Strategi Jitu Raih Lonjakan Pesanan di Harbolnas Blibli.com

By Aprilely Ajeng Fitriana - Monday, September 23, 2019

Harbolnas Blibli.com



Siapa sih yang nggak tahu Harbolnas itu apa? Itu lho event tahunan yang ngasih diskon dan promo yang besar-besaran. Hari belanja online nasional atau yang biasa kita sebut Harbolnas ini merupakan hari perayaan yang ditujukan untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan belanja online. Dengan adanya Harbolnas ini, masyarakat diharapkan mulai paham kalau belanja online sekarang ini bisa lebih mudah, aman, nyaman, dan tentunya murah.

Bagi para pembeli, event Harbolnas ini sudah pasti menguntungkan. Kita bisa mendapatkan barang dengan diskon khusus di sini. Lalu, bagaimana dengan penjual? Sudah pasti untung dong. Harbolnas ini bisa dibilang sebagai event yang digunakan untuk menaikkan omzet setinggi-tingginya. Pemilihan marketplace yang tepat, tentu saja akan menaikkan omzet jauh lebih besar lagi.

Blibli.com sebagai salah satu marketplace di Indonesia, tentu nggak mau ketinggalan dong. Untuk event Harbolnas 2019 ini, Blibli.com tidak hanya mengadakan pada tanggal 12 Desember 2019 saja. Tapi juga pada tanggal 10 Oktober dan 11 November 2019. Ini peluang banget untuk para pembeli dan penjual online shop nih. Sebagai pembeli, kita bisa punya banyak kesempatan untuk mendapatkan diskon besar-besaran. Sedangkan sebagai penjual, kita bisa punya kesempatan untuk meraup omzet yang besar.

Berdasarkan data yang diambil dari Blibli.com, Gross Merchandise Value (GMV) mengalami pengingkatan setiap tahunnya. Dilansir dari ekonomi.bisnis.com, GMV Blibli.com pada Harbolnas 2018 kemarin mengalami kenaikan hingga 11 kali lipat jika dibandingkan hari biasa. Pengunjungnya pun naik hingga 35 kali lipat dari hari biasa.

Angka yang super fantastis bukan? Angka-angka ini, tentu saja bisa kita manfaatkan untuk berjualan online di Blibli.com. Harapannya, dengan ikut berjualan di Blibli.com saat Harbolnas, kita bisa meraup keuntungan sebesar-besarnya melalui event ini.

Jualan online di Blibli.com saat Harbolnas tentu saja membutuhkan strategi yang jitu. Sebagai penjual, strategi ini kita butuhkan bukan hanya untuk menaikkan omzet setinggi-tingginya, tapi juga untuk menaikkan kepercayaan customer kepada kita. Ada beberapa aspek yang perlu kita perhatikan jika kita ingin mendapatkan itu semuanya.


Sukses Harbolnas Blibli.com

Hal pertama yang perlu kita perhatikan saat akan berjualan tentu saja adalah produk. Tanpa adanya produk, apa yang akan kita jual? Besar kecilnya omzet juga tergantung dari seberapa banyak ketersediaan produk. Pengunjung sudah banyak, calon pembeli sudah ada, tapi produknya tidak ada. Kan repot.

Untuk menghadapi lonjakan pesanan di Harbolnas Blibli.com ini, kita bisa menerapkan 3 strategi berikut ini.

Harbolnas Blibli.com

1.   Tambahkan produk sebanyak-banyaknya

Semakin banyak produk yang dijual, tentu semakin banyak peluang mendapatkan omzet yang besar. Nah, untuk menghindari stok produk kita tidak laku, kita perlu melakukan analisis produk dulu. Produk apa sih yang populer dicari?

Kita bisa memanfaatkan fitur Analisis di Blibli.com untuk mengetahui produk apa yang paling populer di Blibli.com. Berapa kali produk tersebut dilihat, berapa jumlah penawarannya, berapa banyak merchant yang menjual produk tersebut, hingga harga termurah yang ada. Analisis produk ini bisa kita lihat dari data selama 7 hari maupun 30 hari. Dari sini nih, kita bisa menentukan mau nambah produk yang mana.

2.   Pastikan stok tersedia dan update secara berkala

Ini juga nggak kalah penting. Stok produk yang kita miliki harus terus menerus terupdate secara berkala. Jangan lupa juga untuk memastikan stok Gudang dengan stok Blibli kita di Merchant Tools Application.
Kita juga bisa mempelajari Analisa Kinerja Produk pada Merchant Tools Aplicstion Blibli.com. Pada menu ini, terdapat informasi terkait tingkat pembelian dan tingkat kegagalan produk. Dari sini juga, kita bisa memperkirakan stok mana saja yang perlu kita tingkatkan untuk persiapan Harbolnas nanti.

3.   Aktif dalam diskusi produk

Fungsi dari diskusi produk adalah untuk berinteraksi dengan pembeli. Jangan lupa untuk segera merespon pertanyaan dari customer yang ada dalam fitur ini. Interaksi ini ternyata juga bisa membantu kita untuk mempengaruhi keinginan customer untuk membeli produk kita.


Selain produk yang dijual, penentuan harga tentunya menjadi bahan pertimbangan. Penentuan harga tidak hanya diambil dari berapa banyak keuntungan saja. Jika kita menginginkan lonjakan pesanan yang fantastis, kita juga harus mau melakukan 2 hal ini.


Harbolnas Blibli.com

1.   Pelajari harga produk melalui menu Analisa

Salah satu kemudahan yang diberikan oleh Blibli.com kepada para penjual adalah dengan adanya Merchant Tools Application. Isinya bukan hanya untuk upload barang, harga, dan memberikan deskripsi barang secara spesifik saja, tapi kita juga bisa melakukan Analisa di dalamnya.

Nah, kita bisa banget memanfaatkan menu Analisa ini untuk mengetahui persaingan harga produk yang kita jual. Untuk produk yang sama, kita bisa tahu berapa sih harga termurah produk yang dijual oleh penjual yang lain, berapa selisih harganya, dan berapa harga rata-rata dari produk tersebut. Dari sini, kita bisa menentukan berapa harga yang paling ideal dari produk kita bila kita menginginkan produk ini laris manis di pasaran.

2.    Update harga produk agar kompetitif

Setelah mengetahui harga yang pas untuk produk kita. Jangan lupa untuk mengupdate harga terbaru setelah diskon. Pastikan juga bahwa harga diskon ini memang harga yang telah dikurangi diskon. Bukan harga yang telah dinaikkan terlebih dahulu.



Selain diskon, kita juga bisa memanfaatkam promo yang diberikan oleh Blibli.com untuk meningkatkan penjualan kita. Ada 3 macam promo yang bisa kita manfaatkan di sini.


Harbolnas Blibli.com

1.   Promo Grosir

Promo ini bisa kita gunakan jika kita ingin memberikan harga khusus berdasarkan jumlah barang yanb dibeli oleh customer. Kita bebas memilih produk dan jumlah minimal pembelian yang akan mendapatkan diskon. Dengan cara ini, kita bisa lebih banyak menarik customer untuk membeli produk yang kita jual.

Perlu diingat juga. Seluruh promo yang sudah aktif atau berjalan tidak bisa diubah kembali. Jadi, kalau kita mau mengubah ketentuan promo, seperti tanggal aktif atwu jumlah diskon, kita harus mendeaktivasi promo tersebut terlebih dahulu.

2.   Promo Combo

Selain promo grosir, juga ada promo combo. Promo ini dapat kita gunakan jika ingin melakukan bundling. Ketika customer ingin membeli produk utama, mereka akan secara otomatis mendapatkan produk pelengkap. Produk mana yang akan dijadikan produk utama dan pelengkap ini bebas. Terserah kita mau atur yang mana. Tanggal promo dan kuota produk untuk promo ini juga bisa kita atur.

Nah, harganya gimana nih? Harga barang yang ingin digunakan dalam promo combi ini bisa banget kita atur supaya lebih menarik. Satu produk utama paling banyak didampingi oleh 2 produk pelengkap. Tapi ingat, produk yanb kita pilih hanya bisa dijadikan produk utama sebanyak satu kali saja dalam satu periode promosi yang sama.

3.   Promo Blibli

Berbeda dengan kedua promo yang lain. Promo Blibli ini hanya bisa diatur oleh pihak Blibli.com sendiri dan sifatnya undangan. Hanya penjual yang mendapatkan undangan promo ini saja yang bisa mengikutinya.

Kalau sudah dapat undangan apa bisa otomatis ikut promo? Ternyata tidak. Kita bebas memilih untuk ikut promo ini atau tidak. Kalau berminat, kita tinggal klik “Join Promo” dan kita akan langsung dapat melihat secara detail informasi seputar promo tersebut. Mulai dari detail promonya bagaimana, cara menambahkan produk ke promo tersebut, hingga melihat produk mana saja yang sudah ditambahkan dalam promo tersebut.



Boleh dibilang, ini adalah faktor krusial yang perlu dipertimbangkan. Kepercayaan pelanggan akan bergantung dari seberapa cepat respon pengiriman kita. Tidak hanya itu saja, cepat tidaknya barang sampai ke customer juga harus menjadi prioritas. Ini nih yang menantang banget. Saat Harbolnas, besar sekali kemungkinan lonjakan pesanan. Bayangin aja kalau lonjakan itu sampai 10 kali lipat. Apa nggak kewalahan tuh?

Oleh karena itu, butuh strategi khusus juga untuk terus melayani pelanggan, tanpa membuat mereka kecewa. Ada 4 cara jitu yang bisa kita lakukan untuk mensiasati hal ini.

Harbolnas Blibli.com

1.   Segera respon dan kirimkan pesanan

Begitu ada notifikasi pesanan, segera proses pesanan tersebut. Lakukan pengepakkan secepat yang bisa kita lakukan. Lalu, kirimkan pesanan.  Jangan lagi menunda pekerjaan kalau tidak ingin kelabakan saat pesanan mulai melonjak.

2.   Aktifkan fitur Same-Day dan COD

Untuk produk-produk tertentu, kita bisa memanfaatkan pengiriman di hari yang sama atau melakukan COD. Agar customer dapat memilih fitur ini, kita perlu mengaktifkan fitur Same-Day dan COD. Fitur ini berlaku untuk pengiriman non-reguler. Produk yang dapat dikirimkan dengan pengiriman ini tidak boleh melebihi 5 kg dengan dimensi maksimum 40x40x17cm untuk GO-SEND. Sedangkan jika menggunakan GRAB, berat maksimum 7 kg dan dimensi maksimum 40x40x20cm.

3.   Siapkan tenaga kerja tambahan

Saat lonjakan pesanan terjadi, sangat memungkinkan kita akan kewalahan untuk merespon dan mengirimkan pesanan. Untuk mengatasi hal ini, tidak ada salahnya jika kita menyiapkan tenaga kerja tambahan yang memang kita khususkan untuk membantu kita saat Harbolnas nanti.

4.   Gunakan layanan Fulfillment by Blibli

Sudah ada tenaga kerja tambahan, tapi masih juga kewalahan? Tenang. Ada layanan lain dari Blibli.com yang bisa kita manfaatkan untuk mengefektifkan pekerjaan kita, yaitu layanan Fulfillment by Blibli. Layanan ini sangat membantu kita untuk merespon pesanan secara masal atau bersamaan. Kita bisa memilih metode dropship atau pickup.

Baik dengan metode dropship maupun pickup, kita bisa membuat paket pesanan, cetak label, dam konfirmasi pengiriman pesanan secara bersamaan. Bedanya ada pada metode pengiriman saja. Kalau dropship, kita yang mengantarkan pesanan. Sedangkan pickup, barang akan diambil oleh kurir logistik yang telah bekerja sama dengan Blibli.com. Dengan adanya layanan ini, pekerjaan pengiriman barang sudah bukan lagi menjadi hambatan besar.

Mari Bersiap Hadapi Lonjakan Pesanan di Harbolnas Blibli.com

Harbolnas memang selalu membawa angin segar bagi para penjual online. Tapi di sini lain, juga bikin super kewalahan dengan banyaknya lonjakan pesanan yang ada. Apalagi kalau bisnisnya masih minim karyawan. Rasanya amazing banget pasti.
Semuanya beda ketika kita jualan di Blibli.com. Banyak sekali fasilitas yang diberikan Blibli.com untuk mengatur strategi penjualan hingga bagaimana menghadapi lonjakan pesanan saat Harbolnas nanti. Semuanya ada di sini.
Jadi, tunggu apa lagi? Mau raih lonjakan omzet saat Harbolnas? Yuk, jualan di Blibli.com.



  • Share:

You Might Also Like

40 komentar

  1. Belum pernah coba jualan di sini ... Dulu buka olshop mainnya di shopee. Btw tq infonya 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja mbak, barang yang dijual nggak mesti barang elektronik kok. apa aja bisa.

      Delete
  2. Wah semakin banyak fitur barunya, keren pokonya Blibli.com. Btw saya juga sering belanja disini

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini dari dulu sebetuonya, cuma kalau bukan seller ya nggak tahu fitur-fitur ini

      Delete
  3. Harbolnas emang selalu dinanti nih, apalagi kalo belanja di blibli, siap-siap kalap hhe.. #kekepindompet

    ReplyDelete
  4. Harbolnas bikin kalap Mbak. Harus hati-hati. Di Blibli baru jadi pembeli, promonya suka menggoda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau punya lapak online, boleh tuh mbak dicoba buka lapak di blibli juga.

      Delete
  5. Waini idaman banget bagi para seller ya dapat order banyak

    ReplyDelete
  6. Wah harbolnas, harinya tukang belanja dan tukang jualan hihi. Selama ini aku masih menikmati harbolnas sebagai pembeli aja sih but buat penjual mantap sekali ya keuntungan memanfaatkan event ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget mbak. untungnya bikin ngiler. di sini ada fitur yang memudahkan kita juga untuk jualan barang yang palinh banyak dicari juga.

      Delete
  7. Mantabbb tips nya..
    Buat para olshop owner penting banget nih... Lengkap!

    ReplyDelete
  8. Blibli kerap berinovasi memanjakan customer. Dan aku salah satu yang kerap kalap kalau sudah digoda promonya blibli��

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. iya mbak. mereka ini keren sekali inovasi tiap tahunnya.

      Delete
  9. Blibli memanjakan banget ya..oke buat pembeli dan untung buat penjual

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banget mbak. nggak salah deh beli atau buka lapak di sini

      Delete
  10. Blibli sih emang oke banget ya Mba? Manjain pelanggan bngt

    ReplyDelete
  11. Recommended mbak sedang belajar menjadi penjual nih di sini terimakasih ya buat ulasannya

    ReplyDelete
  12. Aku belom punya akun di Blibli. Wajib coba berarti ya.. Entar liat² ke situ deh :)

    ReplyDelete
  13. Marketplace yang satu ini memang recommended banget ya Mbak. Saya juga kalau punya usaha bisnis pastinya pengen bergabung dengan blibli karena konsep jualan di sana memang oke banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bangeeet... mereka detail banget lho. dulu pernah daftar di e-commerce lain, biasa aja sih. ini beneran sedetail itu.

      Delete
  14. Bener ya mbak? Jangan menunda pekerjaan kalau tidak ingin kelabakan saat pesanan mulai melonjak. Kalau udah keteteran nanti efeknya kita kerja kurang maksimal. Hasilnya ? Bisa ada yang kecewa deh

    ReplyDelete
  15. Oke banget nih tips nya bagi para pemilik OLShop

    ReplyDelete
  16. Huaaa, kereen ya Blibli ini. Buat seller pemula cocok banget deh ya kalau mau jualan di Blibli secara banyak banget ini kemudahannya, kita bisa lebih tahu barang apa sih yg cocoknya kita jual agar bisa dapat pembeli yg banyak, gak asal jualan aja. Kereenn deh Blibli :)

    ReplyDelete
  17. Mantap jiwa, jadi kepingin belanja hehe

    ReplyDelete
  18. Wew,aku belum pernah transaksi nih di bibli. Ternyata semudah itu yah kak. Cuss download deh aplikasi bibli,sapa tahu dapet rejeki jualan juga nih di sini. Amiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu buat pebisnisnya mbak. kalau buat yang belanja ya nggak sampai begitu fiturnya.

      Delete
  19. Selalu gemes masukin barang ke keranjang tiap ada harbolnas, teracuni sama pencinta belanja hehe

    ReplyDelete