Bahagia Ketika Mual Muntah di Trimester Pertama, Kok Bisa?

By Aprilely Ajeng Fitriana - Friday, April 26, 2019

Mual muntah


Saya tahu kalau hamil setelah saya mengiyakan amanah jadi penanggung jawab kopdar Matrikulasi Batch 7. Rasanya deg-degan banget. Setelah tahu hamil, saya nggk bisa banyak pegang HP, sedangkan seluruh kordinasi dengan panitia menggunakan Whatsapp Group. Beruntung punya panitia yang super duper cekatan. Betul-betul merasa terbantu banget.

31 Maret 2019, itulah kopdar kami yang pertama. Karena acaranya di rumah, saya dan suami jadi harus kerja bakti dulu sebelum acara dimulai. H-1 bersih-bersih rumah. Setelah acara juga.

Waktu acara berlangsung sih semua nampak baik-baik saja. Setelah semuanya pulang, jeng jeng. Ada sesuatu di panties saya. Entah itu flek atau keputihan saya nggak ngeh. Kebetulan panties yang saya pakai warnanya gelap, jadi sulit untuk membedakan apakah itu darah atau bukan.

Khawatir Keguguran

Hamil muda


Deg-degan parah. Besoknya saya banyakin istirahat. Nggak berani aneh-aneh dulu.

Perasaan saya makin gelisah ketika dengar kabar seorang teman sesama bumil yang abis pendarahan. Setelah periksa ke dokter, dia keguguran.

Aneka macam rupa perasaan berkecamuk dalam diri saya. Khawatir sekali dia kenapa-kenapa. 

"Mas, ke dokter yuk."
"Mei aja."

Saya sudah bujuk, tapi belum juga ada ACC dari suami. Saya diminta untuk mengamati perubahan diri sendiri dulu. Ada tidak tanda-tanda seperti yang teman saya alami.

Sejauh ini memang tidak ada. Tapi dari apa yang saya cari, saya jadi tahu kalau pendarahan itu tidak harus sampai keluar. Bisa jadi pendarahan terjadi di dalam rahim ibu dan tidak diketahui oleh ibu. Makin cemas dong ya.

Belajar Lagi, Ternyata Mual pada Ibu Hamil Karena Ini

Mual muntah hamil


Setelah itu, nggak ngerti gimana ceritanya saya iseng nonton video tentang penyebab mual muntah pada ibu hamil. Kalau nggak salah itu juga karena suami nanya, normal nggak sih kalau saya mual muntah seperti itu. Awal-awal kan lumayan ya mual muntahnya. Sampai saya sulit beraktivitas apapun.

Dari video itu, saya jadi tahu apa sih yang bikin ibu hamil muda itu mual dan muntah. Ternyata itu disebabkan oleh naiknya asam lambung yang didorong oleh hormon HCG. Terus siapa itu hormon HCG yang bikin asam lambung bergejolak? Ternyata, dia adalah hormon yang membantu pembentukan dan pertumbuhan organ-organ pada janin. Jadi, mual muntah itu merupakan sinyal dari tubuh kalau bayi sedang bertumbuh dibantu oleh HCG tadi.

Denger itu rasanya langsung nyesss. Saya masih mengalami mual muntah itu, tapi setelah tahu apa sih alasan medis di balik semua fenomena yang saya rasakan jadi lebih happy. Saya menikmati mual muntah tiap pagi saya. Waktu suami mulai worry, saya jelaskan ke dia dengan santai. Jadi, kalau saya mual muntah juga nggak dituduh makan nggak bener juga. Tapi dia tahu kalau bayinya lagi dalam proses bertumbuh.

Apa Bedanya dengan Asam Lambung Biasa?

Mual muntah


Suami saya pernah nanya begini juga. Di video itu, dokter juga sudah menjelaskan perbedaan mual muntah karena hormonal dan naiknya asam lambung karena maag. Kalau hormonal dia akan rutin terjadi setiap jam tertentu. Misal, pagi hari. Itu akan rutin terjadi setiap pagi. Kalau bukan hormonal, dia akan terjadi di luar kebiasaan.

Sejauh ini, mual muntah yang saya alami masih dalam range waktu tertentu di pagi hari. Dan itu selalu terjadi. Kalau perut sudah terisi, akan lebih mudah juga untuk mengeluarkannya. Tapi kalau belum, nyiksa betul. Jadi, saya selalu berupaya setelah sholat subuh makan dulu sambil nunggu muntah. Setelah muntah, baru saya sarapan yang lebih layak. Misal, abis itu muntah lagi, ya nggak apa-apa. Makan lagi.

Saya bukan ibu hamil yang kehilangan nafsu makan karena mual muntah sih. Saya malah jadi lebih sering merasa lapar karena isi perut yang terus menerus dikeluarkan itu. Karena itu juga, saya sampai stok makanan ringan di dekat kasur. Hehehe..

Be Happy! Enjoy Your Pregnancy
Nah, untuk bumil lain yang juga mengalami hal yang serupa. Jangan khawatir ya. Mual muntah yang kita alami adalah sinyal dari tubuh bahwa bayi kita sedang memakan seluruh nutrisi yang bisa kita berikan untuk pertumbuhannya. Saya happy ketika tahu ini. Saya harap bumil juga happy ketika saya kasih tahu begini.

Hanya saja, perlu diperhatikan juga ya. Kalau mual muntah sudah amat berlebihan, sebaiknya segera hubungi dokter.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar