan pertama pada luka.

You May Also Like

0 komentar