5 Tips Mudah Membuat Konten Blog yang Menarik Pembaca

By Aprilely Ajeng Fitriana - Wednesday, September 25, 2019

tips membuat konten blog



“Tulisan ini udah lama tayang lho di blog. Tapi kok yang mengunjungi sedikit sekali ya.”

Pernah nggak ngalami yang seperti itu? Saya rasa semuanya pasti pernah mengalami hal ini. apalagi kalau masih baru banget belajar ngeblog. Bisa jadi tulisan aja udah syukur. Tapi apa iya nulis aja cukup? Rasanya tidak. Saya pribadi lebih suka tulisan saya dibaca banyak orang dari pada dianggurin. Ada kepuasan batin tersendiri ketika banyak orang membaca tulisan saya. Apalagi kalau interaksi yang masuk menarik diskusi panjang dengan mereka.

Ketertarikan pembaca pada tulisan saya di blog itu yang akhirnya memberikan dorongan lebih untuk terus menulis lagi, lagi, dan lagi. Lebih semangat lagi kalau ada yang bilang, “aku suka lho baca tulisannya, Mbak.” Wah, ini bisa melambung tinggi terbang ke awan. Mood booster terampuh kalau saya bilang.

Kenapa begitu? Karena nggak mudah untuk bikin tulisan yang bisa bikin pembaca ketagihan untuk terus berkunjung ke blog kita. Nggak bisa cuma asal nulis, publish, terus selesai. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Nah, kali ini saya akan berbagi sedikit tips membuat konten blog yang menarik pembaca.

Pilih Judul yang Click-bait

Hal pertama yang akan dibaca oleh pembaca adalah judul. Dari judul, orang bisa memilih untuk masuk ke page tersebut dan membaca artikel secara keseluruhan atau tidak. Cobalah untuk membuat judul yang click-bait.

Contoh:
Ini Dia Cara Menghasilkan 10 Juta dari Blogging
Mengejutkan, Lucinta Luna Akhirnya Ngaku
Anak GTM, Atasi dengan Cara Sederhana Ini

Judul-judul semacam ini yang bisa membuat orang tertarik untuk membaca lebih detail isi ceritanya. Tapi, jangan tipu-tipu ya. Judul tetap harus menggambarkan isi konten yang kita buat.

Stop Menulis dalam Paragraf Panjang

Kalau kamu terbiasa menulisa dalam pragraf panjang, hentikan saat ini juga. Kalau dulu waktu sekolah kita diajarin buat bikin paragraph panjang kali lebar. Itu tidak berlaku untuk blog. Pembaca lebih suka tulisan yang singkat, padat, dan jelas. Poin-poin yang ingin disampaikan sudah bisa tergambar dengan jelas juga. Semakin mudah mereka mendapatkan informasi, itu yang lebih disuka.

Tambahkan Gambar

Ini adalan cara yang paling mudah untuk memperbaiki blog kita. Tambahkan gambar! Dengan gambar, kita bisa membantu untuk memberikan jeda dalam konten kita agar lebih mudah dibaca oleh pembaca.
Gambar ini juga bisa memanjakan mata kita. Bayangkan saja ada tulisan sepanjang 2000++ kata dan tidak ada gambar sama sekali. Hmmmmm… Pasti capek banget baca itu. Belum habis baca udah males duluan. Nah, semua akan lain ceritanya kalau ada gambar yang membantu visualisasinya. Informasi yang disampaikan akan jauh lebih menarik.

Jangan Lupa Proofreading

Proofreading adalah bagian penting lain yang tidak boleh ditinggalkan. Setelah menulis, diamkan tulisan beberapa saat, lalu baca kembali. Perbaiki kesalahan-kesalahan umum yang biasa terjadi, seperti penggunaan tanda baca yang tidak tepat, typo, atau bahkan alur tulisan yang maksa. Lakukan pengecekan secara berulang. Makin sering, makin baik.

Menulislah seperti Bercerita pada Teman

Kalau kamu pingin blogmu betul-betul seperti bicara pada pembaca, hal paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah menulis seakan sedang cerita pada temanmu. Nggak usah takut untuk ngobrol asyik di sini. Kalau kita enjoy melakukannya, rasa itu juga akan tersalurkan ke pembaca kok. Mereka juga akan merasa senang membacanya.

Jadi, sebelum mempublikasikan tulisan kita, cobalah untuk membacanya keras-keras.

Kesimpulan

Nggak sulit kok membuat konten yang menarik pembaca. Apalagi kalau kita memang suka menulis. Just have fun. Salurkan aja apa yang kita suka dengan cara yang paling sederhana. Mau curhat? Boleh. Tapi curhat cantik ya. Gimana caranya dari curhatan kita itu orang lain juga dapat sesuatu, bukan hanya sekedar keluh kesah kita aja.

Jadi, kalau kamu biasa melakukan apa nih untuk menarik pembaca berkunjung ke blogmu? Share di kolom komentar ya.

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Saya setuju semua poin tipsnya hehe, dan berusaha untuk mengaplikasikan semuanya.

    Saya dapetin ketika berkunjung ke blog2 lain sih. "Ih blog ini enak dibacanya, tampilannya bagus, dll." Akhirnya saya terapkan deh di blog sendiri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak, sebisa mungkin juga diaplikasikan ke blog sendiri.

      Delete