5 Strategi Instagram Marketing 2019 untuk Blogger dan Online Shop

By Aprilely Ajeng Fitriana - Sunday, September 22, 2019

Instagram Marketing


Bukan hanya online shop yang butuh instagram marketing, tapi juga blogger. Tujuannya jelas, closing. Kalau online shop, bisa dapatkan banyak pelanggan. Sedangkan blogger untuk mendapatkan banyak pengunjung untuk blognya. Makin banyak pengunjung, makin dilirik job sana sini. Intinya sih, dari instagram marketing ini kita bisa bangun kepercayaan orang-orang sama brand yang sedang kita promoin. Entah itu personal, maupun product.

Dulu, punya follower banyak tuh udah aman. Follower banyak artinya banyak juga orang yang akan lihat konten kita. Tapi itu dulu, sekarang udah lain lagi ceritanya. Instagram mau yang lain. Dia pingin penggunanya menghabiskan lebih banyak waktu untuk main di sana.

Instagram maunya begitu. Tapi.... Yakali kita harus main instagram mulu? Kapan jualannya? Kapan nulisnya? Kapan ngurus yang lain?

Eits, jangan emosi. Algoritma baru artinya strategi baru. Kita cuma nggak bisa lagi pakai cara lama untuk menaikkan pamor konten kita. Ada strategi baru yang mesti kita terapkan kalau kita mau konten kita dijangkau oleh lebih banyak orang.

1. Posting Lebih Banyak

Dulu, satu postingan sehari saja sudah cukup. Tapi sekarang tidak. Ini memang jadi tantangan tersendiri sih. Satu konten saja sudah cukup makan waktu untuk mempersiapkannya. Apalagi kalau banyak. Hmmmm...

Sebetulnya, ini masih bisa disiasati lagi dengan membuat perencanaan konten dalam jangka waktu tertentu. Mau share gambar yang mana dan gimana, captionnya apa, hashtagnya apa, rencanakan aja. Makin detail makin bagus. Lebih bagus lagi kalau kita punya stok konten untuk beberapa hari ke depan.

2. Posting Video

Mulai tahun 2018 ini, video mulai menyedot perhatian pengguna instagram lebih dari 80%. Nggak harus upload video di feed sih. Kita bisa manfaatkan IGTV dan IG Story untuk share konten dalam bentuk video.

3. Lebih Personal

Sadar nggak sih kalau akun instagram yang sering muncul di home kita itu adalah akun-akun yang memang sering kita kunjungi, kasih like, komen, atau malah chat via DM dengan mereka. Algoritma instagram yang baru memang akan memunculkan akun yang punya lebih banyak keterlibatan personal dengan kita. Jadi, kalau mau konten kita dilirik, mulai untuk menjalin hubungan secara personal.

Gimana caranya? Gampang kok. Kalau ada yang komen, bales komennya. Jangan lupa untuk like dan komen di postingan mereka juga. Lakukan ini secara rutin dan konsisten. Percaya deh, traffic kita beneran bisa naik dengan ini. Untuk para pedagang online, ini makin membuka peluang untuk closing produk lebih besar lagi.

4. Gunakan Tagar dengan Baik

Fungsi tagar ini untuk menjangkau pengguna instagram lain yang bukan follower kita. Tentu memilih tagar juga jadi pertimbangan tersendiri. Nggak cuma banyak. Tapi pilih yang memungkinkan orang cari.

Tagar yang gimana sih yang bagus? Tagar yang digunakan oleh lebih dari seribu orang dan kurang dari sejuta. Kenapa menggunakan tagar yang seperti ini?

Ini hampir sama dengan keyword. Kalau terlalu sedikit artinya jarang banget ada orang yang kepikiran hashtag itu. Tapi kalau terlalu banyak, saingannya juga tinggi. Lebih sulit lagi untuk menjangkau page one search engine-nya instagram.

Penggunaan tagar juga terbatas ya. Jangan terlalu banyak. Tapi juga jangan sampai nggak ada sama sekali. Gunakan 5-15 tagar saja dalam satu postunya.

5. Content is The King

Well, gimana-gimana konten tetap jadi rajanya. Konten yang bagus yang bikin orang betah nongkrong di akun kita. Konten yang bagus juga yang akan mendorong traffic ke instagran kita.

Kesimpulan
Algoritma baru artinya strategi baru untuk instagram marketing kita. Setelah memahami 5 hal tadi, tentu saja yang perlu kita lakukan adalah mempraktikkan strategi tersebut dengan konsisten.




with love,

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar