Wujudkan Resolusi Traveling 2019 dengan Liburan Hemat dan Romantis bersama Pasangan

by - Wednesday, March 06, 2019

Resolusi traveling 2019

Oktober 2018 lalu, saya dan suami dapat tiket pesawat gratis untuk pergi ke Bali. Lumayanlah jadi bisa honeymoon. Pulang dari Bali, kami pun merencanakan beberapa tempat liburan lain untuk dikunjungi tahun depan. Salah satu tujuan wisata kami adalah Lampung. Jangan tanya ya ada apa di sana. Saya sendiri belum tahu di sana ada apa saja. Tapi suami saya excited betul mengajak saya ke Lampung.

Akhir tahun 2018 adalah liburan keluarga besar kami yang pertama. Keluarga dari saya maupun suami, semuanya datang ke rumah. Untuk persiapan ini, kami akhirnya membeli furniture baru untuk mengisi rumah. Angka yang kami keluarkan untuk belanja akhir tahun lumayan juga. Ya untuk bayar furniture, ya untuk liburan. Tabungan kami berdua habis tak bersisa.

Setelah keluarga kami pulang semua. Saya dan suami hanya mampu saling pandang.

“Jadi? Kita liburan ke mana tahun 2019?”

“Bokek nih.”

Tabungan yang habis sebetulnya tidak menyurutkan keinginan kami untuk liburan berdua lagi. Kami pun akhirnya menyusun rencana liburan yang baru. Tidak perlu terlalu jauh karena pasti akan mengeluarkan uang banyak untuk biaya transportasi. Lokasi yang dekat dengan Bogor saja. Tapi menarik untuk dikunjungi berdua. Akhirnya, kami memilih Bandung sebagai tujuan wisata kami nanti. Lebih tepatnya sih ke Ciwidey.

Rencana Liburan Romantis di Ciwidey, Bandung

Saya sebetulnya buta banget sama Bandung. Kalau ke Bandung nggak tahu mau ke mana juga. Dulu pernah sih ke sini untuk keperluan dinas. Setelah menyelesaikan urusan, kami main ke Lembang. Ada beberapa tempat wisata di Lembang juga yang ingin saya kunjungi. Tapi suami meminta saya untuk cari pilihan tempat lain yang bisa dikunjungi.

Bingung juga mau ke mana. Akhirnya saya nanya ke netizen aja di IG Story, banyak yang merekomendasikan Kawah Putih Ciwidey. Memang nggak ada salahnya sih ke sana. Toh, saya juga belum pernah ke sana sama sekali. Akhirnya saya mulai cari tahu tentang beberapa lokasi wisata di Ciwidey. Betapa bahagianya saya ketika tahu bahwa nggak cuma Kawah Putih aja yang bisa kita kunjungi kalau mau main ke Ciwidey. Di sini, banyak sekali tempat wisata yang menawarkan keindahan alam Bandung Selatan.

1. Kawah Putih


Kawah putih
Sumber : rajatourbandung.com

Katanya sih, ke Bandung Selatan nggak akan lengkap kalau nggak mampir ke Kawah Putih. Tempat ini memang menjadi daya tarik utama kawasan Bandung Selatan. Kawah putih ini awalnya merupakan bekas letusan Gunung Patuha. Aktivitasnya juga masih ada. Air panas dan bau belerang di sini masih lumayan terasa pekat.

Daya tarik utama dari Kawah Putih adalah kawasan kawah yang bisa kita datangi langsung ke sisinya. Tempat ini nih yang biasanya dipakai untuk foto-foto pre-wedding. Hmmm… Boleh juga nih kalau saya foto post-wedding di sini sama suami.

2. Kampung Cai Ranca Upas


Ranca upas
Sumber : petatempatwisata.com

Nggak jauh dari Kawah Putih, di sebelah kanan, ada gerbang masuk ke area Ranca Upas. Saya mupeng juga ke sini. Lihat foto-fotonya orang bisa seru-seruan sama rusa.

3. Situ Patenggang


Situ Patenggang
Sumber : KepoGaul

Kata suami, kalau mau ke Kawah Putih, kami bisa tuh sekalian mampir ke Situ Patenggang. Saya pernah lihat sih foto-fotonya dari IG sepupu kami. Tempatnya lumayan nih. Pemandangannya ciamik. Bisa naik perahu juga. Seru tuh, pacaran nyeberangin danau.

4. Pinisi Resto dan Glamping Lakeskde Rancabali


Pinisi Resto
Sumber : nativeindonesia.com

Kalau yang ini restoran yang bentuknya seperti perahu dan menghadap ke Situ Patenggang. Di sini juga ada tempat yang biasa dipakai untuk melihat area sekitar dari ketinggian. Boleh banget nih buat jadi tempat makan romantis bareng suami.

5. Perkebunan Teh Rancabali


Sumber : petatempatwisata.com

Saya termasuk penggemar Petualangan Sherina. Waktu browsing tempat wisata di Ciwidey dan nemu ini jadi keingat film zaman SD itu dan pingin juga main-main ke sini. Pacaran di kebun teh ala-ala FTV gitu. Wkwkwk...

6. Kebun Stroberi


Sumber : tempatwisatadibandung.info


Ciwidey ternyata nggak hanya punya kebun teh tapi juga kebun stroberi. Sebagai penggemar berat buah ini, wajib banget ini masuk list yang nanti akan dikunjungi. Stroberi yang enak tuh kalau dari jauh aromanya sudah tercium. Memang sih masih ada asemnya. Tapi rasa manisnya lebih terasa. Pernah minum susu rasa stroberi? Rasa stroberinya bisa sekuat itu dan seenak itu kalau yang bener. Nah, niatnya saya mau hunting stroberi di kebunnya langsung. Mestinya sih, secara kualitas lebih bagus ya.

7. Kawah Rengganis


Kawah rengganis
Sumber : onepurn.blogspot.com

Ini adalah kawah lain yang ada di area Ciwidey. Bedanya dengan kawah putih, Kawah Rengganis ini terdiri dari batu-batuan dengan dengan air panas yang mengalir di sela-selanya. Di tempat ini, ada juga area yang memungkinkan pengunjung untuk masuk ke area kawah dan berendam.

Duh, rasanya pingin langsung berangkat besok aja kalau cari tahu lebih banyak tentang 7 tempat wisata tadi. Tapi kalau tanpa persiapan, takutnya malah overbudget. Maunya sih hemat, tapi realitanya nggak hemat sama sekali. Nggak lucu juga abis liburan terus puasa seminggu buat menekan anggaran.

Saya sama suami bukan tipe orang yang mikir duit ketika hari-H liburan. Tapi bukan berarti sebelum liburan kami berangkat tanpa persiapan juga. Kami akan tetap menyusun rencana liburan dari itenerary, budget, sampai hal paling kecil yang bisa kita prepare. Tujuannnya jelas sih. Supaya kantong dan saldo rekening tetap aman selama liburan.

5 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Liburan

liburan


Kenapa sih kok liburan harus disiapkan? Kenapa nggak langsung berangkat aja? Sebetulnya persoalan ini kembali ke kebijakan masing-masing orang dan keluarga sih. Kalau kami, sebaiknya liburan disiapkan agar kami bukan hanya siap bersenang-senang saja, tapi juga siap dengan dananya. Ini juga untuk menghindari slot tabungan atau dana darurat kepakai untuk liburan sih.

1. Buat list itenerary

Kita mau ke mana aja? Berapa hari? Dari jam berapa sampai jam berapa? Buat aja rinciannya. Kalau kami sebelum liburan begini buat list itenerary. Suami sih yang susun. Mas Ghoffar biasanya bikin listnya dalam tabel. Jam segini mau ke sini. Jam segitu mau ke sana.

2. Rinci kebutuhan apa saja yang akan dibawa selama liburan

Dari list itinerary, kita bisa punya gambaran nanti kita liburan mau ngapain aja dan butuh persiapan apa saja. Misalnya nih, mau ke pantai. Berarti baju renang atau baju yang gampang kering harus disiapkan dong. Selain baju, kacamata dan topi juga nggak boleh ketinggalan.

Kalau ke daerah pegunungan macem Ciwidey gimana? Ya artinya kita harus siapkan baju-baju hangat dong. Nggak lucu juga waktu liburan kita lemes, lesu, dan tak bergairah gara-gara masuk angin.

Itenerary juga bisa ngasih kita gambaran berapa potong baju yang bisa kita bawa biar nggak over bagasi tapi bisa memenuhi kebutuhan kita selama liburan. Bawa baju yang cukup itu penting kalau mau menghemat. Iya, memang ada orang yang kalau liburan nggak bawa baju banyak. Biasanya mereka niatkan beli di tempat tujuan nanti. Kalau saya sih, demi menjaga kestabilan dompet dan saldo rekening, bawa baju dari rumah aja.

3. Pilih hotel yang paling dekat dengan lokasi wisata dengan harga yang terjangkau

Hotel ini jadi item yang juga harus dipertimbangkan. Kalau kita ingin eksplorasi ke berbagai tempat wisata, lebih baik kita memilih penginapan dengan harga murah, nyaman, dan aman. Pastikan juga lokasi hotel dekat dengan tempat wisata. Jadi, kita bisa meminimalisir biaya untuk transportasi.

sumber : RedDoorz


Soal penginapan murah, nyaman, dan aman, saya sih percaya dengan RedDoorz. Kita maunya menginap yang nyaman dan aman kan? Jangan khawatir. RedDoorz punya guarantee service yang menjamin pengunjung untuk mendapatkan 6 layanan secara gratis. 6 gurantee service itu, antara lain linen bersih, kamar mandi bersih, perlengkapan mandi, televisi, air mineral, dan Wi-Fi gratis.

sumber : RedDoorz


Layanan RedDoorz juga tersebar di beberap kota di Indonesia. Jadi, kita betul-betul tidak perlu khawatir lagi. Cara pemesanan hotel juga mudah. Bisa melalui website RedDoorz maupun melalui aplikasinya.

sumber : RedDoorz


4. Tentukan transportasi apa saja yang akan digunakan selama liburan

Selain hotel, kita juga perlu mempertimbangkan transportasi apa yang nanti akan kita gunakan selama perjalanan. Mulai dari berangkat dari rumah, hingga pulang lagi ke rumah. Apakah naik kereta? Mobil pribadi? Pesawat? Atau bahkan mau naik motor saja?

Transportasi ini perlu dirancang agar kita bisa mencari tiket lebih awal atau menyewa kendaraan selama di sana. Kita perlu tahu juga bahwa tidak semua daerah wisata bisa dijangkau oleh transportasi umum apalagi taksi online. Dengan mempersiapkan ini, kita nggak akan galau-galau lagi setiap akan pindah dari satu tempat wisata ke tempat wisata yang lain.

5. Hitung budget liburan dan mulai menabung

Kalau 5 hal tadi sudah ditentukan, kini saatnya untuk menghitung budget liburan. Dari itenerary yang kita buat, kita bisa mengetahui berapa biaya yang kita keluarkan untuk tiket masuk dan parkirnya. Selebihnya kita bisa tambahkan dengan biaya hotel dan transportasi. Untuk biaya makan dan oleh-oleh, kita bisa buat budget berapa rupiah yang akan kita keluarkan dalam sekali makan dan oleh-oleh yang nantinya akan kita beli.
Jika sudah, saatnya untuk menabung.


6 hal tadi yang bisa kita lakukan untuk mempersiapkan liburan romantis dan hemat. Persiapan yang sudah matang, bisa jadi percuma jika tidak dieksekusi dengan baik. Betapa banyak orang yang sudah merencanakan liburan hemat tapi berujung pada defisit anggaran keuangan setelah liburan usai. Untuk menghindari ini, saya punya 5 tips hemat saat liburan yang bisa kamu tiru.

5 Tips Hemat Liburan

dompet


1. Bawa peralatan penting dari rumah

Apalah gunanya kita persiapan printilan dari rumah kalau pada akhirnya tidak dibawa? Jadi, sebelum berangkat, pastikan semua kebutuhan selama liburan sudah masuk di dalam koper. Bukan hanya baju saja, tapi juga peralatan-peralatan kecil lain.

2. Siapkan uang tunai

Hindari menggunakan kartu debit atau kredit selama transaksi. Ada baiknya jika sebelum berangkat, kamu sudah menyiapkan uang tunai sejumlah kebutuhanmu. Uang tunai merupakan uang fisik yang akan terlihat secara jelas dan bisa kita rasakan keberadaannya. Masih banyak atau tinggal sedikit juga bisa kita lihat secara kasat mata. Hal ini akan membuat kita lebih cermat membelanjakan uang saat liburan.

3. Hindari pergi ke tempat wisata yang tidak direncanakan sebelumnya, kecuali gratis

Ketika kita punya waktu lebih yang bisa digunakan, biasanya kita akan memilih untuk mencari tempat wisata lain di luar itenerary yang sudah kita susun. Seru sih. Tapi pertimbangan biaya transportasi dan tiket masuk tambahan juga harus kita pertimbangkan. Kecuali, tempatnya dekat dengan lokasi wisata sebelumnya dan gratis. Kalau ini sih bonus banget.

4. Pilih tempat makan dengan harga yang terjangkau

Sudah jadi rahasia umum jika membeli makanan di tempat wisata itu harganya bombastis sekali. Untuk makanan super sederhana saja, kita bisa mengeluarkan uang puluhan ribu untuk sekali makan. Saya pernah lho begini. Abis makan jadi menyesal. Makanya, liburan kali ini nggak mau mengulang kejadian yang sama. Maunya makan enak, tanpa penyesalan, dan ikhlas bayarnya.

5. Cerdas ketika belanja oleh-oleh

Point 1 sampai 4 bisa jadi lebih mudah untuk dilakukan dibanding point terakhir ini. Banyak sekali orang yang kemudian menghabiskan banyak biaya untuk belnja oleh-oleh. Seluruh keluarganya dikasih. Tetangga kanan kiri, teman kantor, dll dikasih semuanya. Memang ini tidak salah. Tapi belanja berlebihan juga tidak tepat. Kita juga perlu cerdas ketika belanja oleh-oleh. Jadi, semua bisa dapat, tapi isi dompet dan saldo rekening bisa tetap aman.

Itu tadi A-Z resolusi traveling 2019 saya. Mulai dari tujuan yang ingin saya tuju, persiapannya, hingga apa yang nanti akan saya lakukan saat hari H. Romantis buat saya nggak harus mahal, tapi tentang seberapa banyak momen berharga bisa diciptakan bersama pasangan.

Kalau kamu, punya resolusi traveling 2019 nggak? Yuk, bagi di kolom komentar.

You May Also Like

24 komentar

  1. Waaooo yang mau hanimun romantis..
    Btw kalau dapat tiket gratis, jangan lupa bagi-bagi ya mba, wakakakka

    Keren-keren banget tempat wisata di Bandung ya, Kawah putih wishlist banget deh.
    Tapi Situ Patenggang kok agak-agak seram gitu ya mba, terlalu tenang semacam menyimpan misteri (terlalu sering nonton film horor, hahaha)

    Kalau kami, budget terbesar saat jalan2 itu adalah makaaannn..
    Duh ya, di antara kami berempat, cuman pak suami aja yang makannya apa aja gak milih2.
    Kalau saya adaaaa aja pengennya, maunya yang murah, tapi gak mau kalau kotor, ada yang bersih, murah, tapi gak enak, sepi, jadinya juga ogah.

    Emosi kadang pak suami liat kami, ke manapun kami traveling, ujung2nya ke Mcdonald juga wakakkaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga lagi menanto tiket gratisan lagi. wkwkwk..

      iya, emang keren banget. deket dari Bogor, tapi aku belum pernah ke sana semua. hahaha..

      mbak bilang ujung2nya ke McD, aku jadi inget honeymoon kemarin. Ujung2nya KFC. wkwkwkw...
      kalau bingung cari makanan halal, akhirnya pilih KFC. Pulang honeymoon, lihat KFC langsung membekas banget. wkwkwk

      Delete
  2. Wah luar biasa nih mbak, mau pergi honey moon sama suami tercinta udh disusun itinerary secara detail pastinya liburannya akan fantastic sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya dong, harus. biar nggak bingung nanti pas udah di sana

      Delete
  3. Tempat-tempat Bandung Selatan sekarang asik-asik kok mba, kebetulan saya asli orang sana cuma rumah saya masih area Kopo ga sampe Ciwidey. Ke Rancaupas maknyuss banget tuh mba, pemandangannya juga magis banget apalagi kalau masih pagi. Jangan lupa bawa kamera yg kece mba, biar foto2nya bagus karena banyak banget yg foto disana hasilnya bagus-bagus..
    Oya salam kenal mba Lelly :)

    ReplyDelete
  4. Aiishh Bandung juga masuk wishlistku. Hmm, kalau resolusiku sih kemanapun liburannya yang penting usahain bisa skalian silaturahim ke tempat teman. Dan kayanya Jogja bisa jadi pilihan nih.

    ReplyDelete
  5. ini kereeen biar bsa jadi destinati wisata selanjutnya

    ReplyDelete
  6. Aaahh Bandung... sudah lama ngendon di wishlist saya. Aslinya saya gak terlalu syka travelling,tp kalau ke Bandung koq pengen banget yaa... Apalagi kalau ada sponsor tiket dan voucher hotel, duuh.. (Aamiin in aja dl)

    ReplyDelete
  7. Mau banget tipsnya, coz ini Travelling aku banget

    ReplyDelete
  8. Kawah putih, rancaupas, situ patenggang...udah pernah, tempatnya bagus mba, enak buat romantis2an ama pasangan halal :)

    ReplyDelete
  9. Yah, saya belum sempat ke tempat-tempat itu karena seminggu yang lalu traveling cuma empat hari. Moga lain kali bisa nyobain ke tempat-tempat itu

    ReplyDelete
  10. wah wah wah wah saya juga pengen ke situ patenggang yang deket2 ae, wkwk. mau berduaan sama suami biar makin romantis, ahey. secara saya udah lama banget enggak traveling duh duh duh. oiya nginepnya di redoorz itu ya, katanya paling murah itu. wah jadi pengen coba, makasih mba infonya.

    ReplyDelete
  11. wisata alam semua dan bikin segeeer. BTW aku paling ingin nyobain di resto bentuk kapal ituu...

    ReplyDelete
  12. Noted, mba. Tipsnya diatas bermanfaat banget, khususnya buat merencanakan liburan panjang sebentar lagi. Suka bingung aku tuh mba, khususnya soal budget dan nabung karena sering banget bocor hehee. Tapi setelah baca ini jadi makin tercerahkan. Thanks ya mbaa

    ReplyDelete
  13. Untuk traveling sebaiknya memang bikin list perjalanan ya, mba. agar sesuai budget. Dan bisa menahan diri tidak kelabakan pergi ke tempat lain walau banyak waktu. Hehe

    ReplyDelete
  14. Mbak Lelly boleh banget nih wishlist liburannya.. Bandung emang menyimpan banyak tempat wisata keren nan mempesonahhhh. Apalagi kalo pesen hotelnya via RedDoorz. InshaAllah lah ya nggak bakal kecewa. Kalau aku pingin ke Bali nih mbaaaaaak

    ReplyDelete
  15. bener-bener mbak..ayo berkunjung ke situ, aku dah kunjungi 6 diantaranya kecuali kebun stroberi aja yang belum..dan memang indah sekali pemandangannya mbak..trus aku pikenik kemana ya???? hehehehe

    ReplyDelete
  16. Jadi pengen honeymoon juga. Tapi entar deh kalau ada yang bisa jagain nih bocah-bocah yang masih unyu-unyu dan selalu nempel ke mana pun emaknya pergi.

    ReplyDelete
  17. Bandung ini enggak habis2 untuk dieksplorasii
    Pengin ke sana lagi
    Cuma malesny tuh macett wkk

    ReplyDelete
  18. Jadi teringat cita-cita mau ke mana aja.
    Semoga resolusi travelling 2019 tercapai ya mbak (saya juga)

    ReplyDelete
  19. Tipsnya keren dan sangat bermanfaat nih mbak. Terima kasih ya.
    Saya dan suami penyuka travelling. Seringnya anggaran bocor saat jalan hehehe.. krn selain kami lebih senang memilih fasilitas serba nyaman, dijalan sering nggak efisien krn perencanaan yg kurang matang. Senang sudah mengingatkan melalui tulisan ini🙏🤗

    ReplyDelete
  20. Jangan tertawa plisss, daku belum pernah ke Bandung. Padahal hobinya makan kuliner Bandung (siomay, batagor, bolen mayasari, cilok, es doger) kwkwkwkk....

    ReplyDelete
  21. Mbak, itu cantik banget tempat wisatanya. Saya jadi pengen ke sana juga

    ReplyDelete
  22. Mupeng liat destinasi wisata di Bandung jadi pengen liburan romantis bareng suami ke sana juga deh, hehe. Semoga resolusi Travellingnya tercapai ya mbak. Apalagi sekarang mau liburan kemana2 gak usang pusing ya. Kan sudah ada reddorz :)


    ReplyDelete